7 Fakta Unik Tentang Kemanggisan

7 Fakta Unik Tentang Kemanggisan

Muhammad Iqbal Basri - Kamu pernah dengar tidak nama kawasan di Palmerah yang dijuluki tugu Manggis. Ayo tebak itu di mana?

Jika kamu pernah lewat jalan dari arah Tanjung Duren, kemudian melewati belokkan Pajak pertigaan Jalan Sakti Raya  itulah terdapat sebuah tugu Manggis berdiri kokoh, sebagai ikon nama julukan dari kawasan tersebut.

Tugu tersebut telah diresmikan oleh Walikota Jakarta Barat, H Fatahillah, pada Senin 9 September 2013, tepat pukul 09.00 WIB.

Mungkin hampir sebagian orang sudah ada yang mengetahui tempat tersebut dan ada juga yang sepintas pernah hanya melewati tapi tidak menyadarinya.

Fakta Tentang Kemanggisan


Kawasan yang dimaksud itu adalah Kemanggisan merupakan sebuah kawasan pemukiman penduduk yang merupakan kelurahan di Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Kawasan ini memiliki luas 2,81 km².

Sebagai menambah wawasan untuk kamu, sebelum menjelaskan beberapa fakta unik tentang Kemanggisan. Ada baiknya kamu simak artikel ini dengan baik supaya kamu memberikan banyak informasi dan hiburan.

1. Perkebunan Pohon Manggis

Konon katanya dijelaskan bahwa asal usul pemberian nama 'Kemanggisan' dulunya di tempat ini merupakan perkebunan yang banyak pohon Manggis. Di daerah ini dulunya pemasok buah Manggis ke pasar-pasar tradisional di Batavia, di samping itu banyak pedangang yang menjajakan Manggis di hampir persimpangan jalan. Sehingga di kawasan inilah akhirnya terkenal dengan nama Kemanggisan.

2. Universitas Binus

Tidak hanya itu, Kemanggisan juga dikenal dengan adanya kampus terkenalnya yakni Universitas Binus yang mana kampus ini juga merupakan kampus swasta paling favorit juga. Dalam kawasan yang sama kampus ini dipecah menjadi beberapa kampus yaitu kampus lama yang terletak di Jalan KH Syahdan dan kampus barunya kampus Anggrek, dan kampus Kijang.

3. Banyak Jawara Betawi

Hampir semua penduduk mayoritas di kawasan Kemanggisan adalah suku Betawinya, yang pasti banyak menyimpan jawara yang sampai sekarang masih terus tetap berkembang jawara betawi yang letaknya berbatasan dengan Rawa Belong atau atau orang lain lebih mengenalnya dengan sebutan Pasar Kembang yang merupakan sentra pusat pasar kembang terbesar se-Asia Tenggara dan juga banyak markas betawinya.

4. Surganya Jajanan

Karena kawasan ini terletak sangat strategis dan juga ada kampus Universitas Binus, oleh karena itu. Tempat ini banyak menyimpan segala jenis kuliner dan jajan unik semuanya ada di sini non stop 24 jam selalu ramai dan jadi kamu tidak perlu khawatir takut kelaparan di waktu tengah malam.


5. Jakarta Barat

Kemanggisan adalah suatu kawasan pemukiman penduduk yang terletak di Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Dengan memiliki kode pos 11480, kelurahan ini berbatasan dengan Tanjung Duren Selatan di sebelah Utara, Sukabumi Utara di sebelah Barat, Kota Bambu sebelah Timur dan Palmerah di sebelah Selatan.

6. Padat Penduduk

Kemanggisan terkenal dengan kepadatan penduduknya, baik itu warga lokal dan juga banyak perantauan para mahasiswa Universitas Binus dari berbagai kota-kota lainnya semua berkumpul dalam satu kawasan tersebut. Menurut data statistik tahun 2016 jumlah penduduk berjumlah 37.037 jiwa

7. Sering Macet

Hampir setiap harinya di jam pulang kuliah dan pulang kerja di kawasan ini selalu mudah diprediksi karena sering kali terjadi kemacetan maka tak heran kamu harus bisa menentukan waktu yang tepat jika melintasi kawasan ini agar tidak terjebak kemacetan panjang.

Demikian ulasan tentang 7 fakta unik tentang Kemanggisan, semoga ulasan yang disampaikan ini dapat memberikan pengetahuan untuk pemirsa sekalian. Terima kasih.

0 Response to "7 Fakta Unik Tentang Kemanggisan"

Post a Comment