5 Jenis Ikan Kerapu Termahal Per Kilonya (Kg)



Muhammad Iqbal Basri - Sering kali melihat, di berbagai restoran terkenal terutama Seafood. Banyak menghidangkan aneka macam kuliner lautnya yang sangat lezat dan pastinya juga mahal.

Dalam daftar menu kebanyakan, ikan Kerapu adalah jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta seafood. Karena memiliki daging yang sangat lezat, maka dari itu banyak yang menjualnya saja sudah sangat mahal untuk per ons nya untuk bisa menikmati daging ikan Kerapu.

Meskipun tidak semuanya mahal, ada beberapa jenis ikan kerapu yang memiliki harga jual tinggi untuk per kilonya. Berikut 5 daftar jenis ikan kerapu termahal berdasarkan rangkumanku sendiri.

5 jenis ikan Kerapu termahal per kilonya (Kg)


1. Ikan Kerapu Tikus

Kerapu Tikus atau Kerapu Bebek Chromileptes altivelis, jenis kerapu ini paling banyak dibudidayakan di Indonesia karena harganya lumayan tinggi. Banyak nelayan Indonesia membudidayakan ikan kerapu ini dengan metode keramba laut ataupun metode kolam tembok di darat.


Ciri khas ikan ini memiliki corak bintik-bintik dan moncong menyerupai bebek, ukurannya bisa mencapai 50 cm untuk harga kisaran ikan kerapu ini per kilo adalah Rp 420.000. Bisa dibilang daging ikan kerapu ini yang paling enak dan mahal di antara jenis ikan kerapu jenis lainnya.

2. Ikan Kerapu Kustang

Dinamakan Ikan Kerapu Kustang adalah jenis ikan ini berasal dari persilangan ikan kerapu Tikus (Chromileptes altivelis) dengan ikan kerapu Kertang (Epinephelus lanceolatus). Oleh karena itulah, ikan kerapu ini menghasilkan daging yang sangat baik dan enak.

Harga ikan kerapu ini per kilonya dijual dengan harga Rp 405.000. Dengan harga semahal itu, tidak perlu diragukan lagi untuk kelezatan daging ikan kerapu ini.

3. Ikan Kerapu Sunu

Berikutnya adalah Ikan Kerapu Sunu (Plectropomus maculatus), banyak menyebutnya ikan Kerapu Merah. Ciri khas ikan kerapu ini memiliki warna merah dan corak bintik-bintik biru. Menambah daya tarik pecinta seafood karena ikan ini sangat cantik dan ikan ini juga tidak kalah mahal dibandingkan kerapu lainnya. Untuk harga ikan kerapu ini per kilonya berkisar Rp 375.000.

Ciri-ciri ikan ini mempunya 6-8 jari-jari keras pada sirip punggung, jenis kerapu ini sering mengalami perubahan warna dari merah bisa kecoklatan tergantung dari kondisi lingkungan. Sebagaimana kerapu lainnya, kerapu Sunu juga bersifat hermaprodit protogini artinya perubahan jenis kelamin betina lalu berubah menjadi jenis kelamin jantan terjadi setelah ikan mencapai 1,5 kg.

Ikan jantan berbobot lebih dari 2 kg, sedangkan induk betina berbobot antara 1-1,5 kg, ukuran panjang antara 23-62 cm. Ikan ini tergolong mahal karena sulit dicari dan dibudidayakan. Ikan ini hidup di kedalaman lautan yang dipenuhi dengan terumbu karang sebagai tempat mencari makanan dan berlindung dari predator.

4. Ikan Kerapu Cantang

Ikan kerapu ini juga sama merupakan hasil persilangan (hibridisasi) antara jenis ikan kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) betina dan ikan kerapu Kertang (Epinephelus lanceolatus) jantan. Melihat harga untuk per kilo ikan kerapu cantang dijual dengan harga Rp 310.000. Ikan kerapu ini paling banyak dijual di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan Supermarket. Ikan kerapu jenis ini tidak dijual sembarangan ke restoran terkenal.

5. Ikan Kerapu Batu

Dan yang terakhir adalah ikan Kerapu Batu, ikan kerapu ini paling sering dijadikan sebagai target memancing oleh para pemancing. Harga ikan kerapu batu dibandrol dengan harga Rp 230.000, ikan kerapu ini juga termasuk ikan kerapu mahal. Untuk dagingnya juga tidak kalah enak dan lezat.

Daftar Harga Ikan Kerapu


No
Jenis Ikan Kerapu
Harga/Kg
1
Kerapu Tikus
Rp420.000
2
Kerapu Kustang
Rp405.000
3
Kerapu Sunu
Rp375.000
4
Kerapu Cantang
Rp310.000
5
Kerapu Batu
Rp230.000

Itulah tadi 5 jenis ikan kerapu termahal yang banyak disajikan di Restoran terkenal. Harga kerapu yang dijual sewaktu-waktu bisa berubah tergantung jenis, kualitas dan ukurannya.

Mana jenis ikan kerapu favorit kamu? kira-kira ada jenis kerapu lain yang menurut kamu lebih mahal di tempat kamu?

5 Responses to "5 Jenis Ikan Kerapu Termahal Per Kilonya (Kg)"

  1. Di medan ikan ini dibilang ikan gerpuh, enak bgt klo dibakar atau dibuat asam manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jenis ikan apa kak yg banyak dimakan di sana?

      Umumnya paling banyak seafood dibuat asam manis atau dibakar

      Delete
  2. Mungkin sejenis ikan kerapu batu, tp harganya gak sampe semahal itu sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang jenis kerapu itu mereka jual, soalnya masih banyak jenis kerapu yg belom banyak diketahui. Tapi semua itu yg namanya jenis ikan kerapu rata" harganya mahal soalnya dia dagingnya lebih enak & banyak digemari pecinta seafood

      Delete
  3. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete