Waspada! Penyakit Mematikan Pada Minuman Kaleng, Jika Tidak Higienis


Muhammad Iqbal Basri - Satu kaleng softdrink atau minuman kaleng cukup membuat seseorang meregang nyawa, mungkin kamu belum tahu?

Beberapa waktu lalu, dalam media massa memberitakan sebuah musibah yang terjadi. Di Zhuhai, Guangdong, Tiongkok. Seseorang wanita menenggak dua kaleng bir, dua hari kemudian ia pun langsung hilang nyawa alias tewas.

Bahayanya penyakit Leptospirosis


Hasil otopsi yang mengejutkan adalah bahwa dia meninggal karena leptospirosis (penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri).

Beberapa jenis hewan yang dapat menjadi pembawa leptospirosis, yaitu anjing, hewan pengerat seperti tikus, dan kelompok hewan ternak seperti sapi, kuda serta babi.

Seperti diketahui, beberapa hari sebelumnya dia meminum sebotol bir langsung dari mulut kaleng minuman, lantas mengapa minum bir langsung melalui mulut itu bisa menyebabkannya tewas?

Eksperimen medis menunjukkan: Tutup kaleng "ring pull can" terkontaminasi oleh urin tikus yang mengandung virus leptospirosis mematikan itu adalah biang keladi yang menyebabkannya hingga tewas.

Banyak dari kita belum menyadari hal ini contohnya: Pedagang tidak akan pernah membersihkan terlebih dahulu kemasan minuman kaleng sejak diangkut dari gudang supplier ke setiap toko-toko.

Pada umumnya kaleng-kaleng minuman itu langsung dipajang langsung dirak untuk dijual, sementara banyak konsumen yang beli langsung menarik tutup kaleng dan kemudian langsung meminumnya.

Mulut dari tutup kaleng minuman yang kamu beli itu mengandung karat dan bakteri patogen gastrointestinal yang mematikan.

Mencegah dari penyakit Leptospirosis


Saran dari dokter dan ahli medis berpendapat, bahwa jangan minum minuman kaleng langsung dari mulut ke mulut (tutup kaleng), hal ini untuk menghindari urine tikus.



Alangkah baiknya sebelum meminum sebaiknya dibersihkan atau dilap terlebih dahulu dan jika tidak meyakinkan gunakan sedotan untuk meminumnya.

Ingat! selalu tetap diperhatikan jangan sampai musibah ini terjadi karena keteledoran yang sangat sepele. Bagikan info ini ke keluarga, teman-teman dan orang-orang yang Anda sayangi. Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk semua.

Sumber: Erabaru

2 Responses to "Waspada! Penyakit Mematikan Pada Minuman Kaleng, Jika Tidak Higienis"

  1. wah baru tau mas ada minuman yg berbahaya di indonesia sudah ada contohnya ngak mas ? kalau saya sih yg penting minum buatan rumahan aja mas lebih alami dan harmonis? dari zainal ab

    ReplyDelete
  2. Kalau di Indonesia saya belum tahu mas, tapi ini di China bahkan negara lainnya juga pasti ada kasus tersebut banyak terjadi, maka dari itu perlunya jaga kesehatan dalam memilih kebersihan makanan atau minuman.

    ReplyDelete