Jaga Kesehatan Itu Simple Cukup Lakukan Kebiasaan Ini

Jaga Kesehatan Itu Simple Cukup Lakukan Kebiasaan Ini

Muhammad Iqbal Basri - Hidup sehat itu enak, terhindar dari segala penyakit. Karena sehat itu mahal maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan. Sebenarnya menjaga kesehatan itu cukup sederhana, setiap orang ahli dalam menjaga kesehatannya masing-masing.

Urusan kalau sudah sakit bisa repot, belom lagi biaya lain seperti biaya ke dokter, biaya obatnya, dan biaya-biaya lainnya. Terlebih lagi sekarang ini ada proses pembayaran dengan metode BPJS, namun untuk rujukan menggunakan biaya BPJS tersebut sangatlah repot butuh beberapa proses.

1. Olahraga Rutin


Bangun pagi usahakan lakukan olahraga rutin, mulai dari stretching, jogging atau lari pagi. Dan Anda bisa lakukan olahraga lain yang menurut Anda sukai, selama kegiatan tersebut dilakukan secara rutin. Olahraga adalah kegiatan pokok paling penting untuk mendukung kesehatan. Dari berolahraga dapat mengeluarkan keringat dan itu adalah racun dalam tubuh yang harus dikeluarkan.

2. 4 Sehat 5 Sempurna


Mengonsumsi makanan dan minuman 4 sehat 5 sempurna, juga merupakan point penting untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi semua komponen tersebut agar terhindar dari segala macam penyakit. Gizi yang lengkap menandakan tubuh memiliki kesehatan yang cukup. Jangan lupa sarapan pagi ya, itu penting banget untuk kamu.


3. Jaga Usus Tetap Bersih


Usus yang sehat dan bersih menandakan orang tersebut sehat, banyak mengonsumsi makanan berlemak, berminyak akan sulit dicerna dalam usus makanan yang dikonsumsinya. Sangat disarankan konsumsi makanan yang berserat seperti buah dan sayur, membuang sisa kotoran dalam tubuh melalui BAB (Buang Air Besar) secara rutin.

4. Rajin Minum Jus Buah dan Sayur


Selain itu, rajin minum jus buah dan sayur merupakan kebiasaan sangat penting juga guna mendukung kesehatan tubuh, karena buah dan sayur merupakan serat yang bagus untuk kesehatan terutama untuk sistem pencernaan pada usus.

5. Minum Air Putih


Sudah banyak mempercayai minum air putih memiliki manfaat yang sangat banyak di antaranya adalah sebagai detoksifikasi, dengan minum air putih saat pagi racun-racun tersebut akan dengan mudah dikeluarkan tubuh. Tubuh memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun yang ada saat malam, sementara. Saat pagi perut dalam keadaan kosong, usahakan lakukan sebelum sikat gigi dan sarapan pagi.

6. Jangan Begadang


Sering kali tengah malam masih beraktivitas sebenarnya itu adalah tidak bagus untuk kesehatan tubuh, karena tubuh memerlukan istirahat selama 7 hingga 8 jam. Penting untuk diperhatikan menjaga kualitas dan durasi waktu tidur, biasanya orang yang sering begadang akan terlihat mudah mengantuk, dan juga terlihat dari kantung matanya menghitam seperti mata panda.

7. Kurangi Paparan Radiasi Layar Kaca


Sekarang ini semua orang tidak jauh dari pandangan layar hp, televisi atau komputer. Sebenarnya jika terlalu sering terkena radiasi tersebut itu sangat membahayakan untuk kesehatan, terutama pada mata dan otak. Dari radiasi dapat menimbulkan terjadinya penyakit Kanker.

8. Pilih Pola Makan yang Tepat


Cermat dalam memilih pola makan yang tepat, terutama di pagi sangat penting untuk sarapan pagi karena tubuh memerlukan asupan terlebih lagi tubuh banyak membutuhkan kalori dan tenaga. Sangat disarankan mengonsumsi karbohidrat untuk pagi hari agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar dan tetap fokus aktivitas yang dijalaninya.

9. Kurangi Stres



Faktor stres ternyata juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh, sering stres dapat memicu terjadinya penyakit. Cukup simple untuk mengurangi stres harus melakukan kegiatan yang sangat menyenangkan, coba untuk mencari suatu hiburan atau liburan sesuai kemauan Anda.

10. Istirahat yang cukup


Dengan tidur yang cukup, badan juga makin sehat! Tubuh kita jelas butuh istirahat setelah dan sebelum beraktivitas, jadi usahakan untuk tidur cukup. Durasi yang dianjurkan untuk istirahat sebenarnya bukan 8 jam, justru waktu tidur yang pas sebetulnya adalah 7 jam.

Sebenarnya masih banyak kebiasaan lainnya yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk menjaga pola hidup sehat. Jika tubuh sudah rusak dari segala penyakit semua itu akan banyak memakan biaya. Tentunya kita semua tidak mau seperti itu, maka dari itulah mulai dari sekarang jagalah kesehatan kamu. Jangan menunggu waktu lama, langsung segera diatasi jika merasakan sakit. Ditahan itu tidak baik lama kelamaan jadi penyakit!

0 Response to "Jaga Kesehatan Itu Simple Cukup Lakukan Kebiasaan Ini"

Post a Comment