Memanfaatkan Cemilan Murah Dari Biji Beton Dan Biji Durian Menjadi Sangat Lezat


Muhammad Iqbal Basri - Pernahkah kalian, ketika sehabis makan buah Durian, Nangka atau Cempedak yang tersisa pasti bijinya? Jangan dibuang karena itu bisa dijadikan sebagai cemilan yang sangat enak.

Cemilan enak dari biji Beton & biji Duren


Hampir setiap orang yang banyak belum mengetahui manfaat dari biji tersebut, bagi tradisi Jawa dan wilayah lain di sekitarnya. Contohnya dalam tradisi keluarga saya yang bersuku asli dari Betawi, bahas soal biji Beton sepertinya sudah tidak asing lagi didengar.

Pokoknya setiap ada buah Durian, Nangka, atau Cempedak kami selalu menyisihkan bijinya untuk dibuat keripik enak. Jadi kami tidak pernah membuang biji-bijinya karena kami sudah tahu kalau bijinya sangat bermanfaat dibuat keripik.



Untuk biji nangka/cempedak, keluarga kami biasa menyebutnya dengan sebutan biji beton, mungkin karena teksturnya keras yang dikatakan mereka biji beton. Untuk biji durian sendiri, sering kali keluarga kami membuatnya dengan cara cemilan keripik.

Dalam dunia kuliner yang pastinya sudah tidak asing lagi dengan cemilan ini, berbagai inovatif yang dilakukan untuk menciptakan cita rasa yang lezat.

Untuk yang belum mengetahui cara pembuatan biji beton dan keripik biji durian yang enak anda bisa ikuti resep yang ku berikan ini. Berikut ini cara membuatnya cukup simple, Anda bisa membuatnya di rumah.


Untuk pembuatan biji beton:


Biji Beton

  • Siapkan biji nangka/cempedak yang tua dalam wadah
  • Kemudian cuci dan kupas kulitnya hingga bersih
  • Rebus dalam air mendidih hingga matang dan empuk (tusuk dengan garpu untuk bisa mengetahui tingkat keempukkan)
  • Kemudian ditumis tambahkan garam dan asam jawa
  • Sajikan dengan nasi hangat lebih nikmat


Untuk pembuatan keripik biji durian:


  • Siapkan biji durian dalam wadah
  • Bersihkan dan kupas kulitnya hingga bersih
  • Panaskan minyak,kemudian tumis biji durian tadi
  • Tiriskan dari minyak setelah itu berikan garam dan penyedap rasa
  • Sajikan

Anda bisa ikuti atau mengubahnya dengan berbagai cara resep lainnya sesuai selera Anda. Jika Anda memiliki cara dan resep tersendiri coba bagikan resepnya ke kita ya, berbagi itu indah.

Tentunya banyak memiliki khasiat dan manfaat yang bisa kalian dapati dari biji beton dan biji durian, baik dari segi kesehatan maupun dari segi ekonomis. Memanfaatkan sisa yang tidak terpakai dapat menciptakan nilai ekonomis yang tinggi.

4 Responses to "Memanfaatkan Cemilan Murah Dari Biji Beton Dan Biji Durian Menjadi Sangat Lezat"

  1. Cemilan Murah Dari Biji Beton Dan Biji Durian Menjadi Sangat Lezat ini mengingatkan masa kanak kanak di kalimantan suka makan biji itu yg namanya di sana biji tiwadak di temanggung agak susah mencarinya dan tdk ada

    ReplyDelete
  2. Jangan lupa kunjungi blog sya jga ya ...
    https://nuruzzaidah.blogspot.com/?m=1
    Semoga membantu dan bermanfaat.
    Terimakasih.

    ReplyDelete