Unik dan Aneh - Mata Uang Mongolia Pecahan 500 Tugrik

Unik dan Aneh - Mata Uang Mongolia Pecahan 500 Tugrik
500 Tugrik Mata Uang Mongolia tahun 2007


Muhammad Iqbal Basri - Di setiap negara memiliki mata uang masing-masing untuk bisa bertransaksi dalam jual beli, mulai dari nilai harga, kisah dibalik dari pembuatan mata uang tersebut. Serta keunikkan dari mata uang tersebut sengaja didesain yang tentunya mengundang banyak tanya.

Salah satunya adalah mata uang Tugrik yang merupakan mata uang dari negara Mongolia. Negara ini mencetak uang koin yang sangat unik di tahun 2007, anehnya. Uang pecahan 500 ini bergambar mantan Presiden AS, John F Kennedy. You know!

Description coin:

Negara: Mongolia
Tahun: 2007
Koin bisa mengeluarkan suara pidato presiden USA, JFK di Berlin, Jerman Barat.
Nilai uang: 500 tugrik
Material logam: Perak (925)
Berat: 40 gram (10 gr perak)
Diameter: 40 mm
Kualitas: UNC (Baru)
Mintage: 5000 keping

Kenapa mantan Presiden AS terpampang di negara lain? Yakni sebagai ikonik koin mata uang Mongolia. Padahal Presiden John F Kennedy bukan Presiden Mongolia.


Tidah hanya itu, koin tersebut juga ada tombol jika ditekan akan mengeluarkan suara pidato terkenal JFK saat berada di Jerman Barat berjudul  Ich bin ein Berliner yang artinya semua orang berhak bebas di mana pun mereka tinggal (warga Berlin).

Pada tahun tersebut, Mongolia menyajikan uang koin yang unik dan menarik dalam memperingati sosok negarawan besar yang akan memasuki usianya 90 tahun. Koin unik yang mengeluarkan suara ketika tombol tersebut ditekan.

Pesona John F. Kennedy dan di saat kematiannnya menarik bagi orang-orang di seluruh dunia. Tidak ada presiden Amerika lain atau hampir tidak ada orang lain yang berhasil melakukannya pada tingkat seperti itu di abad-20, karena kematiannya awal. JFK menjadi legenda dan membuat sejarah.

0 Response to "Unik dan Aneh - Mata Uang Mongolia Pecahan 500 Tugrik"

Post a Comment