Nampaknya Kamus Mulai Ditinggalkan Semenjak Keberadaan Google Translate


Muhammad Iqbal Basri - Seiring kemajuan teknologi, semua yang dilakukan serba praktis, karena tidak membuang waktu lama, singkat, dan tentunya cepat.

Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi yang ada, semua itu dapat memberikan kemudahan kepada setiap umat manusia di dunia ini. Segala aktivitas tentunya teknologi yang dapat membantu kemudahan ini semua.

Dulu harus wajib ada kamus


Mengingat kata kamus, seingatku seringkali ketika mempelajari bahasa Arab, Inggris, dan bahasa Jepang sewaktu di sekolah.

Diwajibkan membawa kamus untuk bisa menerjemahkan beberapa kalimat yang harus diterjemahkan.


Seiring berjalannya waktu, nampaknya kamus mulai jarang digemari oleh pembaca, mungkin masih ada beberapa yang setia masih tetap menggunakan kamus sebagai sarana untuk referensi penerjemah.

Sejak adanya Google yang dapat memberikan dalam segala fasilitas yang disediakan untuk pengguna internet, penyedianya pun cukup beragam ada yang berupa peta penunjuk lokasi atau kita sebut Google Map.

Adanya Google Translate, kamus mulai ditinggalkan


Kemudian fasilitas periklanan yang disebut Google Adsense, dan selanjutnya inilah yang akan kita bahas yakni Google Translate.

Google Translate merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google, yang dimana pengguna internet dengan mudahnya menerjemahkan ke dalam berbagai bahasa di seluruh dunia.

Fasilitas yang diberikannya pun cukup canggih dan praktis, sehingga untuk penggunanya diberikan kemudahan dengan cara praktis.

Oleh karena itu, akan keberadaan Google Translate nampaknya sekarang ini kamus mulai ditinggalkan, karena tidak perlu bolak-balik lagi tiap bilah kertas dari tiap halaman ke halaman lain.

Kelebihan lainnya dalam penyedia Google Translate ini adalah kita dapat menerjemahkan ke dalam berbagai bahasa di seluruh dunia, tidak hanya bahasa asing.

Selain itu juga Google Translate menyediakan fitur voice recorder sehingga dengan melalui suara dapat secara langsung diterjemahkan.

Ternyata Google Translate juga menyediakan bahasa daerah Indonesia yakni Jawa dan Sunda.

Luar biasa! Harus bangga orang Jawa dan orang Sunda, bahasa Kalian termasuk dalam jajaran bahasa asing di dunia.

Keren! Mungkin orang diluar sana banyak yang membutuhkan penerjemah bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda.


Andai saja semua bahasa daerah lainnya juga disediakan oleh Google Translate, Cool!

Ehh...kayaknya bahasa Jawa & Sunda sudah ada di Google Translate, memang sih kedua bahasa daerah ini sudah mendunia. Bahkan banyak dari negara lain yang bisa menguasai bahasa Jawa dan juga Sunda.

Apakah kalian masih ada yang setia pakai kamus disekolah atau pun dikampus buat mencari kosakata, jika masih ada tidak kemungkinan pengguna kamus mengalami kepunahan. Karena setidaknya biar gimana pun kamus masih tetap berguna untuk belajar Bahasa Inggris.

10 Responses to "Nampaknya Kamus Mulai Ditinggalkan Semenjak Keberadaan Google Translate"

  1. Iya, sekarang lebih simpel pakai google translate. tidak perlu susah2 mencari.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemajuan teknologi, sekarang mudah & praktis. Jaman sekarang semua serba instan gak perlu nunggu proses lama

      Delete
  2. iya kamus ane aja kmna kali hahaha

    ReplyDelete
  3. ya benar soalnya lebih praktis kamus masih bolak balik buku mencarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja di kamus ada tombol "search" pasti keren banget kali ya, jadi gak perlu cari satu per satu tiap halaman hehehe

      Delete
  4. Semenjak ada google translate di hp sya lepas kmus, tp pas sy buka hp yg sy buka malah sosmed 😁

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Semenjak kemajuan teknologi, yg lama semua ditinggalkan. Sangat disayangkan ya

      Delete
  6. Dulu waktu MA saya adalah orang yang sering menggunakan kamus kertas ini, karena saya suka dengan pelajaran bahasa inggris jadi tdk jauh-jauh dari yang namanya kamus. Sekarang memang sudah mulai berkurang yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal dulu waktu sekolah ketika ada pelajaran Bhs.Inggris diwajibkan bawa kamus, kalau anak sekolah jaman sekarang gimana ya apa iya masing" buka google translate?

      Delete