[Review] Bakso Ikan Binuangeun Khas dari Banten Selatan

Bakso Ikan Binuangeun- Enak dan Bikin Ketagihan
Bakso Ikan Binuangeun
Muhammad Iqbal Basri  - Binuangeun, dikenal dengan surga dan destinasi keindahan pantainya yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Binuangeun juga ternyata memiliki pangan khas yang bisa anda temui, sebagai salah satu daerah penghasil ikan di Banten tentunya juga memiliki aneka kuliner yang tidak jauh dari olahan hewan lautnya yakni terkenal dengan Bakso Ikan.

Pada kesempatan kali ini aku mau mereview yang sebelumnya sudah pernah coba makan Bakso Ikan yang ada di Pantai Binuangeun atau di sekitaran pesisir Pantai Banten Selatan. Saat ke sana selalu ingat kuliner khasnya dengan olahan hewan lautnya.


Bakso Ikan khas dari Banten Selatan


Untuk sahabat food lovers, kali ini aku perkenalkan kuliner khas Binuangeun yaitu "Bakso Ikan". Siapa sih yang tak pernah mencoba bakso pasti semuanya telah mencoba dari semua kalangan. Akan tetapi, yang satu ini beda dari yang lainnya. 
Pengalaman yang saya coba sebelumnya, bakso ini tentunya sangat enak dan bikin nagih deh..Ini juga saya tahu diperkenal dari salah satu teman saya yang termasuk dengan warga asli Binuangeun yang pada saat itu saya pernah berlibur ke sana. Setelah ke lokasi, saya mengira bakso ini sama halnya dengan bakso pada umumnya ternyata setelah saya coba rasa dan penampilannya tidak jauh berbeda.

Berapa harga semangkoknya?


Cukup dengan seharga IDR 5000 anda bisa mencicipi satu potong bakso tersebut, tak heran bakso tersebut sangat besar untuk sekarang (sekiranya menurutku sebesar bola kasti atau sebesar kepalan tangan orang dewasa). Bayangkan sebesar itu coba dimakan jika 2 sampai 3 potong bisa bikin perut penuh. Apalagi belum cukup ditambah dengan kebiasaan orang Indonesia yang tidak jauh dari nasi. Hehehe...


Seperti pada bakso umumnya yang membedakan dari bakso ini adalah isi dari bakso tersebut merupakan daging ikan cincang yang membuatku semakin nikmat dan terasa gurih isi bakso tersebut. Tapi tidak ada bahan tambahan lainnya misalkan ditambah dengan  : bihun,mie kuning,tauge dan sebagainya. Ini hanya diberi irisan daun seledri dan taburan bawang goreng, untuk (kecap,saos, dan sambel) pasti selalu ada dong...


Bagaimana untuk proses pembuatan bakso tersebut?


Menurut aku sih tak jauh beda dengan proses pembuatan bakso pada umumnya cuman yang membedakkannya adalah dengan bahan dasarnya. Jenis ikan yang biasa digunakan sebagai bahan utama bakso ini adalah Ikan Tenggiri, Ikan Tongkol, Ikan Pari dan masih banyak lagi yang digunakan sebagai bahan utama bakso tersebut.

Apalagi jika disantap dan ditemani dengan es gula merah yang menyegarkan, dan menambah cita rasa anda akan semakin nikmat. Dari kedua kelezatan ini.


Bakso Ikan Binuangeun - Enak dan Bikin Ketagihan
Es Gula Merah

Di manakah yang menjual bakso tersebut?


Jika Anda berkunjung ke Banten Selatan terutama di sekitar wilayah sepanjang pantainya, Anda bisa menjumpai penjual bakso ikan dan juga es gula merah yang sangat menyegarkan di saat panasnya siang hari sewaktu berada di sepanjang pesisir pantai. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika berkunjung ke sana jangan sampai lupa membeli bakso ikannya buat buah tangan juga untuk dibawa ke rumah.

Tentunya bagi kalian pecinta traveling jangan sampai terlewatkan kuliner yang satu ini ya..tak valid jika pernah berlibur ke sana tetapi tak pernah mencobanya. Sayang banget kan, terima kasih dan semoga semakin menambah selera Anda.

12 Responses to "[Review] Bakso Ikan Binuangeun Khas dari Banten Selatan"

  1. wah jadi pengen nyobain nih bakso ikan binuangeun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baksonya enak loh...dicoba deh kalo lagi liburan ke Binuangeun

      Delete
  2. Baca Artikel Baksi jadi LAPER gua, di sini juga ada bakso granat namanya ^^

    ReplyDelete
  3. Pengemar setia makan bakso seminggu ngak makan bakso rasanya ada yang kurang terima kasih mengingatkan akan makanan paforitku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso menjadi makanan favorit orang indonesia heheh

      Delete
  4. Siang siang gini jadi pengen makan bakso

    ReplyDelete
  5. mantab makyus baksonya terutama ikannya kaya somay aja

    ReplyDelete
  6. haduh siang2 gini makan Bakso Jos pengennn ...

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Cocok nih siang-siang makan bakso, pake sambel biar mantap sampe keringetan hehehe trus minumnya jangan lupa yg dingin biar seger

      Delete