Jangan Sampai Keliru Perbedaan Waterproof Dengan Water Resistant

Muhammad Iqbal Basri - Banyak dijumpai barang elektronik sekarang ini kerap dihadapkan dengan istilah pelabelan yang kita perhatikan terlihat sama, waterproof dengan water resistant. Secara serampangan keduanya diterjemahkan dalam pengertian yang sama 'tahan air' atau 'anti air'.

Mari kita bahas secara seksama agar semuanya tidak keliru perbedaan kedua istilah tersebut, sebenarnya sudah banyak yang membahas topik ini. Pada pembahasan kali ini aku akan memberikan istilah ini secara ringkas saja yang penting informasinya memberikan perincian secara mendalam.


Namun, masih saja yang banyak keliru tentang hal ini. Awalnya istilah ini diperkenalkan dalam Bahasa Inggris, yang diberikan oleh Oxford English Dictionary.

Waterproof (Tahan air) impervious to water (tahan terhadap air).

Water-resistant (Kedap air) able to resist of water to some degree but not entirely (mampu menahan penetrasi air untuk beberapa derajat, tetapi tidak sepenuhnya).

Aku akan jelaskan kedua istilah ini lebih mendetail, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Waterproof


Waterproof merupakan tingkat ketahanan terhadap air yang diukur dengan satuan Ingress Protection (IP). IP memiliki dua digit, digit pertama yang menjelaskan ketahanan terhadap jenis benda solis, misalnya yang sering ditemukan adalah debu yang berkode digit 6, artinya produk tersebut tidak dapat paparan oleh debu, rating digit kedua mengindikasikan katahanan produk terhadap benda cair, misalnya untuk digit 7, produk ini artinya dapat terendam air sampai kedalaman 1 meter, jati umpamanya ada produk berlabel IP 67 itu artinya produk dapat menahan debu dan air sampai kedalaman 1 meter.

Table explain IP Codes


Water Resistant


Ini adalah tingkat terendah dari kemampuan/kualitas perlindungan air. Jika perangkat diberi label 'water resistant' (kedap air) artinya perangkat itu sudah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat sulit untuk kemasukan air, 'water resistant' suatu kualitas yang biasanya ada pada produk jam tangan. Label itu artinya produsen menjamin bahwa produk jam tersebut mampu menahan rembasan air, sebagai dampak saat mencuci tangan, atau hanya hujan ringan.

Kesimpulan


Jadi intinya waterproof itu jika ada yang memiliki label ini kemungkinan bisa dibawa rendam air, misalnya mau dibawa berenang atau mandi heheh...kemudian water resistant itu beda lagi ceritanya ini hanya anti cipratan air saja, jadi perlu diperhatikan jangan sekali kali misalkan membawa handphone kesayanganmu dibawa berendam ke kolam renang atau dibawa mandi sekalipun.

Meskipun sudah banyak diberikan label yang dipercayai mampu menahan paparan air dan juga debu, namun itu semua kita juga harus menjaga perangkat kesayangan Anda agar terhindar dari hal kerusakan terhadap perangkat lainnya, dan perlu dipahami bahwa kondisi pelabelan tersebut tidak sepenuhnya menjamin keamanan perangkat terhadap paparan air.

4 Responses to "Jangan Sampai Keliru Perbedaan Waterproof Dengan Water Resistant"

  1. Kirain sama aja hehehe. Trims mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas beda atuh, iya Sama Sama mas semoga bermanfaat artikel ini

      Delete
  2. Gue baru tahu ternyata beda ya. Tapi selama ini saya nggak pernah berani nyemplungin hape ke kolam sih. Apalagi ke pinggir pantai. Walau sama-sama air, kalau air garam sudah pasti bikin barang yang waterproof sekalipun rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu meskipun banyak yg mempercayai banyak hp yg berlabel IP 67 yg katanya bilang tahan anti air, biar gimana pun juga saya ga akan mau Coba Coba gitu takutnya lagi sial Aja hp kesayangan malah jadi korban lagi -_-

      Delete