Kapankah Waktu yang Terbaik Untuk Minum Susu?


Muhammad Iqbal Basri - Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, mulai dari susu hewan mamalia lainnya dan manusia (ASI).

Jenis susu lainnya antara lain seperti susu kambing, susu kuda, susu unta dan susu domba, susu yang paling populer dan banyak dikonsumsi dari hewan mamalia ini adalah susu sapi.


Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk, dan lain-lainnya  untuk dikonsumsi manusia.

Susu memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kita. Untuk usia produktif, susu dapat membantu pertumbuhan mereka, dan untuk orang lanjut usia, susu dapat membantu menopang tulang agar tidak keropos.

Susu secara alami mengandung nutrisi yang sangat penting, seperti bermacam-macam vitamin, mineral, kalsium, lemak, fosfor, dan zinc. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk minum susu.

Sekarang ini banyak susu dikemas dalam bentuk yang unik dan beragam, bertujuan supaya orang-orang tertarik ingin membeli dan minum susu.

Banyak di antara kita sering kali minum susu dilakukan setelah sarapan pagi atau di pagi hari, karena orang-orang menduga waktu yang tepat itu di pagi hari saat di mana kondisi badan sedang merasakan fit, agar tubuh merasakan kebugaran dan tetap prima dalam menjalankan aktivitas.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya? Terutama, bagi yang ingin meninggikan badan. Oleh karena itu, ada waktu yang terbaik untuk diminumnya.


Susu yang terbaik diminum di malam hari


Susu mengandung asam amino tryptophan suatu prekursor untuk neurotransmitter serotonin. Neurotransmitter ini bersifat menenangkan sehingga membantu proses tidur. Jadi sebaiknya susu diminum di malam hari.

Susu merupakan sumber nutrisi yang terbaik untuk penyerapan pertumbuhan tulang karena kalsiumnya lebih mudah diserap tubuh, untuk hasil maksimal sebaiknya susu diminum di malam hari.


Pada malam hari osteoklas atau sel-sel penghancur tulang tidak bekerja, pada malam hari aktivitas kita tidak banyak sehingga kalsium susu terserap optimal, jadi. Jika bertujuan untuk meningkatkan penyerapan kalsium mengonsumsi susu sebaiknya diminum di malam hari dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Waktu yang terburuk minum susu


Waktu yang terburuk minum susu itu di pagi hari, kenapa? Karena kita sedang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Minum susu dapat memperberat dalam fungsi pencernaan Anda, susu juga dapat mengganggu waktu makan siang Anda karena susu memiliki sifat mengenyangkan.

Bagaimana dengan anak-anak?


Khusus bagi anak-anak, susu hampir bisa diminum kapan saja, tetapi yang perlu diperhatikan. Hindari memberikan susu mendekati waktu makannya, sebab susu memiliki sifat mengenyangkan sehingga membuat anak enggan makan.

Jadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk membantu pertumbuhan tinggi badan, konsumsilah susu pada waktu yang tepat dan diseimbangkan dengan mengonsumsi asupan gizi yang cukup, olahraga, dan juga istirahat yang cukup. Untuk kalian jangan lupa mengonsumsi susu setiap hari karena susu dapat memberikan nutrisi yang terbaik untuk kesehatan tubuh Anda. Terima kasih dan semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk semuanya.

5 Responses to "Kapankah Waktu yang Terbaik Untuk Minum Susu?"

  1. pemahaman yang salah berarti
    susu paling b aik diminum pagi dan malam
    yang pagi kurang pas

    ReplyDelete
  2. Kalau agan sendiri suka minum susu gak ? kalau saya si. nggak terlalu suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka dong..kenapa ga suka susu gan, susu kan bagus buat kesehatan?

      Delete
  3. wah info kesehatannya sungguh bermanfaat kebetulan tiap hari minum susu nih bisa di praktekkan infonya ini terima kasih

    ReplyDelete
  4. Waktu yang paling baik kalo untuk ane sendiriadalah ketika lagi ada duit sendiri untuk beli susunya kekeke ^^.

    ReplyDelete