Baru Tahu Ternyata Bunga Turi Enak Juga Dimakan

Baru Tahu Ternyata Bunga Turi Enak Juga Dimakan

Muhammad Iqbal Basri - Bunga ini banyak dijumpai di seluruh Indonesia, fungsi bunga ini banyak digunakan sebagai tanaman pagar pembatas di ladang atau sawah. Namun ada juga dijadikan sebagai tanaman taman karena pohon ini sangat tinggi sekitar 12 meter.

Masyarakat jawa banyak menggunakan ini sebagai sayuran, olahan bunga turi ini biasanya berupa oseng tumis bunga turi, bisa juga dijadikan sebagai pecel atau juga dijadikan sebagai keripik bunga turi banyak memiliki kandungan nutrisi dan kandungan gizi.

Deskripsi Bunga Turi dan Ciri - ciri Morfologi


Ciri-ciri pohon turi ini adalah memiliki tinggi sekitar 12 meter, memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora berdaun majemuk, buahnya seperti buncis, dan bentuk bunganya ketika kuncup berbentuk seperti sabit, bila mekar bunganya berbentuk kupu-kupu. Ada 2 varietas bunganya, ada yang warna putih dan merah.


Masyarakat di Indonesia banyak menyebutkan jenis bunga ini:
Jawa: Turi, toroy
Sumatera: Turi
Sulawesi: tuli, turi, turing, ulingalo; suri, gongo gua, kaju jawa
Nusa Tenggara: tuwi, palawu, kalala; gala-gala, tanumu, ghunga, ngganggala

Manfaat dan Khasiat Bunga Turi

Selain itu, bunga turi banyak memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Bunganya mengandung Kalsium, zat besi, zat gula, Vitamin A dan B. Maka dari itu banyak masyarakat mengolah bunga ini dijadikan masakan yang enak.

Baru Tahu Ternyata Bunga Turi Bisa Enak Juga Dimakan

Kali ini, aku perkenalkan Sayur Tumis Bunga Turi, cara membuatnya sama seperti membuat tumis kangkung. Perlu diperhatikan sebelum dimasak bunga turinya kamu harus bersihkan terlebih dahulu bagian bakal buahnya. Sebab itu pahit kalau sampai dimasak tidak akan enak dimakan, jadi yang dimasaknya hanya bagian kelopak bunganya saja. Mungkin masyarakat jawa, dan masyarakat lain di seluruh Indonesia sudah banyak mengetahui bunga ini dan manfaatnya.

0 Response to "Baru Tahu Ternyata Bunga Turi Enak Juga Dimakan"

Post a Comment