Keunikan dan Kelezatan Sayur Daun Kelor

Keunikan dan Kelezatan Sayur Daun Kelor

Muhammad Iqbal Basri - Sekedar ingin berbagi info sedikit mengenai salah satu kuliner khas dari daerah Betawi, Jakarta yang sekarang ini sangat jarang dijumpai oleh masyarakat dan terlebih lagi telah ditinggalkan.

Apakah itu? Yakni daun kelor, mendengarnya pasti kalian sudah pernah mengetahui dan ada juga yang sepintas mengetahuinya saja. Ada pula yang belum pernah melihatnya seperti apa rupanya?

Baca juga: 
Daun kelor merupakan sejenis tumbuhan dari suku moringaceae, tumbuhan ini memiliki ketinggian batang hingga mencapai kurang lebih puluhan meter ini, daunnya berbentuk bulat telur, berukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Memiliki buah yang berbentuk segitiga memanjang dan agak keras, masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan kelentang, juga dapat disayur.

Sejak dahulu tumbuhan ini menjadi primadona untuk santapan di rumah, karena keberadaannya saat ini, sangat jarang dijumpai dan dilupakan karena banyak beragam makanan. Padahal, daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kalian sudah pernah mengonsumsi daun kelor belum? Daun ini banyak diolah dalam dunia kuliner sebagai bahan pelengkap seperti dijadikan telor dadar, sayur bening, ditumis oseng, dan lain sebagainya, tergantung selera masing-masing.

Baca juga: Sarapan Pagi Dengan Telur Dadar Daun Kelor

Masih tetap sama, kali ini juga termasuk masakan yang tak pernah luput dalam tradisi keluargaku, yaitu sayur daun kelor, atau biasanya juga terkadang untuk bahan pelengkap telur dadar yang tak kalah lezat juga dibandingkan dengan yang lainnya.

Sayur daun kelor ini penampilannya hampir mirip dengan makanan khas dari kota Palu, Sulawesi Tengah. Bedanya dari bahan pelengkapnya yakni tanpa pisang muda dan santan.

Penampilan sayur daun kelor ini sedikit bening putih dan dicampuri dengan kelapa muda parut, sehingga untuk sayur ini terasa gurih walaupun tanpa santan. Bagaimana rasanya? Tak perlu diragukan lagi, pokoknya lezat dan nikmat.

Lalu bagaimana cara pembuatannya?

Bahan:

  • Daun kelor
  • Kelapa muda parut

Bumbu:

  • Bawang Merah
  • Bawah Putih
  • Jahe
  • Kencur
  • Garam
  • Gula

Cara pembuatan sayur daun kelor:

  1. Siapkan bahan utamanya daun kelor.
  2. Bersihkan daun kelor dalam wadah.
  3. Tumbuk kasar bahan bumbunya (bawang merah-bawang putih, jahe, kencur, dan garam).
  4. Didihkan air, lalu masukkan daun kelor beserta bumbu.
  5. Lalu tambahkan kelapa muda parut aduk hingga rata.
  6. Tambahkan gula secukupnya.
  7. Sajikan

Taadaaaa... Sayur Daun Kelor telah siap dihidangkan, paling nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan ikan asin, akan semakin menambah selera makan Anda, terima kasih dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua.

11 Responses to "Keunikan dan Kelezatan Sayur Daun Kelor"

  1. Ini salah satu jenis sayuran yg ane suka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat Kamu daun kelor dijadikan masakan apa gan?

      Delete
  2. apa enak makan sayur sob ?? kata temen ane sih enak tapi ane gak suka makan sayur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan sayur bagus atuh untuk kesehatan, kenapa ga suka sayur gan?

      Delete
    2. Rasanya ambar Jadi gak enak sob.

      Delete
  3. daun kelor sangat enak saya suka mas artikenya Keunikan dan Kelezatan Sayur Daun Kelor menambah informasi mas dan juga sepengetahuan saya daun itu juga bisa buat obat yg pakai ilmu susuk kalau ngak salah benar ngak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang-orang banyak yg bilang bgitu kalau makan daun kelor orang yg pake susuk bakal rontok hehehe

      Delete
  4. Haha apa ya rasanya. Ane belum pernah coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya sama kaya daun katuk atau bayam gan ga jauh beda ko, cuman ini enak loh bisa dijadikan bahan tambahan di setiap masakan

      Delete
  5. Woow!!! Sesuatu yang menarik dan hampir jarang orang yang membuatnya...Karena ditempatku hampir jarang yang namanya daun kelor terlebih dibuat Sayuran..😄😄

    Mungkin yang ada pada benak saya, bila melihatnya sepintas hampir sama seperti sayur daun singkong yaa!! 😄😄😄 Mantap 👍👍

    ReplyDelete
  6. Belum pernah makan sayur daun kelor sama sekali


    ReplyDelete