Pengalaman Berawal Menjadi Filatelis

Pengalaman Berawal Menjadi Filatelis
Philatelist is Fun

Apakah kalian tahu apa itu Filateli?


Muhammad Iqbal Basri - Akan aku jelaskan itu, Filateli adalah aktivis atau hobi yang suka mengumpulkan perangko atau benda pos lainnya. Tapi sangat disayangkan, orang-orang sekarang ini jarang mengoleksi perangko atau benda pos lainnya yang sudah di anggap kuno itulah pendapat remaja.

Mari mengetahui lebih dalam tentang dunia filateli yang katanya beranggapan kegiatan ini sudah kuno dan ketinggalan bagi pendapat anak generasi milenial sekarang ini. Dilihat dulu manfaat besarnya, mereka mungkin tidak tahu kalau memilih kegiatan ini sebagai bagian dari hobi ternyata bisa menghasilkan manfaat yang sangat besar yang mungkin belum mereka bayangkan sebelumnya.


Manfaat dan keuntungan penghobi Filateli


Di tengah kemajuan teknologi banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan, selain menambah wawasan dan pengetahuan mengumpulkan perangko atau benda pos lainnya juga menjadi investasi masa mendatang. 



Wah!! Tentunya banyak keuntungan yang di dapat,di zaman yang modern ini masih ada beberapa orang yang tertarik mengumpulkan perangko dan bahkan menjadi penghobi yang disebut Filatelis.

Bagi Filatelis yang mempunyai uang, mereka bersedia membeli sebuah perangko kuno atau benda pos lainnya dengan harga mencapai puluhan juta rupiah dan bahkan hingga mencapai milyaran rupiah.


Mengumpulkan perangko saat ini sebenarnya justru sangat menguntungkan, pertimbangannya saat ini. Semakin sedikit orang memanfaatkan jasa pos untuk mengirimkan surat dengan perangko. Jadi, suatu saat nanti sangat mungkin perangko akan menjadi barang langka barang yang sulit di dapat. Terutama perangko yang di lengkapi dengan cap dari kantor pos.

Pengalamanku sebagai Filateli


Kali ini saya juga mengalami hal yang serupa mengoleksi perangko atau filatelis, awal mulanya saya hanya sekedar mencoba-coba akhirnya sedikit demi sedikit koleksiku semakin bertambah banyak. Hal itu saya alami kurang lebih saat saya duduk di bangku kelas satu Tsanawiyah atau SMP sekiranya pada tanggal 23 Februari 2008 dari sebuah mata pelajaran Bahasa Indonesia yang di mana membahas tentang Filateli.



Menurut saya hobi mengoleksi perangko menjadikan saya sebagai pertemanan yang dimana mengisi kegiatan luang saya, selama menjadi seorang filatelis aku semakin sering mengunjungi kantor pos cuman untuk mencari benda-benda pos yang unik hingga saya suka memilih perangko yang saya suka,dan bahkan saya pernah dapat petugas yang sangat jutek dan sinis yang membuat saya tak betah datang ke situ lagi. Dulunya saya tak pernah berkunjung ke kantor pos loh..kepikiran pun saja saya tak pernah.

Gedung Filateli Jakarta

Jika kalian ingin berkunjung dan ingin mengetahui lebih informasi mendalam mengenai perangko dan benda-benda pos, sejarah, asal muasal tentang perangko dan sebagainya bisa datang langsung ke Kantor Pusat di Jakarta dengan alamat di bawah ini.

Kantor Pos Kantor Filateli Jakarta
Jl. Pos No. 2, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Kesan dan Pesan selama menjadi Filatelis


Senang banget tentunya menjadi seorang filatelis adalah suatu hobi baru yang dapatkam, perubahan yang saya terima saat itu mulai sering berkunjung ke kantor pos, setelah itu.

Belum begitu puas dengan jumlah yang aku punya, dengan berbagai cara yang telah ku lakukan: mencari sahabat pena yang dimana saya bergabung dengan komunitas orang-orang yang suka koresponden atau surat menyurat, nah.. ini yang paling saya rasakan antara malu dan senang sampai harus minta lewat surat ke KEDUBES Indonesia di luar negeri.


Cukup banyak juga sih saya kirimkan ke mereka, dari berbagai KEDUBES di luar negeri setelah itu beberapa minggu kemudian dari KEDUBES Thailand membalas suratku yang berisikan pesan langsung dan ditulis oleh Direktorat Jendral, dia sangat bangga menerima suratku dan atas usaha yang saya lakukan dan dia juga memberikanku beberapa perangko tentunya masih sangat baru dalam tiap seri.

Surat dari KBRI Luar Negeri

Kemudian setelah itu menyusul dari KEDUBES Australia, Brunei Darussalam,Yaman, dan Malaysia, kemudian usaha yang saya lakukan lagi yaitu barter ke teman yunior biasanya kami tukar yang double atau yang cadangan saya jadikan untuk di tukar, lalu pernah juga hibah dari kaka senior juga, dan masih banyak lagi tentunya.

Sayangnya, sejak saya lulus dari SMA saya mulai renggang mencari perangko karena di satu sisi saya sudah punya kegiatan baru saya yaitu setelah lulus saya langsung masuk dunia kerja.


Walaupun tak segiat dulu, tapi saya sekarang masih tetap suka dan terkadang masih mencari yang saya inginkan. Jadi inilah koleksiku walaupun tak seberapa banyak di bandingkan oleh para kolektor lainnya, yang terpenting kegigihan, kerja keras dan usaha yang saya lakukan selama itu.

Antara ribet dan hampir putus asa karena sangat sulit didapat, walaupun juga saya tak pernah ikut kontes bergengsi maupun ajang nasional & internasional sebenarnya juga sangat di sayangkan dengan koleksiku ini tak pernah dipamerkan dalam pameran. Hanya tergabung saja dalam forum aktivis filateli di group sosial media yang saya miliki saat itu.

Oiya..intip nih, koleksi perangko aku tak begitu banyak kok tapi unik dan menarik dilihat http://pin.it/egKOvGS, kalau mau lihat lebih banyak lagi kamu bisa datang ke rumahku. Nanti aku kasih lihat semua koleksiku punya, sekian dulu ya. Terima kasih sudah membagikan waktu kalian untuk membaca dan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

6 Responses to "Pengalaman Berawal Menjadi Filatelis"

  1. entah mengapa membaca artikel ini saya rindu masa masa dulu dimana orang mengirim sesuatu menggunkan perangko,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang masih berkirim surat dengan perangko lagi gak mas?

      Delete
  2. wah mantep juga ya hobi mengumpulkan perangko unik bener , thanks nambah" ilmu jadi filatelis itu adalah orang yang suka mengkoleksi perangko.

    ReplyDelete
  3. baru tau mas tentang Manfaat dan keuntungan penghobi filateli terima kasih mas infonya? Thanks

    ReplyDelete
  4. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete