Cara Bijak Belanja Barang Melalui Online

Cara Bijak Belanja Barang Melalui Online

Muhammad Iqbal Basri - Masih takut buat belanja melalui online, mungkin kamu kurang bijak dalam berbelanja. Coba kamu harus lebih cermat dan teliti jika ingin belanja melalui online.

Berikut ini tips bijak supaya kamu berani belanja lewat online, semoga tips ini dapat membantu kamu agar lebih berhati-hati lagi dalam bertransaksi secara online. Jangan menilai belanja di online shop itu menipu! Tidak seperti itu, sebab itu semua tergantung bagaimana cara kamu belanja di online shop tersebut.

Cara bijak belanja online


1. Pilih Online Shop terpercaya


Pilihlah platform Online Shop terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Jd.id, Shopee dan masih banyak lagi. Di sana kamu bisa membeli barang-barang sesuai kebutuhan kamu dan harga yang dijual bervariasi, pastinya banyak memberikan diskon cashback di setiap item yang kamu beli. Menarik kan...dan pastinya barang-barang yang dijual semuanya masih berkualitas baik dan baru, akan semakin aman dan puas untuk buyer yang belanja lewat online.

2. Jangan tergiur harga murah


Lebih bijak lagi dalam membeli suatu barang melalui online, jika kamu melihat ada barang yang dijual dengan harga yang sangat murah dan harga yang tidak sesuai dengan harga pasaran yang sebenarnya. Waspada! Bisa jadi kamu jadi korban penipuan mereka, misalnya barang yang mereka jual adalah barang palsu/KW. Bahayanya lagi barang yang sudah ditransfer tapi barang yang dipesan tidak dikirim istilah lainnya dibawa kabur. Jangan sampai terjadi seperti itu bisa merugikan pembelinya kan kasian.

3. Pilih reputasi toko yang baik


Sebelum kamu membeli barang, ada baiknya terlebih dulu kamu harus cari tahu reputasi toko tersebut, mulai dari ulasan pembeli, diskusi produk dan rating toko, karena reputasi dan penilaian toko itu berdasarkan dari penilaian pembelinya. Ini pokok penting yang harus kamu perhatikan cara bijak jika kamu ingin berbelanja melalui online.

4. Tanyakan terlebih dulu


Selanjutnya, jika kamu membeli handphone misalkan pastikan sebelum kamu membeli tanyakan terlebih dulu. Seperti kelengkapan, spesifikasinya, dan aksesoris pendukung lainnya itu wajib kamu tanyakan sebelum membeli handphone, begitu pun juga barang-barang lainnya, seperti makanan atau minuman periksa dan tanyakan kepada penjual jenis produk yang mereka jual dan tanyakan juga tanggal expired. Agar barang yang kamu order melalui online itu cocok dan sesuai dengan pilihan kamu.

5. Tanyakan ketersediaan stok


Dalam belanja online yang paling penting adalah menanyakan ketersediaan stok. Karena banyak pastinya toko tersebut belum update untuk jumlah stok yang mereka telah jual. Oleh karena itu, penting juga sebelum membeli suatu barang melalui online harus tanyakan ketersediaan stok supaya kamu tidak kecewa barang yang telah kamu bayar tiba-tiba barang tersebut out of stock yaitu barang yang dipesan kosong.

6. Konfirmasi Pembayaran


Biasanya di beberapa platform online shop sudah memiliki fitur yang mana jika customer sudah melakukan pembayaran. Otomatis pesanan tersebut masuk ke tahap proses selanjutnya yaitu barang segera diproses oleh penjualnya karena dari pihak tersebut sudah bekerjasama secara resmi sudah pasti dijamin aman. Namun, jika kamu ingin membeli online shop selain dari platform online shop seperti membelinya dari sosial media yang mana untuk proses metode pembayarannya sangat berbeda dan kamu harus melakukan konfirmasi pembayaran ke penjualnya dengan memberitahukan dengan cara mengirimkan bukti slip setor/pembayaran bahwa kamu telah membayar pesanan dengan sejumlah barang yang dijualnya agar penjualnya dapat melakukan proses selanjutnya (pengiriman).

7. Periksa terlebih dulu jika pesanan sudah sampai ditujuan


Setelah pesanan barang yang kamu pesan pastikan kamu harus memeriksanya terlebih dulu, sebelum kurir tersebut meninggalkan tempat pastikan harus mengecek dulu barang yang kamu pesan agar kurir tersebut juga menyaksikan apakah isi paket tersebut sesuai dengan apa yang kamu pesan. Seperti kelengkapan, dan kualitas barang tersebut. Jika sudah semua yakin dengan keputusan kamu baru kamu bisa menerima barang tersebut dan jangan lupa ucapkan terima kasih kepada kurir yang telah mengirimkan paket atau pesanan kamu dengan selamat.

Jika semua cara ini kamu lakukan dengan baik, dijamin kamu akan aman dalam berbelanja online. Sehingga kamu tidak perlu takut dan ragu lagi buat belanja lewat online. Dari pada kamu harus keluar panas-panasan lebih baik kamu duduk manis dan sambil lihat-lihat barang yang ingin kamu pesan. Ingat ya..harus cermat dalam berbelanja jangan sampai kamu jadikan kebiasaan buruk dalam berbelanja. Harus hemat uang!

1 Response to "Cara Bijak Belanja Barang Melalui Online"

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete