Beberapa Huruf Di Dunia Yang Tidak Semua Orang Bisa Membacanya


Muhammad Iqbal Basri - Di dunia ini banyak menyimpan ratusan huruf dari masing-masing bahasa di dunia. Tak heran jika beberapa huruf ini tidak semua orang bisa membacanya dan bahkan sulit dipahami.

Umumnya huruf yang biasa masyarakat baca adalah huruf Abjad (A-B-C) hingga seterusnya sepertinya sudah sangat banyak yang paham. Lalu bagaimana jika huruf-huruf ini memiliki tulisan khusus tersendiri apa kira-kira kamu di sini ada yang paham membacanya?


Cari tahu yuk! Huruf-huruf dari negara mana saja kah itu?

1. Arab

Negara Arab memiliki huruf Hijaiyah, bagi umat Muslim yang pasti bisa membaca & mengetahui berbagai huruf Arab yang dimilikinya, karena umat muslim dapat mengetahuinya Dari Al-Qur'an, Hadits & sumber informasi lainnya. Huruf abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri bergaya kursif dan terdiri dari 28 huruf

2. Jepang

Bahas soal Jepang juga sudah sangat banyak yang tahu tentang negara ini. Kamu bisa sebutkan itu tentang Jepang, ada 3 huruf yang dimilikinya yaitu Katakana, Kanji dan juga Hiragana. Nihongo (pengucapan: Nihonggo; 日本語merupakan bahasa resmi di Jepang.

3. Mandarin (China)

Ada yang bisa bahasa Mandarin? Yang pasti juga tahu huruf-hurufnya itu. Negara China juga memiliki huruf tersendiri namanya kita sebut Han Zi, huruf mandarin/Han Zi tidak mengenal adanya alfabet, artinya. Huruf mandarin mewakili satu kata, jumlah huruf-huruf mandarin ada banyak sekali jenis dan bentuk-bentuknya. Apabila terhitung semuanya berjumlah 80.000 - 90.000, namun huruf-huruf biasanya yang sering digunakan hanya berjumlah 3500 huruf.

4. Thailand

Tahukah kamu, aksara Thailand bukan disebut sebagai alfabet sejati. Melainkan Abugida, aksara ini memiliki 44 huruf konsonan (พยัญชนะphayanchana), 15 huruf vokal (สระsara). Dan empat tanda diakritik (วรรณยุกต์  atau วรรณยุตwannayuk atau wannayut). Asal usul diciptakan huruf aksara Thailand yaitu bernama Raja Ramkhanghaeng pada tahun 1283 M sampai sekarang.

5. Myanmar

Sama seperti Thailand, huruf aksara Myanmar (dulu: Burma) bernama Abugida. Sejak tahun 1058 M sudah mulai digunakan aksara Burma hingga sekarang ini, huruf ini ditulis dari kiri ke kanan. Myanmar merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara.

6. India/Hindi

Aksara Devanāgarī atau aksara Dewanagari (dari bahasa Sanskerta: "kota dewa") sebuah jenis aksara yang berasal India bagian utara. Aksara ini muncul dari Aksara Brahmi dan mulai dipergunakan pada abad ke-11, periode aksara ini dikenalkan sejak 1200 M hingga sekarang. Untuk arah penulisannya dari arah Kiri ke Kanan.

7. Sri Lanka

Meskipun terletak dekat dengan India, Srilanka yang termasuk kedalam negara kepulauan ini, memiliki jenis aksara berbeda dengan India. Nama aksara Srilanka yang digunakan adalah aksara Sinhala. Aksara ini masih berkaitan erat dengan aksara Kadamba dari India Selatan. Sistem penulisan aksara ini ditulis dari kiri ke kanan. Diduga aksara ini dibawa dari India bagian Selatan sekitar abad ke-3 SM.

8. Armenia

aybuben: այբուբեն (pelafalan Armenia). Mengetahui asal usulnya, huruf Armenia pertama kali ditemukan sejak tahun 405 dan 406 M (Masehi), alfabet ini diciptakan oleh Santos Mesrop Mashtots. Ia merupakan dahulunya Raja Armenia pada masanya.

9. Korea

Anneyeong Haseo banyak yang mengucapkan terutama demam K-Pop pastinya bagi mereka bahasa dan alfabet Korea hampir semuanya dikuasai. Itupun kalau mereka fanatik dengan dunia Korea. Berbagi informasi sedikit, sistem penuisan huruf Korea asli disebut Hangul, huruf ini dikenalkan oleh Raja Sejong abad ke-15. Dikenal sebagai Hunmin Jeongeum.

10. Russia

Aksara Kirilik atau Azbuka merupakan sejenis aksara yang digunakan untuk menulis enam bahasa Slavia asli (Belarus, Bulgaria, Russia, Makedonia, Serbia dan Ukraina). Dan tentunya banyak  bahasa-bahasa lainnya digunakan di Kaukasus, Asia Tengah, Eropa Timur, dan Asia Utara. Aksara Silirk dinamakan menurut nama Santo Sirilus dan Metodius dalam Misionaris dari Thessalonika, Bizantium, mereka ketika itu menyebarkan agama Kristen di antara Bangsa Slavia di abad ke-9.

12. Hebrew/Israel

Abjad Ibrani atau Alfabet Ibrani adalah sebuah abjad yang digunakan untuk menulis bahasa Ibrani. Dalam bahasa Ibrani disebut alef-bet-ivri (bahasa Ibrani: אָלֶף־בֵּית עִבְרִי). Seluruhnya ada 22 huruf, tidak ada huruf besar atau kecil, tetapi ada 5 huruf yang memiliki bentuk khusus sofit (bahasa Ibrani: סופית, artinya "akhiran" or "penutup"). bila digunakan di akhir suatu kata. Huruf-huruf Ibrani ditulis dan dibaca dari kanan ke kiri.

13. Vietnam

Dalam huruf alfabet Vietnam memiliki 29 huruf dalam urutan sebagai berikut:

A Ă Â B C D Đ E Ê G H I K L M N O Ô Ơ P Q R S T U Ư V X Y
a ă â b c d đ e ê g h i k l m n o ô ơ p q r s t u ư v x y

Bahasa Vietnam juga menggunakan 10 dwihuruf dan satu trihuruf sebagai berikut:

CH GH GI KH NG NGH NH PH QU TH TR

Meskipun kiranya alfabet Vietnam itu dibacanya sama dengan alfabet Indonesia namun bisa diperhatikan alfabet Vietnam memiliki huruf latin yang mengandung arti dan tanda baca berbeda dengan alfabet Indonesia.

14. Yunani

Ελληνικό αλφάβητοElli̱nikó alfávi̱to merupakan sebuah alfabet yang terdiri dari 24 huruf yang telah digunakan untuk menuliskan bahasa Yunani sejak akhir abjad ke 9 SM atau awal abad ke 8 SM. Ini merupakan alfabet tertua di dunia yang sampai sekarang masih digunakan.

15. Khmer/Kamboja

Alfabet Khmer diturunkan dari tulisan Brahmi dari India Kuno melalui tulisan Pallawa, yang digunakan di India Selatan dan Asia Tenggara selama abad 5 dan 6. Inkripsi tertua dalam bahasa Khmer, ditemukan di Angkor Borei di Provinsi Takev sebelah Selatan Phnom Penh bertahun 611 M. Alfabet khmer secara dekat mirip dengan alfabet Thai dan Lao, yang keduanya dikembangkan menjadi alfabet Khmer.

Bahasa mana yang sudah kamu kuasai? pasti umumnya orang sudah banyak mengetahui huruf-huruf Arab, Jepang, Korea dan Mandarin. Mungkin setidaknya harus belajar bahasa lainnya asal bisa kan itu bagus.

0 Response to "Beberapa Huruf Di Dunia Yang Tidak Semua Orang Bisa Membacanya"

Post a Comment