Tips Sederhana Cara Mendapatkan Sahabat Pena Dari Luar Negeri

Tips Sederhana Cara Mendapatkan Sahabat Pena Dari Luar Negeri

Muhammad Iqbal Basri - Memiliki sahabat pena baik itu dari antar kota, provinsi hingga antar negara merupakan menjalin suatu persahabatan yang dimana persahabatan tersebut terhubung dengan melalui surat menyurat atau korespondensi dan ada perlu beberapa point persahabatan penting yang perlu kalian ketahui.

Apalagi jika kalian ingin mendapatkan sahabat pena dari luar negeri itu sebenarnya susah gampang, asalkan ada kemauan pasti ada jalan.


Oleh karena itu, aku akan memberikan tips sederhana cara mendapatkan sahabat pena dari luar negeri. Ini berdasarkan dari beberapa pengalaman yang saya pernah alami. Kalian pasti mau kan memiliki sahabat dari luar negeri?

Jangan bangga terlebih dulu cuman punya sahabat dari dunia maya, kembangkan persahabatan kalian hingga serius secara nyata, dalam menjalin suatu hubungan persahabatan baik itu dari mana pun kalian kenal.

Langsung saja inilah tips dari saya tak perlu banyak basa-basi, disimak baik-baik:

1. Memiliki Jejaring Sosial Media

Memiliki beberapa sosial media yang kalian miliki itu sangatlah penting, yang di mana kalian dengan mudah mendapatkan sahabat dari penjuru belahan dunia, baik itu dari facebook, instagram atau twitter. Lakukanlah apa tujuanmu memiliki sosial media tersebut dan carilah sahabat yang kalian inginkan, saran saya jangan terlalu selektif memilih teman.


2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Dalam point ini kalian juga harus memiliki tujuan yang jelas untuk kedepannya, jika ingin memiliki sahabat pena, tentunya sudah harus memiliki tujuan yang jelas. Seperti menjalin persahabat, mencari teman komunitas, teman sehobi, mencari pacar atau bahkan mencari jodoh. Bisa saja itu semua merupakan tujuan kalian masing-masing.

3. Sopan dan Memiliki Etika yang Baik

Dalam menjalin persahabatan, tentunya juga harus menjaga kesopanan dan etika yang baik. Sehingga sahabatmu akan merasa nyaman dan menilai dalam diri mereka masing-masing, karakter dan sifat kalian baik atau buruknya mereka yang akan mengetahui dan menilainya.

4. Menunjukkan Ciri khas Kepribadian Masing-Masing

Menunjukkan ciri khas juga merupakan point penting juga, contohnya dalam sebuah persahabat yang sudah semakin akrab. Pastinya dalam diri seseorang masing-masing akan menonjolkan jati diri dan ciri khas  yang sebenarnya. Bisa jadi itu menjadi sesuatu hal yang menarik untuk sahabat kalian.

5. Setia Kawan

Kalau masalah ini, kalian sudah pasti sangat paham, setia kawan adalah hal penting untuk menjalin persahabatan. Terutama untuk sahabat pena kalian, kalian harus jaga point ini, jangan pernah sekali-kali membuat sahabatmu kecewa.

6. Memberikan Sesuatu yang Disukai

Setiap persahabatan tentunya juga kalian harus mengetahui kesukaan dan hal favorit apa yang disukai untuk sahabat kalian. Mungkin kamu berikan sesuatu hal yang menarik seperti merchandise yang unik-unik mungkin bisa untuk direkomendasikan atau kalian punya rekomendasi sendiri juga boleh.

7. Menguasai Bahasa Asing

Ini juga sangat penting untuk sahabat pena kalian saat ingin berkomunikasi, misalkan sahabat kalian dari Jepang dan kalian fasih dalam berbahasa Jepang. Umumnya yang terpenting bahasa dasar yang perlu kalian kuasai adalah bahasa Inggris. Ditambah lagi jika kalian mampu menguasai dalam berbagai bahasa asing, tentunya itu sangat bagus.

8. Rajin dan Disiplin

Sering-seringlah berkomunikasi dan mengirimkan surat dengan sahabat pena kalian, jangan pernah merasakan malas ketika sedang menulis surat, jadikan sebagai hiburan untuk kalian, sehingga mereka akan semakin dekat dan akrab dengan kalian. Jangan hanya sekali dalam berkomunikasi meskipun dinilai sangat lama jika kalian ingin berkomunikasi melalui surat menyurat. Justru hal tersebut diluar negeri sana sangat menyukainya. Baik berupa snail mail, penpaling, postcrossing dan sebagainya.

9. Sabar dan Jangan Menyerah

Jika kalian serius dan sungguh-sungguh, semuanya yang dijalaninya akan penuh kesabaran dalam menunggu surat kiriman dari teman kalian. Sebab kamu harus bisa mengetahui dalam estimasi pengiriman dalam tiap negara masing-masing memiliki waktu estimasi lamanya pengiriman dan kalian juga jangan menyerah jika misalkan suratnya tidak dibalas mungkin sahabat kalian lagi sibuk, yang penting kalian bisa kirim surat lagi ke sahabat pena yang lain. Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan point ini.

10. LTR (Long Term Relationship)

Yang terakhir adalah LTR (Long Term Relationship) kalian paham maksudnya apa? Saling menjaga persahabatan dalam waktu yang sangat lama dan tidak terbatas, ini adalah point sangat penting dalam menjalin persahabatan, hingga ajal memisahkan persahabatan. Apakah kalian mampu seperti itu?

Itulah beberapa tips sederhana dari saya yang dapat aku sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu. Jika ada hal kekurangan yang dapat ingin disampaikan, jangan sungkan untuk malu bertanya, saya sangat senang jika ada yang mau bertanya dengan saya. Sekian penjelasan dari saya kurang lebih mohon maaf.

1 Response to "Tips Sederhana Cara Mendapatkan Sahabat Pena Dari Luar Negeri"

  1. Kadang muncul keinginan pada diri saya untuk mengirim surat kepada tema yang berada di luar negeri. Tapi rasanya aneh, karena sudah terbiasa pakai sosmed.

    Bagaimana memulai komunikasi dengan surat pada zaman dengan teknologi komunikasi yang sudah canggih seperti sekarang ini?

    ReplyDelete