Sarapan Pagi Dengan Nasi Goreng Daun Mengkudu

Sarapan Pagi Dengan Nasi Goreng Mengkudu
Nasi Goreng Daun Mengkudu

Muhammad Iqbal Basri - Selamat pagi semua, pagi ini kalian sudah sarapan  pagi belum? Jangan sampai lupa ya...awali pagi Anda dengan sarapan pagi yang sehat dan gizi yang seimbang.

Ada baiknya sarapan di rumah lebih sehat. Jika kamu sempat masak buat sarapan pagi, setidaknya bisa memasak yang simple saja. Asalkan jangan terlalu banyak, masih pagi tidak bagus banyak makan. Harus tetap seimbang ya menu sarapan pagimu.

Nasi Goreng Daun Mengkudu


Supaya hari-hari Anda semakin bersemangat dan penuh gairah dalam aktivitas Anda, Mengenai sarapan pagiku kali ini. Biasanya dihidangkan dengan nasi goreng daun mengkudu yang dibuat oleh mamahku dan terkadang nenek ataupun bibiku.


Mereka semua masakannya memang dinilai tiada yang menyainginya, pokoknya benar-benar mantap apalagi dengan kelezatan masakannya yang dibuat oleh mereka.

Dalam tradisi keluargaku memang tak pernah melupakan masakan yang satu ini, karena dalam keluargaku mayoritas masih tetap mengikuti adat dan tradisi leluhur.

Ada yang bilang masakan ini termasuk dalam jajaran masakan khas Betawi, entah kapan asal usulnya berasal? Saya sendiri pun juga tidak tahu lebih jelasnya.

Meskipun masakan ini hampir ditinggalkan orang, karena hampir tidam banyak orang yang menyukainya. Karena ditambah dengan bahan utamanya yaitu daun mengkudu banyak orang yang tidak menyukai, mereka menganggap daun mengkudu itu pahit. Padahal daun mengkudu sangat bagus manfaatnya buat kesehatan jika rajin dikonsumsi.



Daun mengkudu walaupun dinilai rasanya sangat pahit dikonsumsi, tetapi memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Daun mengkudu
Penampilan nasi goreng daun mengkudu ini, nasinya terlihat sedikit hijau, karena menggunakan bahan dasar cabai hijau dan tentunya tak lupa daun mengkudunya. Untuk proses memasak dan bumbunya terbilang cukup sama dengan nasi goreng pada umumnya.

Biasanya nasi goreng yang disajikan dalam keluargaku, perbandingan antara nasi dengan irisan daun mengkudunya tak seimbang, sering kali perbandingan tersebut daun mengkudunya lebih banyak dibandingkan dengan nasinya. Sehingga rasa pahit dalam nasi goreng ini terasa semakin pahit, dan nasi goreng ini tidak disajikan juga tanpa telur (dadar/ceplok).

Disajikan lebih nikmat ditambah dengan yang lainnya


Akan semakin nikmat saran dari nenekku bilang jika disajikan dengan tambahan sandung lamur/lemak/tetelan, kerupuk, lalapan (daun kenikir, pohpohan, daun mete, tomat, ketimun, petai dll). Karena rasa khas dalam nasi goreng beda dari yang lainnya.


Bagi yang belum tahu dan belum coba nasi goreng daun mengkudu, dicoba deh..pokoknya enak! Meskipun memang terlihat kurang nafsuin, tetapi bagaimana pun caranya supaya kalian nafsu ingin mencobanya. Cobalah untuk masak sendiri sesuaikan selera anda dan ciptakan kreasi cita rasa Anda.

8 Responses to "Sarapan Pagi Dengan Nasi Goreng Daun Mengkudu"

  1. Nasi Goreng memang mantab apalagi kalau makan pagi dan kalau malam makannya di warung yg dipesan nasi goreng lagi mantab mas mengingatkan akan makanan kesukaan

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau dari artikel ini, kalo daun mengkudu ternyata bisa doolah sebagai pelengkap makanan ... dan ternyata daunnya juga punya kandungan gizi yang bagus buat kesehatan.
    Unik yaa ...

    ReplyDelete
  3. Mantap nih, memadukan mengkudu dan nasi goreng. Josh...

    ReplyDelete
  4. Eh iya, masakan dengan daun mengkudu katanya khas Betawi ya? Tapi saya sudah lama tuh, nggak makan lalapan kenikir dan daun pohpohan. Jadi laper ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak katanya sih makanan khas Betawi, suka makan lalapan juga ya? wah...pasti awet muda soalnya orang yg suka makan lalapan orangnya awet muda semua hehehe

      Delete