Wajib Anda Ketahui | Apa Itu Air Nabeez Serta Manfaat dan Cara Membuatnya Cukup Mudah

Wajib Anda Ketahui | Apa Itu Air Nabeez Serta Manfaat dan Cara Membuatnya Cukup Mudah


Muhammad Iqbal Basri - Assalamu 'alaikum dan Salam Sejahtera untuk kita semua, kembali lagi bersamaku di sini dan pada kesempatan kali ini aku mau memberikan informasi tentang Air Nabeez itu, serta khasiat dan cara membuatnya cukup mudah.

Di bulan puasa kali ini, aku ingin memberikan informasi kesehatan untuk Anda dan juga perlu diketahui untuk menambah wawasan

Definisi dan Khasiat Air Nabeez


Baiklah, langsung saja aku jelaskan apa itu Air Nabeez? Air nabeez adalah minuman sunnah kegemaran Rasulullah, yang merupakan jenis air rendaman kurma atau kismis/raisin. (Hadeeth From Sunan Abu Dawood ~ Book of drinks =>Narrated Ad-Daylami).

Hadits Sunan Abu Dawood

Air rendaman kurma atau kismis ini merupakan air tonik alkalin yang bermanfaat untuk:


  • Metabolisme
  • Menghapus kadar keasaman pada lambung
  • Membersihkan sisa metabolisme dari tubuh
  • Meningkatkan fungsi pencernaan
  • Menambah daya ingat
  • Memperbaiki masalah limpa, hati & bagi pasien yang memiliki masalah arthritis dan asam urat,  mengkonsumsi air nabeez ini adalah salah satu alternatif terapi untuk kesehatan penderita arthritis dan gout.

Bagaimana Cara Membuat Air Nabeez?

Cara membuat air nabeez cukup mudah hanya dengan merendam beberapa butir kurma dengan segelas air minum. Ikuti sunnah Nabi ambil bilangan ganjil 3/5/7 butir kurma. So! air rendaman inilah nabeez baru diminum setelah 10-12 jam kemudian. 

Air rendaman kurma nabeez di buat waktu sahur untuk diminum saat buka puasa. Bila untuk sahur dibuat saat berbuka puasa.

Penutup

Berdasarkan riset membuktikan jika disiplin minum air nabeez meskipun saat sahur hanya makan sedikit badan terasa lebih bertenaga, puasa pun tetap segar dan fit. Dan saat berbuka juga sama, sebelum makan makanan besar,  terlebih dulu berbuka dengan air nabeez. 

Perlu diingat bahwa air nabeez ini tidak boleh dibiarkan lebih dari 2-3 hari, karena akan menyebabkan fermentasi dan tidak boleh lagi dikonsumsi. kenapa? karena saat fermentasi sudah berlangsung maka ini awal terbentuknya alkohol artinya minuman tersebut menjadi bagian dari minuman beralkohol dan hukumnya menjadi haram. 

Jadi sebaiknya daily fresh (segar tiap hari) saja bila membuat air nabeez ini. Bikin pagi  minumnya saat berbuka puasa. Bikin sore diminumnya waktu sahur. Kurma yang direndam bisa langsung dimakan setelah airnya diminum. Kurma terasa lebih nikmat dan lembut.

Selamat mencoba, semoga informasi tadi dapat memberikan banyak manfaat untuk kita semua. Terima kasih banyak, see you the next my article blog.

3 Responses to "Wajib Anda Ketahui | Apa Itu Air Nabeez Serta Manfaat dan Cara Membuatnya Cukup Mudah"

  1. Jujur baru kali ini dengar minuman bernama Nabeez, kesukaan Rosulullah pula...
    oia... itu airnya pake air hangat atau air biasa ya om? ntar setelah mau diminum apa tidak dibutuhkan tambahan gula lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo selamat pagi :)

      Terima kasih sudah berkunjung di blog aku, menurutku sih air matang sebab nantinya air nabeez ini nantinya langsung dikonsumsi kan.

      Tidak perlu gunakan gula lagi, karena kurma atau kismis sudah banyak mengandung gula alami.

      Delete
  2. Terimakasih
    Sangat bermanfaat !

    http://t.co/OjWNZN3n1f

    ReplyDelete