[Pengalaman] - Pengajuan Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan JHT 100%


Muhammad Iqbal Basri - Awalnya sempat bingung karena sebenarnya baru pertama kali menerima BPJS Ketenagakerjaan selama kerja sebelumnya tidak diberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan.

Baru-baru ini waktu kerja di PT didaftarin BPJS ketenagakerjaan walaupun dana yang mengendap selama berbulan-bulan dari gaji yang diterima. Karena sudah resign di tempat kerja sebelumnya otomatis biaya yang ditangguhkan oleh perusahaan tidak akan dibayar lagi.

Cara pengajuan Klaim BPJS Tenaga Kerja


Sebelum itu, agar bisa mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Harus mengajukannya terlebih dulu melalui  antrian online BPJS Ketenagakerjaan melalui antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.


Kali ini aku mengajukannya yang JHT 100% karena sudah resign dari perusahaan tempat kerjaku sebelumnya. Sebelum pengajuan klaim ada syarat-syarat yang harus di bawa.

Untuk bisa mengetahui persyaratan yang harus dibawa, sebelumnya harus mengajukan terlebih dulu di antrian online BPJS Ketenagakerjaan. Prosedurnya cukup mudah cara pengajuan klaimnya.

Isi semua data diri, seperti No.kartu BPJS Ketenagakerjaan, No.KTP, Nama Pengajuan, dan isi semuanya secara lengkap dan benar.

Dan setelah itu, bisa langsung memilih tanggal dan waktu untuk datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat.

Untuk prosedur memilih tanggal kehadiran itu 7 hari kerja setelah melakukan pengajuan di antrian online. Jadi perhitungannnya jika dilakukan umpanya pada hari Senin tanggal 01 dihitung setelah 7 hari kerja.

Maka untuk bisa hadir sesuai tanggal pengajuannya adalah sekitar tanggal 09 (catatan: Sabtu-Minggu tidak dihitung). Setelah sudah menentukan waktu kunjungan bisa langsung memilih jam untuk kedatangan ke kantor BPJS.

Persyaratan yang harus dibawa sebelum klaim


Setelah itu, sudah bisa mengajukan claim di waktu yang telah dipilih. Nanti akan menemukan persyaratan apa saja yang perlu dibawa. Kelengkapan dokumen persyaratan klaim JHT sebagai berikut:

1. Kartu Peserta (Asli).
2. KTP (Asli dan (satu) Lembar Foto Copy).
3. KK (Asli dan (satu) Lembar Foto Copy).
4. Keterangan Kerja/Varklaring (Asli dan (satu) Lembar Foto Copy).
5. Buku Rekening (Asli dan (satu) Lembar Foto Copy).
6. NPWP (Asli dan Foto Copy)*

Keterangan:

*Untuk Klaim JHT dengan saldo di atas Rp 50.000.000,- atau klaim JHT pengambilan 10%.

Persiapkan terlebih dulu, sebelum hadir sesuai dengan tanggal, jam kantor cabang yang telah dipilih.  Jangan sampai tertinggal dokumen yang kurang karena pastinya petugas sana akan menyuruh buat melengkapi dokumen yang harus dibawa.

Bagaimana proses klaimnya?


Pastikan hadir tepat waktu, dan jangan sampai telat. Setelah sudah disiapkan dokumen baru bisa datang ke kantor cabang yang telah dipilih.

Kalau aku waktu itu pilih di Kantor Cabang terdekat, hanya ada di Dipo Business Center Slipi untuk waktu jam 09.00 WIB.

Sebelum masuk, di depan pintu masuk kantor cabang BPJS ada petugas security meminta berkas dokumen yang telah aku bawa.

Mereka memeriksanya satu per satu dokumen, dan setelah itu mengisi data di lembaran isian. Lalu setelah itu, dokumen sudah lengkap semuanya baru bisa diberikan nomor antrian lagi untuk saat dipanggil.

Tidak lama setelah menunggu, akhirnya nomor antrianku selanjutnya dipanggil untuk bisa langsung mengajukan proses klaim.

Kemudian petugasnya Teller meminta dokumen tadi, dan memeriksanya lagi. Saat diproses aku diberikan 2 lembar kertas untuk diisi.

Lembar Biru
Lembar Putih
Petugas tellernya mengatakan 2 lembar ini adalah:
1. Lembar warna Biru* Permohonan Pendaftaran Tenaga Kerja Bukan Penerima Upah (TK-BPU), dan
2. Lembar warna Putih Surat Tanda Terima

Keterangan:
*Lembar Biru ini setelah pengajuan klaim ini diberikan Free biaya pengobatan selama 3 bulan sebesar Rp 50.400,.

Setelah itu, proses pengajuan telah selesai diproses dan tinggal menunggu dana cair hingga masuk ke rekening. Setelah proses 3 hari kerja sekitar tanggal 16 September 2019 dana klaim BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya diajukan telah masuk ke rekening tabungan.

[Pengalaman] - Pengajuan Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan JHT 100%

Demikian cerita [pengalaman] - pengajuan klaim dana BPJS Ketenagakerjaan, semoga cerita ini dapat membantu untuk kamu yang ingin mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan dari tempat kamu bekerja.

0 Response to "[Pengalaman] - Pengajuan Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan JHT 100%"

Post a Comment