Cara Mudah Apabila Handphone Anda Kehilangan Dari Pencuri


Muhammad Iqbal Basri - Seandainya apabila Anda merasakan kehilangan atau dicuri handphone, apa yang akan Anda lakukan? Yang pasti akan panik, merasa sedih kehilangan hp Anda. Apakah kalian bisa melacaknya? Mungkin bisa saja langsug melaporkan ke pihak kepolisian.

Apalagi dalam hp tersebut menyimpan dokumen atau beberapa file yang sangat penting, pastinya hal yang dirasakan tentunya sangat benar-benar kehilangan, itu sudah pasti. Oleh karena itu, sebelum membahas tips ini secara langsung, ada baiknya Anda wajib mengetahui ini supaya Anda bisa mengantisipasi masalah ini jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya atau untuk sekedar menambah pengetahuan.


Definisi dan penjelasan IMEI

Inilah tipsnya, hampir semua orang belum mengetahui keberadaan IMEI di setiap gadget smartphone yang anda miliki. Bagaimana caranya bisa mengetahui nomor IMEI hp kita?

Sebelum itu, untuk yang belum mengetahui apa itu IMEI? aku akan menjelaskan istilah no (nomor) IMEI yaitu International Mobile Equipment Identity (Identitas Peralatan Mobile Internasional) inilah yang digunakan untuk melacak keberadaan kehilangan hp Anda di mana pun berada di seluruh dunia.


Langsung saja, berikut cara-cara untuk melihat fungsi dari IMEI:

  • Tekan/ketik *#06# lalu 📞/Yes pada hp Anda
  • Kemudian hp Anda akan menunjukkan 15 digit no (nomor) IMEI yang unik.
  • Catat dan simpan no (nomor) IMEI tersebut di tempat yang aman dan jangan di simpan di hp atau di catatan memo Anda sendiri karena ini adalah nomor yang akan melacak keberadaan apabila hp Anda dicuri/hilang.
  • Seandainya hp Anda dicuri/hilang, Anda hanya perlu E-mail 15 digit no IMEI tadi ke cop@vsnl.net beserta data-data seperti di bawah ini:
Nama Anda:
Alamat:
Model hp:
Buatan:
No (nomor) terakhir digunakan:
E-mail untuk dihubungi:
Tanggal kehilangan:
No (Nomor) IMEI:
  • Tidak perlu ke kantor polisi, dengan menjalani prosedur yang lama dan tentunya juga sulit sehingga dapat membuang waktu Anda.
  • Kemudian hp Anda akan terlacak dalam tempo 24 jam melalui sistem GPRS dan Internet, Anda akan melacak di mana pun hp anda sedang beroperasi walaupun kartu SIM Anda telah ditukar.

Demi keamanan dan kepentingan bersama marilah bagikan tips ini untuk semuanya, karena berbagi itu indah. Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk semua.

12 Responses to "Cara Mudah Apabila Handphone Anda Kehilangan Dari Pencuri"

  1. Hp adek gue ilang bang, padahal baru beli ,baru lima hari. 😂
    #curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percuma udah ilang kalau belum dicek IMEInya bakalan susah juga caranya. Sayangnya untuk tips itu gue belom ada

      Delete
  2. mantap kali nih post, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya mas semoga bisa praktek dan dapat bermanfaat kepada yg lain juga

    ReplyDelete
  4. Makasih gan...bisa buat pengetaHuan kalau misal suatu saat kejadian pada gw or orang lain.. Nice postingan :)

    ReplyDelete
  5. Ane bookmark gan. semoga tidak pernah kejadian. thank.

    ReplyDelete
  6. Tips buat hape ane yang hilang nih :(

    ReplyDelete
  7. wah mantab infonya terima kasih mas dari Zainal Ab soalnya baru baru ini hp ku hilang tapi sudah 1 bln an dan blm tau ilmu nya terima kasih mas salam sukses

    ReplyDelete