Penting Untuk Kamu - Catat Laporan Keuangan Bulananmu


Muhammad Iqbal Basri - Setiap bulannya pasti akan ada kebutuhan yang harus dibeli, contohnya seperti kebutuhan pokok untuk sehari-harinya. Bayar tagihan listrik, telepon atau tagihan lainnya.

Mencatat laporan keuangan


Mencatat setiap pengeluaran uang yang telah kamu belanjakan itu sangat penting. Mengetahui sekarang ini kebutuhan barang pokok semakin meningkat.

Apa saja yang telah kamu belanjakan, berapa saja uang yang telah kamu pakai selama sebulan itu? Sekecil apapun pengeluaran juga harus kamu catat.

Nanti di akhir bulannya kamu totalkan semua pengeluaran selama sebulan itu kamu pakai. Dari hasil akumulasi tersebut kamu akan mengetahuinya secara rinci, betapa pentingnya memanfaatkan uang.


Kamu bisa berpotensi untuk hidup hemat, jauh dari kebiasaan boros. Sebab setiap uang yang telah kamu gunakan jika kamu catat akan sangat terasa.

Oleh sebab itu, aku selalu mencatat pengeluaran uang yang telah aku gunakan. Memanfaatkan hal yang penting guna menghindari kebiasaan burukku yang selalu suka membelanjakan hal yang tidak penting.

Tentunya selalu menyisihkan sekitar 20% dari hasil upahku untuk ditabung, membagi setiap beberapa persen untuk kebutuhan lainnya agar semuanya seimbang.

Semua yang telah kamu lakukan setidaknya sudah cermat dalam mengatur keuangan kamu

0 Response to "Penting Untuk Kamu - Catat Laporan Keuangan Bulananmu"

Post a Comment