Arti dan Fungsi Perforasi Pada Perangko?

Arti dan Fungsi Perforasi Pada Perangko?

Muhammad Iqbal Basri - Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan informasi penting bagi kalian yang belum mengetahui apa arti dan fungsi perforasi pada perangko?

Banyak yang bertanya kenapa perangko sisinya bergerigi, itu namanya perforasi. Ada maksud dan tujuan perangko dibuat seperti itu, berikut ini defisini lengkapnya.

Definisi dan Fungsi Perforasi pada perangko


Dalam definisi/arti kata Perforasi di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pembuatan lubang pada kertas, kartu dan sebagainya. Pelubangan itu bisa di media kertas, karton, dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui perforasi adalah lubang kertas terutama ada dalam perangko dan materai. Banyak yang tidak begitu tahu untuk apa fungsinya dibuat?


Dalam pembuatan untuk benda-benda pos seperti perangko dan materai memberikan perforasi adalah tujuan yang sangat penting, guna agar lebih mudah menyobek perangko/materai. Sehingga tidak perlu menggunting atau memotongnya dengan gunting atau cutter.

Gunanya memberikan perforasi adalah agar lebih cepat dan praktis, dan juga tidak merusak fisik perangko dan materai untuk digunakan.

Kesimpulan

Perforasi adalah lubang-lubang kertas yang ada dalam kertas, biasanya ada di perangko dan materai. Fungsinya perforasi adalah dirancang guna untuk menyobek perangko/materai dengan mudah dan praktis.

Demikian penjelasan singkat mengenai arti dan fungsi perforasi pada perangko? Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan untuk semuanya.

2 Responses to "Arti dan Fungsi Perforasi Pada Perangko?"

  1. Dulu waktu masih SMP, saya koleksi perangko. Sekarang udah gak tahu, kemana itu perangko-perangkonya. Jaman sekarang kayaknya sudah gak ada yang kenal perangko lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget udah lama koleksi tapi udah ilang, sekarang anak muda sekarang juga ga bakalan ada yg mau koleksi perangko

      Delete