Berawal Dari Grogi Hingga Menjadi Percaya Diri


Muhammad Iqbal Basri - Karakteristikku secara pribadi adalah dinilai pendiam, cenderung kalem dan tidak banyak berbicara terhadap orang lain, baik teman dan orang-orang sekitar.

Punya pengalaman demam panggung sejak kecil


Pada saat duduk dibangku sekolah juga aku termasuk pribadi yang pendiam, kurang percaya diri dihadapan oleh orang banyak, sehingga seringkali timbul grogi dan ketika berbicara seringkali terbata-bata.


Apakah itu bawaan psikologis atau dari sejak lahir entahlah? Memang karakterku turun temurun berasal dari ibuku yang dinilai pendiam.

Memiliki sifat introvert atau sering disapa anak rumahan, istilah lainnya kuper (kurang pergaulan), padahal tidak. Hanya melainkan sifatku yang kurang mudah berbaur langsung dengan orang lain dan bahkan dengan orang baru.

Pengalaman selanjutnya, setelah aku terjun ke dunia kerja kebiasaan dan karakterku setelah itu mulai mengalami perubahan secara bertahap, tak merubah langsung begitu saja.

Memang pada saat itu, aku seringkali terjun kerja sebagai customer service dan dalam bidang yang sering kali bertemu terhadap orang-orang baru/pelanggan secara langsung.

Meskipun sering kali tak sengaja merasakan grogi ketika bertemu dengan orang-orang baru, bagiku itu merupakan sebagai bahan latihan agar aku tidak selamanya grogi jika berhadapan dengan orang lain.

Sifat grogi ini terkadang dapat membawa bahaya, kerja dan aktivitas sehari-hari di lingkungan luar juga. tidak optimal dan tidak tuntas, tidak terlalu semangat, dan terlebih lagi semakin berkurangnya percaya diri.

Tips membangun rasa percaya diri


Seiring bertambahnya waktu dan pengalamanku yang terus dijalani, oleh karena itu. Mulailah timbul perubahan sifat kepercayaan diri dan mulai berani menghadapinya secara publik.

Berbagi tips sedikit jika menghadapi orang lain misalkan orang tersebut memiliki sifat yang berwibawa, orang-penting yang dapat timbul grogi dalam diri kita:

  • Pastikan kondisi kita harus tenang.
  • Buanglah rasa takut.
  • Sesuaikan kondisi di lingkungan sekitar, atau menyesuaikan tempat terlebih dahulu.
  • Kenali dan pahami sifat atau karakter orang di sekitar kita, ini sangat penting guna dapat menciptakan kepercayaan diri seseorang.
  • Ciptakan budaya senyum/cheer up sehingga orang lain menilai kita adalah orang yang ramah dan percaya diri.
  • Selingi perkataan dengan nada bahagia.
  • Selingi dengan basa-basi
  • Ingat! Jaga tata kesopanan yang dapat membuat sekeliling kita terasa kondusif dan dinilai baik, dan
  • Positive Thinking
  • Terakhir berusahalah untuk berkata secara pelan-pelan dan jangan terburu-buru, sehingga pihak audience dan lawan pembicara dapat mudah menangkap topik pembicaraan kita lebih jelas.

Penutup

Sepintas begitulah tips dariku yang dapat menciptakan kepercayaan diri secara pribadi, bagaimana pun juga pasti kalian bisa lakukan dengan cara masing-masing kalian miliki?

Point penting juga untuk panutan terhadap orang lain bahwa kepercayaan diri seseorang dapat timbul dimulai dari apa yang dijalani dari pengalaman.

Terus berusahalah untuk dapat merubah apa yang kamu miliki kekurangan sekarang ini, bahwasanya. Perubahan seperti itu patut untuk dilakukan.

Sehingga dapat mengoptimalkan suatu kegiatan yang dijalaninya secara signifikan, sebab percaya diri juga dapat membangun kemajuan dan kesuksesan.

Itulah sedikit pengalaman pribadiku, bagaimana dengan pengalaman pribadimu? Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

5 Responses to "Berawal Dari Grogi Hingga Menjadi Percaya Diri"

  1. 1 kesimpulan gan bahwa percaya diri itu sangat bersangkutan terhadap karir kita hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya, kalau kerja bagian sales gak punya percaya diri percuman gak bakal bisa promosiin ke orang lain

      Delete
  2. Bagus banget tips nya gan kadang saya juga kurang percaya diri alhasil jadi sering ragu2

    ReplyDelete
  3. emang sih aq aja masih sering grogi ketika disuruh naik panggung untuk bicara.... walaupun orang2 pada percaya dan sering tapi rasa grogi tetap ada

    ReplyDelete
  4. Percaya diri itu harus, grogi menunjukkan ketidak mampuan kita. Intinya buang sifat grogi yang ada tetap percaya diri dan menunjukkan bahwa kita mampu

    ReplyDelete