Apa Benar Penyebab Mata Bintitan Disebabkan Karena Sering 'Mengintip'?

Apa Benar Penyebab Mata Bintitan Disebabkan Karena Sering 'Mengintip'?

Muhammad Iqbal Basri - Siapa yang hobinya suka mengintip? Konon katanya, banyak orang menyebut bintitan kerap menyerang pada orang yang memiliki hobi mengintip. Benarkah begitu? Mari kita simak uraiannya.

Menurut pakar kesehatan mengatakan 


Bintitan sebagai infeksi yang disebabkan oleh tersumbatnya salah satu kelenjar kecil yang berfungsi sebagai produsen air mata. Pada kelopak mata terdapat cukup banyak lubang kecil yang berfungsi sebagai muara dari air mata yang diproduksi.

Jika salah satu atau beberapa lubang kecil itu tersumbat baik itu karena debu, atau kebiasaan menggosok mata, kuman juga akan terperangkap pada sumbatan tersebut.


Akhirnya memicu peradangan yang terlihat sebagai benjolan kecil yang terasa hangat dan kemerahan yang kita sebut sebagai bintitan. Hal ini berarti, bintitan sama sekali tidak terkait dengan kebiasaan mengintip.

Bintitan juga disebabkan karena reaksi alergi akibat dari terlalu banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi, sehingga akhirnya menyebabkan bisul di sekitar mata.

Namun, kasus ini tidak banyak terjadi. Penyebab bintitan paling sering tentu saja adalah karena adanya sumbatan pada kelenjar air mata yang disebabkan oleh ketidak higienisan di area tersebut.

Menjaga kesehatan mata agar terhindar dari bintitan


Menurut pakar kesehatan menyebutkan, jika kita sudah terkena bintitan sekali saja. Maka di kemudian hari kita juga akan cenderung mudah terkena masalah yang sama. Demi menghindari munculnya bintitan ini, disarankan kita untuk tidak menggosok mata dengan tangan yang masih kotor dan segera membersihkan riasan pada mata sebelum tidur.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semuanya dan jagalah kesehatan mata Anda, karena mata adalah bagian dari organ tubuh manusia yang sangat penting untuk melihat. Tidak ada mata kita tidak bisa melihat keindahan dunia ini. Setuju?

1 Response to "Apa Benar Penyebab Mata Bintitan Disebabkan Karena Sering 'Mengintip'?"