Inilah 12 Objek Benda Yang Paling Disukai Oleh Bapak-Bapak Untuk Dikoleksi


Muhammad Iqbal Basri  - Tanpa kita disadari, walaupun kita sering kali melihat objek benda-benda ini. Dalam pembahasan kali ini yang perlu kita ketahui untuk sekedar menambah wawasan untuk kita semua.

Meskipun kalian pasti sering melihat dan berpikir apa pentingnya sih itu? ternyata ada beberapa objek benda ini yang dapat dijadikan hobi, hiasan, investasi dan masih banyak lagi tentunya yang disukai oleh para bapak-bapak koleksi. Penasaran kan? Langsung saja kita bahas satu per satu, apa saja itu?

1. Batu Cincin

Pasti kalian baru menyadarinya, inilah yang Bapak-bapak sukai belom lama ini booming gencarnya para pengkolektor batu akik, baik dari batu yang biasa saja, batu bertuah, hingga batu yang bernilai yang sangat tinggi. Hingga berpuluh-puluh juta mereka rela membelinya hanya ingin bisa memiliki batu tersebut paling banyak bapak-bapak koleksi. Apakah ibu-ibu juga ada yang suka? Ada mungkin hanya beberapa.

2. Burung

Disekitar rumahku banyak para bapak, memelihara burung ini diantaranya burung Anis, Murai, Crucuk, Love Bird, Kenari dll, seringkali aku lihat banyak bapak-bapak pada nongkrong hanya untuk melihat peliharaan burungnya dijemur di panas terik matahari. Tidak hanya disekitar rumah, di tempat lainnya pasti banyak yang sekarang ini lagi trend kolektor burung karena ini dinilai keindahan bulu dan suara yang dimiliki burung tersebut. Bahkan mereka juga rela memiliki burung tersebut hingga berpuluh juta rupiah.

3. Tanaman

Kalau yang ini sudah sangat jarang, bapak-bapak yang masih menggemari koleksi tanaman yang sebelumnya sepuluh tahun belakangan ini juga sempat booming dan menjadi pengkolektor yang bernilai sangat tinggi seperti tanaman Anturium, Red Sumatra, Jemanii, Pakis Monyet, dll.

4. Ikan Arwana

Ikan khas berasal dari Kalimantan ini. Sampai sekarang ini terbilang masih tetap ada yang menyukai hewan yang satu ini, banyak pemburu kolektor ikan tersebut karena memberikan kesan tersendiri, dapat di hias dalam rumah, terlebih lagi jika arwana tersebut yang sangat mahal dan bahkan bisa dijadikan peliharaan dan investasi, konon katanya ikan ini dapat memberikan hoki loh...

5. Ikan Lohan

Sama halnya dengan Ikan Arwana, Ikan Lohan dahulunya sempat booming juga digemari ikan ini karena unik dalam warnanya, dan memiliki jenong atau nonong di bagian kepala depannya (dahi) konon katanya jika Ikan Lohan memiliki seperti lafaz tulisan ada yang memiliki lafaz ALLAH, dapat bernilai sangat mahal dan ini juga termasuk hewan membawa hoki.


6. Ikan Koi

Ikan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini sudah sangat sejak lama dipelihara oleh dari kalangan kerajaan dan zaman zaman Dinasti China, konon kata mereka berpendapat ikan koi juga dapat membawa keberuntungan/hoki, harga nilainya pun tidaklah murah, ada beberapa jenis ikan ini seharga dengan satu buah mobil. Amazing!!

7. Motor dan Mobil Kuno

Kalau ini almarhum ayahku paling suka kumpulin vespa, mulai dari temannya juga banyak mengoleksi motor dan mobil antik keluaran tahun 90, 80 atau 70an semakin tua akan semakin mahal.

8. Barang Antik

Biasanya jenis barang yang diburu untuk dikoleksi seperti barang-barang yang meninggalkan sejarah yang mendalam, barang bertuah, langka, kuno dan antik. Dihias dan dipajang dirumah untuk dijadikan berkesan klasik.

9. Sepeda Antik

Sejenis sepeda Ontel yang sering aku jumpai disaat car free day, komunitas sepeda ontel dalam komunitas tersebut banyak bapak-bapak dan kakek-kakek. Terlihat seperti kompeni Belanda, walaupun sudah pada tua tetapi jiwanya masih terlihat muda.

10. Benda Pos

Meskipun saya ketahui sangat banyak digeluti oleh generasi orang tua, pengunjung dan para kolektor yang saya lihat banyak bapak-bapak yang menghadirinya ketika saya lihat dalam pameran filateli. Walaupun saya termasuk dalam pengkolektor perangko atau benda benda pos lainnya, ini juga karena keunikkan yang membuat aku jatuh cinta mendalami dunia filateli.


11. Uang dan Koin Kuno

Uang dan koin dari berbagi zaman penjajahan, orde lama, orde baru, zaman majapahit hingga berbagai zaman yang dimiliki pengkolektor, biasanya paling banyak pengkolektornya dari kalangan orang tua, dari beberapa koleksinya pun dapat dijual, yang saya ketahui orang tua lebih giat dan telaten dalam segala hal yang mereka geluti.

Baca artikel menarik lainnya : Pernah Menjadi Penghobi Numismatik Amatir

12. Moge (motor gede)

Kalau dipikir-pikir jarang banget ada anak muda yang pengkolektor motor-motor besar seperti harley davidson, motor klasik, maka tak heran banyak bapak-bapak kaya yang banyak mengoleksi jenis motor ini. Tak sembarangan orang pula karena dari harga dan suku cadangnya pun juga perlu ekstra hati-hati.

Hobi menjadi investasi


Dari beberapa kegiatan di atas sebenarnya merupakan bisa menghasilkan investasi masa mendatang, seiring berjalannya waktu semua benda-benda yang mereka koleksi akan memiliki nilai jual yang sangat mahal, karena mungkin saja untuk kedepannya sudah sangat jarang lagi terlihat atau barang yang sulit didapat dicari dikemudian hari. Semua itu akan menjadi barang buruan oleh para kolektor, 

Kalian pasti baru menyadarinya kan? Itulah dalam dua belas objek benda yang paling disukai para bapak gemari, mungkin dari kalian ada sama halnya dengan mereka nomor berapa kalian sukai? Tentunya setelah kita cermati objek tersebut dapat memberikan manfaat yang besar ya, seperti untuk dijadikan hobi, investasi yang dapat bernilai ekonomi yang tinggi, untuk hiburan, bahan koleksi dan hias.

4 Responses to "Inilah 12 Objek Benda Yang Paling Disukai Oleh Bapak-Bapak Untuk Dikoleksi"

  1. jangan ngaku kaya sebeloem punja motor tuwa,,,hahahaha, ini slogan kaos yg dulu tak buat langsung ludes di acara moge klasik di Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah bener tuh...wih keren dong berarti termasuk komunitas moge di Bali ya?

      Delete