Pengalaman Pertamaku Diterima Google Adsense

Pengalaman Pertamaku Diterima Google Adsense

Muhammad Iqbal Basri - Google Adsense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh google, dari program ini cara tercepat dan termudah bagi pengguna website/blog dengan menghasilkan uang dari internet.

Google adsense merupakan program yang paling ditunggu-tunggu, dan dinantikan bagi pengguna website/blog karena program ini menjamin dapat menghasilkan uang tambahan dari internet.

Pada awal kali ini, aku akan memberikan cerita Pengalaman Pertamaku Diterima Google Adsense, walaupun tak terlalu panjang ceritanya yang penting bermanfaat, oke..langsung saja. Check it out!

Awal mulanya blogging


Pada awalnya, aku tergabung dalam dunia website/blogger karena hanya sekedar suka terhadap blogging dan tulis menulis secara elektronik, aku bisa menulis curhatan, cerita, dan masih banyak lagi yang aku tuliskan dalam ulasan blog yang aku miliki selama ini.

Pada saat itu, aku tidak kepikiran untuk mencari uang kalau ngeblog itu katanya dapat menghasilkan uang? Memang sih..dari awal aku sudah tahu kalau itu, tapi bagaimana caranya dalam benak itu pasti banyak cara-cara yang harus dilewati.

Berawal cuman nulis blog yang cuman sekedar asal jadi itu blog sudah membuatku senang banget, ditambah lagi kalau setelah nulis blog harus di webmaster terlebih dahulu agar artikel dapat terindeks dengan cepat oleh optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization).



Sehingga artikel dengan cepat dan mudah dibaca oleh viewer, viewer terbanyak adalah jumlah dimana artikel tersebut menarik, sering diminati viewer dan bermanfaat untuk pembaca.

Kemudian, menambahkan tata letak, template, dan kelengkapan widget yang harus dilengkapi semuanya, menurut pendapat dari senior harus dilengkapi itu semua dalam ngeblog agar memberikan kemudahan dan supaya nyaman dilihat oleh pembaca/pengunjung blog saat mengunjungi blog tersebut.

Awal mulanya tergabung dalam Adsense


Pada saat itu, aku mulai sedikit penasaran akan keberadaan Google Adsense dalam ngeblog, pertama yang saya lakukan registrasi/pendaftaran yang diminta oleh pihak Adsense itu sendiri secara lengkap sesuai pendaftar bersangkutan.

Usia blogku pada saat itu kurang lebih sekitar 3 bulan, menurut artikel yang saya baca blog harus didaftarkan ke dalam google adsense harus memiliki usia kurang lebih 6 bulan.

Artikel harus memiliki 30 artikel, murni ide sendiri, tak boleh copy-paste, agar pihak google menilai artikel tersebut berasal dari ide sendiri, kreatif dan menarik. Karena dari pihak google dengan mudah mengidentifikasikan bahwa artikel tersebut murni dari hasil ide sendiri jika artikel tersebut hasil copy-paste itu bakal ketahuan.

Tahap demi tahap saya lewati, setelah itu, akhirnya akun adsense pribadiku telah siap gunakan, walaupun beberapa komponen dalam program tersebut masih ada yang belum dibolehkan/diizinkan untuk dikelola.

Kurang lebih sekitar pada awal Juni 2017, aku mendaftarkan blog pribadi saya dalam Google adsense, setelah tahap registrasi tadi pihak Adsense mengirimkanku balasan email untuk ngereview blog, balasannya merupakan konten tidak memadai.

Setelah itulah, aku mulai membenahi blog pribadiku, mulai dari templatenya aku rubah dan aku coba cari template yang bagus dan responsive, seingatku sering kali aku merubah template karena kurang puas akan tampilannya.

Mulai menambahkan beberapa widget seperti sitemap, contact me, about me, disclaimer atau privacy and policy, ubah tampilan peletakkan posisi widget mulai dari posisi vertikal hingga posisi horizontal sering kali aku rubah sedemikian rupa.

Nah...karena blog sementara pada saat itu, memang sudah sedikit mantap tampilan yang aku miliki pada saat itu. Kemudian, aku bergabung dalam komunitas blogger indonesia yang ada di facebook.

Diapprove dari admin, mulai deh aku memperkenalkan diri dan perkenalkan blog saya miliki, sertakan link punya dalam postingan.

Diminta penilaian sama para ahlinya merupakan kesenangan aku mengapa? Karena aku bisa tahu apa kekurangan yang harus diperbaiki? Sehingga aku bisa perbaiki kekurangannya.

Katanya dalam artikel aku mengandung foto yang lebih dari 2 foto, itu yang menyebabkan google adsense memberikan tanggapan tentang konten tidak memadai.

Seharusnya, jika dalam artikel mengandung 2 foto lebih, harus diberikan dan keterangan kalimat tambahan secara lengkap, agar artikel dengan foto seimbang kontennya.

Sedikit demi sedikit, aku rombak semuanya, tambahan berikutnya dalam artikel harus memiliki 400 sampai dengan 500 kata, lebih dari itu paling bagus. Agar artikel dapat teroptimasi dengan sempurna oleh Google.


Akan semakin cepat Google Adsense mereviewnya, dalam komponen di atas harus ikuti semuanya, susah atau mudahnya sih...semua tergantung dari pengguna blog/website itu sendiri.

Kesabaran juga point penting jika ingin mengharapkan review berikutnya dari google adsense, lanjut lagi ajukan ke adsense hasilnya tetap sama konten tidak memadai.

Sebenarnya apa kekurangannya? Jumlah kata tiap kata sudah aku rubah walaupun tidak sepenuhnya hingga 400 kata lebih, kebanyakan kontenku hanya memiliki 300 kata lebih.

Ada lagi katanya beberapa dari member group bilang jika terlalu lama menunggu tahap review sebaiknya mengajukan feedback langsung ke pihak google adsense. Aku ikuti juga tuh saran dari dia, aku lupa kalimatnya apa permohonan pengajuan untuk tahap reviewnya. Sayang sekali padahal itu penting kalau masih ingat.

Kurang lebih 8 kali aku ajukan ke google adsense, selalu ditolak dan konten tidak memadai, menyerah sih tidak, karena aku berawal tidak terlalu begitu mengharapkan dapat uang iklan adsense.

Kurang lebih 5 hari lebih blog tidak diurus karena aku memiliki kesibukan lain, sehingga tidak ada meluangkan waktu untuk membuat artikel baru, kalau hanya sekedar berkunjung sih tidak bakalan lupa.

Diapprove dari Google Adsense


Iseng-iseng coba lihat blog aku, dan ternyata ada muncul iklan dalam sidebar bagian kanan di blog saya, kemudian saya segara langsung buka balasan email.

Pada tanggal 22 Agustus 2017, dari Google Adsense membalas email selanjutnya bahwa tahap review telah selesai dan sepenuhnya mengapprove bahwa iklan sudah bisa ditampilkan, setelah sekian lama menunggu review, akhirnya google adsense menyetujui sepenuhnya bahwa iklan sudah siap ditampilkan dalam blog saya, padahal iklan sudah aktif tayang pada 15 Agustus 2017, pada saat itu aku tidak menyadarinya.

Mulai dari data statistik, semua sudah aktif dan mulai dapat penghasilan dari google adsense, alhamdulillah, senang, bahagia, kaget juga campur aduk semua perasaanku pada saat itu.

Terkadang pada dasarnya, memiliki web/blog diterima atau ditolak dari pihak Google Adsense merupakan suatu keberuntungan, tak semudah membalikkan tangan untuk bisa mendapatkan penerimaan dari pihak Adsense itu sendiri, karena pihak Google Adsense yang berkehendak mengatur itu semua.

Kuncinya adalah kesabaran, teruslah berusaha, semangat terus menjalani dunia blog/web, jadikan kebiasaan blog kesenangan dan hobi, ingat! Jika ingin memulai dunia blog alangkah baiknya, memulai untuk membuat karangan artikel yang sebagus mungkin terlebih dahulu, jangan mudah terpaut dalam dunia blog yang dapat menghasilkan uangnya saja, tapi carilah tujuan dan manfaat lainnya.

Jadi begitulah sepenggal cerita dan Pengalaman Pertamaku Diterima Google Adsense.

Terima kasih, semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk semuanya, bagi yang masih ditolak, dan menunggu tahap review selanjutnya, alangkah baiknya, mulai coba-coba saran dan tips dari para ahli.

Coba googling, atau browsing kekurangan apa yang harus diperbaiki, siapa tau kalian bisa memperbaiki itu semua, sebaiknya jika kalian tidak paham kalian harus banyak tanya kepada ahlinya, supaya mereka memberikan arahan dan penilaian. Saya doakan semoga kalian juga dapat diterima oleh Google Adsense, amin.

11 Responses to "Pengalaman Pertamaku Diterima Google Adsense"

  1. Seru ceritanya gan, kesabaran dan doa. Kalau diarepin malah gak diterima kalau gak diarepin tiba2 ketrima

    ReplyDelete
  2. Selamat ya gan. Usaha tidak pernah menghianati hasil.

    ReplyDelete
  3. selamat sob, semangat perjalan baru dimulai ^^

    ReplyDelete
  4. selamat mas tapi hati 2 menggunakannya jangan sampai terklik iklan sendiri semoga sukses mas salam sukses bersama amien

    ReplyDelete
  5. selamat ya gan saya juga baru di dunia bloging

    ReplyDelete
  6. belajar dari pengalaman orang lain,siapa tau sama :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu perbanyak belajar dari orang yg berpengalaman

      Delete
  7. Bener2 sulit di terima Google Adsense

    ReplyDelete