[Unik dan Langka] Pepes Oncom Daun Cikra Cikri

[Unik dan Langka] Pepes Oncom Daun Cikra Cikri

Muhammad Iqbal Basri - Daun Cikra Cikri (Plyscias Fruticosa L. Harms) sebelum diolah, seperti inilah rupanya daun Cikra Cikri. Apakah kamu pernah menjumpai daun ini? daun ini baru dipetik dan banyak dijumpai di pekarangan rumah karena tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias.

Daun ini cukup asing dalam setiap masyarakat menyebutnya beragam, ada yang menyebutnya sebagai Daun Berlangkas, Daun Kedondong, dan bahkan Daun Kedondong Laut. Struktur anatomi daunnya mungkin hampir mirip dengan Daun Kedondong.

[Unik dan Langka] Pepes Oncom Daun Cikra Cikri
Daun cikra cikri
Ciri khas daun ini memiliki bau yang cukup menyengat, bagi masyarakat dipercaya daun ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Karena banyak khasiatnya, daun ini banyak dijadikan sebagai pecel atau urab.

Menurut keluargaku menyebutnya Daun Andong (padahal kalau dicari tahu daun Andong itu daunnya panjang ada yang berwarna hijau dan merah).


Di rumahku jika ada daun cikra cikri biasa diolah menjadi Pepes Oncom Daun Cikra Cikri, karena daun ini memiliki aroma khas sebagai pengganti Daun Kemangi.

Semua bahan dicampur antara oncom dengan daun cikra cikri sebelum dibuat pepes
Proses pembuatan Pepes Oncom Daun Cikra Cikri
Setelah semua diaduk rata, lalu bungkus dengan daun pisang agar siap dikukus

Pepes Oncom siap dikukus

Setelah dikukus, Pepes Oncom Daun Cikra Cikri siap dihidangkan

Pepes Oncom Daun Cikra Cikri siap dihidangkan
Daun Cikra Cikri selain dibuat Pepes Oncom,  bisa juga dibuat menjadi urab, pecel dan direbus sebagai lalapan juga enak.

Demikian ulasan tentang memasak pepes oncom pakai daun cikra cikri, semoga artikel ini dapat memberikan ide resep baru untuk keluarga di rumah, pepes ini juga enak dipadukan dengan tahu (tofu). Jika kamu tidak suka oncom kamu bisa menggantinya dengan tahu (tofu), selamat menikmati.

0 Response to "[Unik dan Langka] Pepes Oncom Daun Cikra Cikri"

Post a Comment