Pilihan Makanan dan Minuman Yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan


Muhammad Iqbal Basri - Memasuki musim penghujan, hampir sepanjang waktu pastinya hujan selalu tiba. Di antaranya mulai mempersiapkan seperti persediaan makanan dan minuman untuk persiapan di musim hujan ini.

Di musim hujan udara yang dirasakan pastinya terasa sangat dingin, yang tentunya setiap orang mengundang selera nafsu makan Anda. Sudahkah Anda mempersiapkan persediaan makanan dan minuman untuk di musim hujan? Oleh karena itu, aku akan berikan beberapa pilihan yang dapat mengundang selera nafsu makan Anda dan di antaranya:

A. Makanan:

1. Bakso


Makanan favorit orang Indonesia ini juga merupakan salah satu makanan yang enak dikonsumsi saat hujan turun, bakso yang kenyal dan kuah hangat ditambah dengan pedasnya sambal yang menambah kehangatan semangkuk bakso untuk harimu yang dingin. Untuk pilihan menurut selera Anda masing-masing diantaranya ada:
  • Bakso Urat
  • Bakso Ikan
  • Bakso Malang
  • Bakso Beranak
  • Bakso Gepeng
  • Serta bakso lain pilihan Anda


2. Soto

Menikmati soto di waktu cuaca dingin dapat menambah tingkat kenikmatan Anda, kuah yang hangat dan dipadukan dengan rasa kuahnya yang begitu gurih, serta ditambah potongan daging dan irisan daging tentunya akan semakin lebih nikmat jika disajikan di musim hujan, tersedia berbagai pilihan soto menurut sesuka hati Anda:
  • Soto Mie
  • Soto Ayam
  • Soto Babat
  • Soto Daging
  • Soto Banjar
  • Serta soto lain pilihan Anda

3. Mie Ayam

Mie ayam termasuk makanan yang paling banyak dijumpai di mana pun berada, tentunya sangat enak ditambah mie kenyal serta daging ayam gilingnya dan berikan sawi serta taburan irisan daun bawangnya wah...tentunya akan semakin menambah selera makan Anda di waktu musim hujan tiba, di setiap jajanan pastinya menawarkan berbagai pilihan jenis mie ayam diantaranya adalah ada:
  • Mie Ayam Bakso
  • Mie Ayam Ceker
  • Mie Ayam Jamur
  • Mie Ayam Telur Puyuh
  • Serta mie ayam lain pilihan Anda

4. Seblak

Seblak merupakan makanan khas dari Bandung, Jawa Barat ini merupakan paling dipopulerkan sepanjang waktu, tentunya banyak digemari oleh kalangan mudanya karena dibuat dari kerupuk basah yang telah dimasak dengan diberikan bumbu yang gurih dan saus pedas, sebab makanan ini juga merupakan makanan yang paling mudah dijumpai di setiap jajanan dan tentunya juga murah serta sangat cocok dimakan saat waktu musim hujan tiba.

5. Bubur Ayam

Bubu ayam juga merupakan saran yang terbaik untuk menu pilihan makanan Anda saat musim hujan, ditambah ayam serta diberikan taburan seledri, kacang serta bumbu khas yang diberikan akan menjadi cita rasa tersendiri dan bisa juga menu pengganti selain nasi saat Anda lapar.

6. Mie Instan Rebus

Mie instan rebus yang pasti menu andalan yang paling favorit dimakan saat musim hujan, apalagi ini merupakan favorit anak anak kosan sudah pasti menyediakan makanan yang satu ini, tentunya murah, mengeyangkan dan hemat pula.

7. Jagung Rebus atau Jagung Bakar

Makanan yang satu ini tentunya murah meriah dan enak rasanya, jagung biasanya bisa diolah dengan cara dibakar atau direbus, paling nikmat jika dinikmati saat turun hujan.

8. Kacang Rebus

Selain itu juga, kacang rebus juga merupakan makanan yang paling cocok dimakan saat musim hujan, apalagi bisa dijadikan cemilan santai atau di saat Anda sedang bosan.

9. Pisang Goreng

Pisang goreng juga merupakan salah satu makanan yang enak dimakan saat musim hujan, pisang goreng yang manis dan hangat ditambah dengan kopi ataupun teh hangat pasti akan menyegarkan harimu yang sedang dingin karena hujan turun.

10. Ramen

Makanan khas dari Jepang ini merupakan jenis makanan yang cocok untuk menjadi pilihan saat musim hujan, perpaduan antara mie kenyal serta kuahnya yang gurih akan menambah nafsu makan Anda serta dapat menghangatkan tubuh Anda.

11. Sop

Sop merupakan salah satu jenis makanan rumahan yang nikmat disajikan saat musim hujan datang, tentunya ada banyak pilihan jenis sop yang ada di Indonesia, seperti sop ayam, sop buntut, sop sayur dan sebagainya. Makanan ini juga sangat berguna tentunya memberikan banyak kesehatan dan dapat menghangatkan tubuh saat dingin ketika turun hujan.

12. Pempek Palembang

Makanan khas dari Palembang yang satu ini juga cocok Anda nikmati saat turun hujan, antara kuah serta isi dari pempeknya ada telur dan kapal selam akan membuat lidah Anda bergoyang.


B. Minuman:

1. Kopi

Semua orang pasti suka kopi, siapa yang tidak suka dengan kopi? Minuman yang dapat menambah energi ini juga sangat pas banget dikonsumsi saat musim hujan.
  • Kopi Susu
  • Kopi Tubruk
  • Kopi Luwak
  • Kopi Hitam
  • Kopi Putih
  • Cappucino
  • Mocacino
  • Serta kopi lain pilihan Anda

2. Teh

Selanjutnya teh, semua orang tidak asing lagi mendengar minuman yang satu ini, tentunya minuman ini banyak memberikan manfaat untuk kesehatan serta dapat menghangatkan tubuh di saat turun hujan, teh juga sekarang ini banyak memiliki berbagai varian seperti:
  • Teh Hijau
  • Teh Celup
  • Teh Godog
  • Teh Racik
  • Serta teh lain pilihan Anda

3. Bandrek

Seperti bajigur, bandrek juga banyak diminum karena dapat menghangatkan tubuh dengan komposisi utama bandrek ini adalah jahe, gula merah serta kayu manis. Selain dapat menghangatkan badan, bandrek dipercaya dapat menambah stamina terutam waktu musim hujan tiba.

4. Susu Hangat

Saat turun hujan, susu hangat juga bisa membantu menghangatkan tubuh Anda yang dingin. Selain bisa menghangatkan tubuh, susu juga banyaj mengandung zat-zat yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Sekoteng

Minuman hangat memang juara saat musim hujan,  sekoteng mirip dengan wedang ronde, terutama karena jahe menjadi komposisi utamanya. Bedanya terletak pada isian, sekoteng berisi kacang hijau, potongan roti, kacang tanah yang disangrai serta mutiara cina.

6. Wedang Jahe

Wadang jahe merupakan semacam jenis minuman yang sudah terkenal dan dapat dipercayai untuk menghangatkan tubuh, minuman yang berbahan dasar jahe dan tentunya sangat mudah dibuat sendiri di rumah.

7. Bajigur

Minuman khas dari Jawa Barat ini juga merupakan pilihan yang terbaik untuk saat musim hujan, tentunya dapat memberikan sensasi yang sangat hangat serta manis gula jawanya.

8. Kembang Tahu

Jajanan yang berupa sari pati tahu yang diguyur kuah jahe dan gula aren ini bisa menjadi pilihan menu andalan untuk menemani hari Anda yang dingin.

9. Bir Pletok

Minuman ini meskipun juga sedikit jarang orang menyukainya, ternyata minuman ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh loh! Minuman khas Betawi yang terbuat dari jahe ini bisa membantu Anda untuk menghangatkan tubuh.

10. Coklat Panas

Coklat panas ini merupakan juga sangat bagus untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan, selain dapat menghangatkan tubuh. Coklat hangat dapat mengembalikan mood baik Anda.

Kalau dilihat-lihat seperti menu rumah makan yang ada dipinggir jalan ya hehe. Bagaimana menurut Anda, apakah Anda sudah mempersiapkan persediaan makanan dan minuman untuk di musim hujan ini? Perlu Anda ketahui. Tapi kamu jangan sampai mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin ya, takutnya malah menimbulkan penyakit alergi atau penyakit lain misalnya flu. Dan perlu diingat lagi selanjutnya, selalu tetap menjaga kebersihan lingkungan Anda ya. Supaya tidak ada lagi yang namanya banjir di wilayah Anda.

8 Responses to "Pilihan Makanan dan Minuman Yang Cocok Dikonsumsi Saat Musim Hujan"

  1. jelas bang, bakso paling diminati pelanggan saat cuaca sedang dingin karena musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso emang paling pas kalo dimakan saat musim hujan

      Delete
  2. kalau dideket rumah sukanya makan mie ayam jamur + es teh + rambak woyo-woyo :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan tuh rambak wayo-wayo baru pernah denger tuh istilahnya?

      Delete
  3. Mie ayam, ramen dan para sahabat mie yang lainnya..ga bisa di tolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya pecinta mie banget nih, hampir segala jenis mie pasti suka ya?

      Delete
  4. Yang paling enak dimakan waktu hujan: bakso dan teh manis panas. Sayang gambarnya burger, jadi pas baca artikelnya nggak lapar-lapar amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja pakai burger takutnya pembacanya jadi lapar lagi bacanya hehehe...tapi burger juga enak kok kalo lagi lapar mah semuanya diembat

      Delete