Mitos atau Fakta Muka Orang Dicoret-coret Ketika Tidur Ruh Tidak Akan Kembali?

Mitos atau Fakta Muka Dicorat-coret, roh tidak akan kembali (meninggal)?

Muhammad Iqbal Basri - Tidur adalah suatu keadaan istirahat yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup di muka bumi ini terkecuali tumbuhan.

Tidur dapat dilakukan siang atau malam hari yang dapat menyehatkan badan, tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup.

Baca juga:


Pembahasan selanjutnya kali ini adalah pendapat masyarakat tentang larangan mencoret-coret muka orang ketika tidur, menurut kepercayaan ruhnya tidak akan kembali, karena ruh orang tersebut akan membuat bingung dan lupa untuk mengenali jasadnya.

Orang lain masih banyak beranggapan bahwasanya larangan muka dicoret-coret saat tidur tidak akan kembali ruhnya, terutama bagi pendapat kaum generasi orang tua (ibu atau bapak kita), yang masih tetap mempercayai hal itu. Lalu apakah benar itu? Inilah penjelasannya.

Menurut Pandangan Agama
Menurut dari pandangan agama menjelaskan, itu hanyalah sebuah mitos, menurut dari beberapa surat Al-Qur'an yaitu QS Az Zumar:42 dan QS Al-An'am:60 (bisa lihat sendiri dalam Al-Qur'an untuk bunyi ayatnya).

Oleh karena itu, kesimpulannya adalah dari kedua ayat tersebut mengatakan bahwasanya nasib ruh itu termasuk dalam kekuasaan Allah SWT/Tuhan. Masyarakat menganggap ketika tidur roh itu seperti bergentayangan kemana pun berada, padahal bukan seperti itu penalarannya.

Semua itu hanyalah Allah/Tuhan yang berkehendak bagaimana menentukkan umur dan ajal dalam kehidupan manusia, ajal dan umur hanyalah Ia yang tahu dan menentukannya.

Berarti kalau ada beranggapan, bahwa jika ada orang meninggal dalam keadaan tidur dengan muka dicoret-coret, menutup kemungkinan memang nasib orang tersebut termasuk ajalnya seperti itu.

Terkadang kepercayaan dalam mitos berpendapat, tak semuanya memiliki kepercayaan dan bukti yang nyata, oleh karena itu. Ada baiknya jangan mudah terpengaruh dan mempercayai hal tersebut yang ada kalanya belum tentu ada bukti nyatanya, percayalah terhadap yang Maha Kuasa karena dialah Maha Mengetahui segalanya. Terima kasih dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua.

4 Responses to "Mitos atau Fakta Muka Orang Dicoret-coret Ketika Tidur Ruh Tidak Akan Kembali?"

  1. Wkowekowekoweko kalo fakta sih ane Jahilin terus kawan ane biar rohnya gak balik lagi kekeke ^^

    ReplyDelete
  2. haha, kalau beneran bisa gawat dong gan

    ReplyDelete