Surat Cinta Dari Google AdSense

Surat Cinta Dari Google AdSense

Muhammad Iqbal Basri - Hallo, sahabat blogger semuanya. Jumpa lagi bersama saya di sini, Oke kali ini saya ingin menceritakan pengalaman cukup panjang mengenai diterimanya surat dari Google AdSense, sebelum memulai cerita ini saya akan menceritakan beberapa pengalaman saya di awal hingga saat ini menjadi pengiklan meskipun terbilang masih amatir.

Berawal dari blogger amatir


Saya bergabung dalam dunia blogger dan google adsense ini masih terbilang sangat baru, belum dikatakan seperti para blogger terkenal lainnya. Semuanya pasti berawal dari nol (0) untuk bisa meraih kesuksesan yang dijalani, salah satunya menjadi seorang blogger atau seorang youtuber pastinya harus dengan tekun dan serius.

Setelah saya memasuki dunia blogger kurang lebih tanggal 31 Maret 2017 lalu, hampir memasuki setahun untuk tahun ini. Setelah melewati itu semua saya mulai rajin dan semangat menulis beberapa artikel sesuai dari ide pemikiran yang saya tuangkan langsung ke dalam blog ini.

Saya banyak belajar dari berbagai group komunitas blogger dan dari internet juga, saya gali dan kembangkan terus demi memperbagus karya dan desain blog saya sendiri. Sehingga untuk pembacanya lebih mudah berkunjung dan membacanya, serta nyaman saat berkunjung ke blog saya.

Setelah menjalani hampir 5 bulan saya bergelut di dunia blogger ini, saya mulai mendaftarkan blog pribadi saya ke Google AdSense yang merupakan program yang paling ditunggu-tunggu, dan dinantikan bagi pengguna website/blog karena program ini menjamin dapat menghasilkan uang tambahan dari internet.


Kesabaran adalah kunci kesuksesan, itulah pengalaman yang saya alami selama ini, ditolak langsung dari pihak google karena ada sebab dan alasan yang mengakibatkan saya tidak disetujui oleh Google Adsense. Bayangkan, saya ditolak sebanyak 9 kali. Saya mulai periksa dan koreksi apa kekurangan dan kesalahan dalam blog saya?

Mulai dari template, tata letak,  tambahan dan kelengkapan widget yang seharusnya dilengkapi untuk blogger terutama harus tersedianya privacy and policy, home, contact, disclaimer serta kelengkapan widget pendukung lainnya.


Setelah melengkapi itu semua, pihak google Adsense akhirnya menyetujui dan akhirnya blog pribadi saya sudah sepenuhnya bisa ditayangkan iklan dalam blog saya, horeeee...

Kapan waktu saya diterima Google Adsense?


Seingat saya sekitar tanggal 28 Agustus 2017, dan sepenuhnya iklan sudah bisa ditayangkan di blog saya. Setelah itu saya lihat balasan dan persetujuan dari email, setelah itu bisa langsung memasangkan iklan di beberapa posisi yang paling tepat dipasang.

Iklan sempat kena suspend


Antara senang bercampur kesedihan, iklan di blog saya kena suspend karena saya tidak sengaja mengeklik iklan sendiri. Saya sangat menyesal pada saat itu, awalnya saya sudah mulai panik karena pada saat itu koneksi jaringan di ponsel saya sedang tidak mendukung untuk bisa berkunjung ke blog saya.

Sehingga aku harus terima nasib hukuman dari pihak Adsense. Setelah itu langsung dapat teguran dengan jawaban 'Klik Iklan Sendiri' (dalam bahasa inggris), saya menyadari atas kasus yang telah saya perbuat.

Kira-kira saya kena suspend tanggal 3 September 2017, batas untuk tidak tayang iklan selama 1 bulan lebih 2 hari sehingga dalam blog saya terlihat blank. Tampilannya kosong tak terlihat iklan muncul tidak seperti biasanya ditayangkan.

Selama menunggu sebulan penuh untuk batas waktu di suspend selesai, saya masih tetap rajin untuk membagikan artikel menarik untuk pembaca setiaku. Tetapi saya tetap bersyukur atas perbuatan yang telah saya lakukan selama itu, sehingga saya dapat menambah pengetahuan tentunya.

Setelah itu, tanggal 5 Oktober 2017 iklan sudah mulai kembali ditayangkan karena batas untuk suspendnya telah selesai. Ternyata dari batas waktu akhir yang diberikan dari email itu tidak sesuai secara langsung sepenuhnya tayang, jadi harus menunggu lagi setidaknya 2 hari setelah tanggal jatuh tempo itu selesai.

Tambahan, menurut dari aturan Google Adsense jika saldo pendapatan iklan sudah mencapai $100 (seratus dollar) akan dikirimkan surat secara otomatis dari adsense untuk menerima PIN, kira-kira kalau di Rupiahkan sekitar kurang lebih Rp 135.000. Saat itu saldo iklanku yang terkumpul selama jumlah klik dan pendapatan untuk sementara itu berjumlah sekitar Rp 163.000, sehingga sudah melewati batas pencapain yang ditentukan oleh Adsense.

Proses pengiriman surat dari Google Adsense


Prosesnya terhitung dimulai dari tanggal 12 Oktober 2017, yang saya ketahui masing-masing dari periklan memiliki batas waktu yang tidak pasti kapan akan sampai? Semuanya masing-masing beda waktu estimasi pengirimannya, ada yang hanya menerima sekitar 3 minggu bahkan  ada yang mencapai hingga berbulan bulan.

Selanjutnya. Pada tanggal 28 November 2017, ternyata surat Google AdSense telah terkirim ke alamatku hampir sebulan lebih 11 hari. Pada saat itu sebelum menerima suratnya, aku mengajukan yang kedua kalinya untuk mengirimkan PIN lagi tanggal 8 November 2017.

Mengapa sampai harus mengajukan yang kedua kalinya?


Yang saya ketahui karena waktu itu teman saya sudah hampir 2 bulan, belum juga menerima surat dari Google Adsense. Sehingga dengan masalah temanku itu, membuat saya jadi semakin khawatir. Padahal dia sudah 3 kali mengajukan PIN, untuk aturannya. Jika tidak ada tanggapan selanjutnya dari google, pihak si pengiklan harus mengajukan langsung ke kantor pos terdekat cukup dengan membawa KTP untuk bisa melacak posisi keberadaan surat Google Adsense itu.

Dari masalah temanku itu, tidak membuat semangatku menurun dalam periklanan. Akhirnya setelah saya sabar menanti, surat yang saya nantikan telah tiba di rumah, itupun saya tidak menyadari akan diterima pada hari itu juga.

Setelah surat yang pertama saya terima,  selanjutnya, pada tanggal 20 Januari 2018 ternyata surat yang kedua dari Google Adsense saya terima  lagi. Jadi punya 2 surat ada di tanganku sekarang ini, berhubung yang pertama sudah aku buka isi suratnya dan yang pasti untuk surat yang keduanya itu pasti juga sama isi nomor PINnya, jadi sengaja aku tidak buka.


Jadi itulah cerita pengalaman panjang saya mendapat surat dari google adsense hehehehe, terima kasih untuk Anda yang sudah membagikan waktu sedikit untuk membaca artikel saya, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda.

11 Responses to "Surat Cinta Dari Google AdSense"

  1. ahaa, saya juga pernah tidak sengaja meng-klik iklan sendiri, kena suspend 3 bulan >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ko lama banget, bukannya tempo waktu suspend cuman sebulan

      Delete
  2. Selamat sudah mendapat surat cinta dari google...

    ReplyDelete
  3. Wuih selamat mas. Jadi sekarang udah PO dong? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, belon gan heheh saya main organik terkadang dapat CPCnya kecil yang penting main aman

      Delete
  4. Selamat ya udah dapat surat cinta dari Google ⚘

    ReplyDelete
  5. Masih tahap review ane gan����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepat diterima ya reviewnya, semangat gan...

      Delete
  6. Selamat kang.. Smg sukses ya
    Salam ramadhan. Kunjungi. Jg blog sy setelah diterima google adsenses.. Lihat tampilan iklanya ya..
    Https://www.pkbm-alfatih.online

    ReplyDelete