Mitos atau Fakta- Konon Katanya Jika Ditiup Rautan Pensil Bisa Tumpul- Benarkah Begitu | Inilah Penjelasannya


Muhammad Iqbal Basri - Kalian pasti sering banget mempercayai hal ini sewaktu di sekolah dahulu, bahwasanya rautan pensil akan pudul/tumpul jika ditiup.

Saat dikelas ketika ada teman meminjam rautan kita kemudian tak disengaja meniup rautan itu, Rautan gue jangan ditiup nanti pudul tau! pembahasan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai kebenarannya apakah betul begitu, penasaran kan?

Fakta Menjelaskan


Langsung saja, secara singkat kita bisa lihat dari secara logikanya. Kalian coba bayangkan masa hanya dengan tiupan bisa dapat menumpul pisau dalam rautan pensil tersebut, tak masuk akal banget kan?


Padahal itu hanyalah sebuah tiupan dari mulut, bukan dari tiupan angin topan ya..hehe. Apakah kalian masih tetap mempercayai hal tersebut hingga sekarang ini?

Penjelasan Secara Ilmiah


Setahu saya jika rautan itu tumpul ada kemungkinan pisau rautan tersebut menandakkan berkarat dan tidak tajam lagi. Jadi salah satu caranya harus diasah lagi supaya tajam kembali.

Jadi jawabannya itu MITOS ya guys, tidak ada pembuktiannya kalau masalah itu. Dilihat secara ilmiah, dari tiupan dapat menghasilkan Co2 (karbon dioksida), yang dapat menghasilkan uap dan menjadi air. Lalu rautan itu basah, berkarat. Nah..bisa juga begitu.

Namun. Secara garis besar, itu dinilai tidak memiliki pembuktiannya secara jelas. Oleh karena itu, tidak semuanya mitos itu ada kebenarannya. Lebih baik diselidiki terlebih dahulu guys. Jika ada mitos hal menarik lainnya yang dapat aku review dalam artikelku berikutnya, langsung saja kasih tahu aku dengan menghubungiku langsung di contact yang telah disediakan.

4 Responses to "Mitos atau Fakta- Konon Katanya Jika Ditiup Rautan Pensil Bisa Tumpul- Benarkah Begitu | Inilah Penjelasannya"

  1. wah saya suka ngelakuin pas masi jama2 SD hahaha

    ReplyDelete
  2. Misteri nih dulu gua gitu pas minjem rautan pensil temen gua tiup karna kotor, gak taunya yang punya dateng eh malah kena marah takut tumpul katanya wekwokeowkeo. jelas" gak ada hubungannya ama tumpul dengan di Tiup -,- MITOS true

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dia marah sih tinggal beliin aja yg baru, rautan cuman berapa duit sih?

      Delete