Ada Lagi yang Unik, Cemilan Biji Beton dari Biji Kluwih

Ada Lagi yang Unik, Cemilan Biji Beton dari Biji Kluwih


Muhammad Iqbal Basri - Buah Kluwih atau masyarakat banyak menyebutnya buah Timbul, buah ini mirip seperti buah Sukun. Bahkan pohonnya pun menyerupai satu sama lain.

Bedanya, buah Kluwih (artocarpus camansi) memiliki banyak biji dan kulitnya berduri. Namun durinya tidak setajam seperti buah Durian ya hehe...

Apa perbedaannya buah Sukun dengan buah Kluwih?

Jika dijabarkan satu persatu, maka akan seperti ini:

Sukun

  • Nama latin Artocarpus altilis
  • Tekstur kulit tidak berduri
  • Daging buah tidak berbiji

Kluwih


  • Nama latin Artocarpus camansi
  • Tekstur kulit berduri
  • Daging buah berbiji



Bijinya ini ternyata menyimpan sumber makanan yang enak, biji Kluwih bisa juga dijadikan sebagai cemilan biji beton sama seperti biji beton dari buah Nangka atau Cempedak. Karena masih satu kerabat bijinya dimanfaatkan oleh banyak masyarakat yang mengolahnya jadi cemilan dan bahkan mengandung khasiat yang sangat bagus buat kesehatan.


Perbedaan antara biji Kluwih dengan biji Nangka atau Cempedak ini adalah biji Kluwih jika dimakan teksturnya lebih soft, hampir sama seperti makan Ubi, manis pula biji Kluwih ini.

Kalau biji Nangka atau Cempedak teksturnya sedikit keras, dan padat serta berserat saat dikunyah. Tidak jauh beda banget kalau sudah coba di lidah yakni sama-sama enak. Jangan sampai salah membedakannya ya...

Ada Lagi yang Unik, Cemilan Biji Beton dari Biji Kluwih

Eksotis, unik, langka dan tentunya juga sulit dicari. Meskipun banyak yang jual di pasar tradisional buah Kluwih ini, namun tidak begitu banyak orang tahu akan kegunaan buah dan bijinya ini dan cara mengolahnya.

Buahnya juga bisa dimasak sebagai gulai, rendang, atau juga timbul goreng juga enak. Kalau kamu pernah masak buah Kluwih?

Coba kamu bisa saling berbagi cerita ke kami. Makanan unik yang satu ini dan bagaimana cara kamu menyajikannya?

1 Response to "Ada Lagi yang Unik, Cemilan Biji Beton dari Biji Kluwih"

  1. Udh ke 3 kalinya coba biji klwih
    Aslinya baru tau sih ada nama buah klwih 😂
    Mantep postingan nya kaka

    ReplyDelete