[Pengalaman] Kredit Iphone 7 di Akulaku



Muhammad Iqbal Basri - Dari awal memang saya ingin membeli sebuah ponsel keluaran Apple yaitu Iphone, karena harganya selangit kalau beli di toko resmi iBox aku lihat kalau menunggu buat menabung terlalu lama banget, akhirnya aku coba memutuskan untuk kredit hp.

Dulu sebelum punya aplikasi Akulaku, pernah ajuin kredit lewat Home Credit tapi sayangnya pengajuan ditolak. Sepertinya ada yang kurang berkas-berkasnya mungkin sampai pengajuannya ditolak.

Alhamdulillah berkat adanya Akulaku, sekarang ini lebih mudah ambil sesuatu bayarnya kredit tinggal pakai Akulaku. Sebelumnya pernah pengalaman pertama kali kredit hp Vivo V5s, terus kredit hp yang kedua pernah beli yang tipe Xiaomi 5A, untungnya bayar DP beserta bulanannya tidak terlalu begitu besar.

Pengalaman yang ketiga ini pingin coba kredit hp lagi yakni iPhone 7 sejak awal memang kepingin beli hp iPhone dari dulu, karena kebetulan banget di Akulaku ini sudah sering bertransaksi kredit lewat online dan alhamdulillah Akulaku menaikan saldo limit jadi cukup buat kredit iPhone 7.

Kredit iPhone 7 di Akulaku


Sebelum memutuskan beli iPhone, awalnya aku punya rencana untuk membeli tipe iPhone 6, namun. Setelah mengetahui sekarang stok iphone 6 tidak memproduksi barang baru lagi.

Banyak online shop menjual iphone 6 dengan berbagai kualitas dan garansi yang mereka jual di sana, mulai dari yang kondisinya sudah Second, Refurbished New Grade A++, dan masih banyak lagi.


Dari garansi juga mereka banyak menawarkan mulai dari garansi distributor satu tahun, garansi resmi dari iBox dan itu sudah pasti harga yang dijualnya sangat mahal.

Ada baiknya jika mau aman beli iPhone dengan garansi resmi Apple. Kamu bisa membeli secara kredit di Erafone, namun. Aplikasi kredit online yang mereka terima hanya Kredivo jika kamu punya Kredivo itu bagus banget kamu bisa kredit di Erafone.

Kalau kredit di iBox kira-kira apa bisa bayar kredit pakai Akulaku atau Kredivo? Sayangnya tidak bisa, di iBox hanya menerima kredit menggunakan kartu kredit dari Bank tertentu yang telah bekerjasama dengan iBox.

Meskipun yang saya inginkan harga murah namun kualitas masih terbilang cukup bagus untuk digunakan. Intinya yang penting kualitas iPhone itu, soal harga masih bisa dipertimbangkan, karena aku tidak mau terjadi kerusakan iPhone yang aku beli nanti. Masa baru beli sudah rusak.

Oleh karena itu, pentingnya setiap merchant yang saya tanyakan ke mereka untuk menanyakan setiap kondisi barang yang mereka jual. Banyak pastinya seller yang tidak jujur dan mencoba ingin menipu si pembelinya. Itulah alasannya saya tidak mau itu terjadi.

Karena iPhone 6 sekarang ini banyak yang refurbished meskipun banyak yang mengatakan refurbished itu sah-sah saja untuk dibeli, tapi tetap saja yang namanya sudah masuk kualitas grade refurbished pasti punya kekurangannya.

Pada waktu itu kenapa saya memilih Iphone 6 karena saldo limit kredit berjumlah Rp 4.2 juta, tak begitu lama kemudian saya mendapatkan notifikasi pemberitahuan dari Akulaku.

Dari notifikasi tersebut berisi bahwa rating selama saya menggunakan Akulaku ini mengalami peningkatan, sehingga saldo limit kreditku bertambah lagi sebesar Rp 2 juta. Senang banget saldo limit Akulaku bertambah lagi.


Lumayan saldo limitku sekarang berjumlah Rp 6,2 juta (maaf tak ada maksud riya), coba melirik harga Iphone 7 sekarang dari berbagai merchant banyak mereka menjual dengan berbagai penawaran harga.

Ada yang murah banget, standar dan ada juga yang menurutku mahal banget. Ada harga yang menurutku mungkin ini aku bisa membelinya?

Harganya juga tidak begitu terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal juga, pokoknya standart price lah! Saya tak pernah berani kalau membeli barang dengan harga yang terlalu murah.

Alasannya sudah pasti barang tersebut second, atau refurbished new. Tapi ada juga yang saya herankan harganya lumayan mahal tapi mereka menjual barang dengan kualitas Refurbished New Grade A++ mungkin mereka jual harga segitu ada alasan tersendiri kali ya, atau memang mereka kasih harga segitu? Lebih baik jangan dipilih. Mahal, kualitas kurang baik, coba cari toko yang lain saja.

Untungnya merchant yang ada di Akulaku semuanya jujur, itu juga karena saya tanya dulu sebelum beli kalau langsung beli mungkin merchantnya tak mungkin bilang langsung kondisi dan kualitas barang tersebut yang mereka jual.

Ternyata banyak yang menjual Iphone 7 dengan kondisi barang yang sudah Refurbished, meskipun mereka bilang Refurbished New tapi tetap saja tak mau beli. Aku tidak mau nantinya cepat rusak, sayang banget kan. Lebih baik cari yang lain.


Akhirnya ada satu merchant yang menjual Iphone 7 masih New, namun garansi yang diberikan dari toko tersebut adalah garansi Distributor (Garansi Platinum). Berdasarkan chat langsung ke merchantnya. Sellernya juga responnya cepat, dan juga jujur saya harap dia benar-benar jujur.

Setelah saya sudah memutuskan untuk membeli iphone 7 dengan storage hanya 32 GB warna Rose Gold di merchant yang saya yakini itu terpercaya menurut saya. Dengan tenor cicilan Rp 1.008.000 selama 6 bulan, DP sebesar Rp 1.718.000, total semua harga iphone 7 32 GB sebesar Rp 7.766.000.

Setelah semua berhasil mulai dari pembayaran, tinggal menunggu proses dikirimnya. Estimasi pengiriman hanya dua hari. Saat unboxing iphone 7 32 GB Rose Gold yang sudah aku beli, first time akhirnya aku bisa membeli iphone 7 meskipun belinya nyicil hehehe...

Very excited! unboxing iphone 7 berasa seperti youtubers hehehe, semua isi dalam box iphone saya periksa satu per satu. Mulai dari surat-surat resmi dari iphone, charger, headset, dan yang utama adalah iphone 7 32 GB Rose Gold.

Jika diperhatikan, ternyata jenis iPhone yang bergaransi Distributor ini ditempeli dengan label dari Distributornya, ini berguna untuk menandai jika suatu saat ingin mengklaim garansi kerusakan bisa langsung klaim di garansi itu diberikan. Jadi, jika kamu membeli iPhone dengan garansi distributor ada label yang tertempel di bagian bawah hp kamu, itu jangan lepas ya jadi dibiarkan tertempel guna jika hp kamu sewaktu-waktu rusak bisa mengklaimnya karena jika sudah hilang akan sulit proses klaimnya bahkan bisa ditolak.

Kekurangan yang didapat kredit iPhone di Akulaku


Sayangnya, setelah diteliti secara keseluruhan ada satu yang kurang dalam box iphone 7 ini adalah tidak adanya cable lightning audio jack adapter 3.5 mm dan juga sticker Apple. Aku anggap itu tidak begitu terlalu penting tapi sayangnya tidak ada cable lightning audio jack adapter 3.5 mm jadi sayang banget tidak bisa mendengarkan musik di headset, no problem aku juga jarang mendengarkan musik.

Saya komplain lagi ke merchant ternyata kata dia kalau garansi distributor seperti itu tidak diberikan cable lightning audio jack adapter 3.5 mm, mungkin saya berpikir iphone ini sudah pernah di unboxing sebelumnya oleh distributor.


Tidak hanya itu lagi, saya periksa lagi mulai  dari softwarenya dan IMEInya itulah yang terpenting untuk bisa mengetahui kondisi iphone ini bisa dilihat dari IMEI. Setelah dicek alhamdulillah ternyata ini benar-benar masih baru dan disegel. Belum dipakai sebelumnya

Saya berharap mereka membukanya hanya mengambil cable lightning audio jack adapter 3.5 mm dan sticker Apple, bagiku itu tak masalah asalkan mereka tidak otak-atik iphonenya. Itulah pengalaman ceritaku Kredit Iphone 7 di Akulaku.

22 Responses to "[Pengalaman] Kredit Iphone 7 di Akulaku"

  1. nama sellernya apa, saya juga ingin beli soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Akulaku ga kak? duh aku lupa deh kak nama sellernya siapa, saran dari aku pilih seller yang rate/bintangnya udah 5 atau 4.8. Terlebih lagi juga harus tanyain unitnya baru atau refurbished takutnya ada penjual yg menjual unitnya udah refurbished

      Delete
  2. iya sama aku lagi nyari, nama merchant nya apa gan

    ReplyDelete
  3. Halo ka, saya sedang Cari iPhone di akulaku yang Ori. Boleh Tau nama sellernya? Terimakasih sebelumnya🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga, sebenarnya banyak kak yg seller menjual Ori tapi setau aku klo mau cari yg ori saya rasa udh jarang. Udah banyak yg jual kondisinya refurbished atau rekondisi plingan

      Delete
    2. Ya di ibox lah atau ga eraphone itu udh jelas ori dr apple nya

      Delete
  4. Coba liat di riwayatnya kak, aku juga masih cari sellernya. Boleh tau nama sellernya apa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kak baru respon, tidak ada riwayatnya kak yg jelas harus teliti dan banyak2 tanyain aja ke sellernya sebelum beli sesuai kebutuhan kaka gimana maunya

      Delete
  5. Distributor bukannya refurbish ya gan? Hpnya skrg gmn kondisinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya beli garansi distributor 'Garansi Platinum 1 Tahun' untungnya saya beli waktu itu masih belom lama launching iphone 7 jadi masih belom ada produk refurbished mungkin kalo beli skarang ini pasti udh banyak yg refurbished/rekondisi. Skrang udh saya jual iphonenya hehehe

      Delete
  6. Kak barangnya datang berapa lama setelah pemesanan? Sy order ip 7 belom sampe juga ini ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sampe 7 hari, kira-kira 3 hari klo ga salah. Udah lupa soalnya, emangnya kamu belinya dari kapan, kamu belinya pake kredit Akulaku?

      Delete
  7. Bang tanya, kan saya newbie akulaku, mo coba kredit juga. Ini ada limit 4.1jt. Trus kalo mau beli barang yg ada DP.nya, itu DP pake saldo limit kita ato uang kita transfer? Secara tujuan sy memang kredit, dan tanggal tua nunggu gajian lama, intinya ga pegang duit cash lah buat DP, jd DP.nya pake apa ni? Limit ato duit cash transfer? Makasih bang sblmny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan limit kamu mencukupi misalkan kamu mau kredit sesuatu, dulu aku kredit iphone karena limitnya ga cukup jadi saya bayar DP dulu awalnya. Kalo misalnya limit kamu 4,1 juta kmu ambil hp lebih dari limit yg kmu punya biasanya harus bayar DP dulu, kalo temen saya pernah diceritain ke saya dia limit skitar 6.5 juta dia ambil hp yg harganya sekitar 5 juta untungnya cukup dia 0 rupiah DPnya, bayar DPnya transfer bisa bayar lewat transfer bisa lewat indomaret atau alfa mart kok

      Delete
  8. Waktu pertama kali daftar emang di telfonin ya kita sama orangtua kita ?
    Terus setiap bulan nya juga ditelfonin terus walaupun kita ga nunggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sekali ga ada telepon kak,kan yg bertanggung jawab kita sendiri. Jadi pihak ortu ga ada urusan sama sekali, kalo bayarnya rajin sih ga bakal diteleponin kok dan itupun juga jika kk belum bayar tagihan selama meminjam uang atau kredit barang di Akulaku setiap di atas tanggal 20 tiap bulannya akulaku bakal nelpon tapi itupun mereka hanya sekedar reminder (nebgingatkan) untuk segera membayar tagihan tersebut.

      Delete
  9. Padahal aku lagi jual iPhone 8, masih mulus dan harga dibawah harga belimu itu...
    Yudah deh belum rejeki aku... Selamat produktif dengan iphone barunya ya..

    ReplyDelete
  10. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete
  11. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Customer Service Akulaku melalui:
    Cell Center : 1500920
    WhatsApp : 085943072318

    ReplyDelete
  12. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Customer Service Akulaku melalui:
    Cell Center : 1500920
    WhatsApp : 085943072318

    ReplyDelete