Cara Mudah Membedakan Es Batu Dari Air Matang vs Air Mentah

Cara Mudah Membedakan Es Batu Dari Air Matang vs Air Mentah

Muhammad Iqbal Basri - Es batu memang terkenal dengan harganya yang murah meriah. Namun, dibalik harganya yang murah tersebut, kamu patut waspada karena mengingat sudah banyak ditemukan pedagang es yang memproduksi es batu dengan cara yang tidak benar.


Langsung saja kita simak penjelasan Cara Mudah Membedakan Es Batu Dari Air Matang vs Air Mentah, es batu yang terbuat dari air matang akan cenderung terlihat bening, biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube.


Maka ketika proses pendinginan terjadi, hanya sedikit gas yang terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Namun, bukan jaminan bahwa es batu yang dibuat dengan air matang akan menjadi bening sempurna. Perlu proses pensterilan dan perebusan hingga 2 kali untuk menghilangkan gas larut dan kotoran-kotoran lain yang mengendap di dalamnya.

Saat ini sudah banyak dijual di pasaran jenis es batu kristal atau ice cube yang memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang. Es batu jenis ini aman dikonsumsi dan tidak berisiko memiliki kandungan bakteri di dalamnya karena bisa diketahui bahwa bahan baku yang dipakainya adalah air matang.

Selanjutnya, es batu yang terbuat dari air mentah umumnya terlihat berwarna putih seperti salju dan terdapat gelembung-gelembung pada es tersebut.Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah ini adalah berupa es balok atau es dalam bungkusan plastik, kecuali membuatnya sendiri di rumah.

Perlu kita ketahui bahwa es batu yang dibuat dari air mentah tentunya sangat membahayakan untuk kesehatan kita jika dikonsumsi. Apalagi bila air untuk membuat es batu ini diambil dari sungai yang tercemar, mulai dari sekarang kita perlu yang namanya cermat dan selektif dalam memilih. Mana yang baik dan buruknya untuk kebutuhan hidup kita terutama adalah kesehatan.    

1 Response to "Cara Mudah Membedakan Es Batu Dari Air Matang vs Air Mentah"