Unik, Langka dan Enak - Pindang Pare Biji Beton

Unik, Langka dan Enak - Pindang Pare Biji Beton

Muhammad Iqbal Basri - Welcome back! pada kesempatan kali ini aku mau memperkenalkan lagi kuliner khas dari Betawi, yaitu Pindang. Kali ini bukan dari ikan bandeng tapi dari buah pare! banyak orang yang tidak menyukainya karena rasa pahit dalam buah ini.

Supaya orang banyak menyukai makan pare, bagaimana kalau buah parenya dimasak Pindang. Enak? tentu enak banget, ayo coba buat di rumah, cara buatnya juga gampang. Dicatat ya resepnya.


Untuk bahan-bahannya yang perlu disiapkan, resep kali ini dengan menambahkan biji beton dan ikan teri. Bumbu dan bahan-bahannya sebelum itu harus dibakar terlebih dulu agar hasil masakannya lebih sedap.

Bahan-bahan:

- 7 buah Pare
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 8 buah cabe rawit merah
- 1 ruas Kunyit
- 1 ruang Jahe
- 1 ruas Lengkuas
- 1 lembar daun salam
- 8 buah biji beton
- Ikan teri (optional)
- Gula jawa (merah)
- Garam
- 800-1000 ml air
- Asam jawa secukupnya
- 8 buah Petai

Langkah-langkah cara membuatnya :

Kemudian setelah mempersiapkan bahan-bahannya, selanjutnya bisa langsung memasak Pindang Parenya dalam step by step berikut ini.


  1. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, cabe rawit merah, dibakar semuanya sampai matang dan wangi, tapi jangan sampai  terlalu gosong kehitaman.
  2. Potong dan bersihkan pare dari biji, lalu bersihkan, dan bersihkan juga kulit biji beton hingga bersih.
  3. Semua bumbu yang sudah dibakar seperti yang disebutkan pada point 1 (pertama), digeprek kasar dan masukkan ke dalam panci yang mendidih.
  4. Setelah air sudah mendidih masukkan biji beton terlebih dulu, karena bijinya terlalu keras dan dibiarkan ke dalam air mendidih supaya biji betonnya empuk (tidak keras).
  5. Setelah air dan bumbu bakar mendidih dan wangi, masukkan buah pare yang telah dipotong-potong, daun salam, asam jawa, gula merah, garam, petai, dan ikan teri (sesuai selera).
  6. Masak dengan api kecil hingga pare matang dan bumbu meresap.
  7. Pindang pare biji beton siap dinikmati, sajikan selagi hangat dengan nasi.

Inilah hasilnya, seperti ini penampilan Pindang Pare Biji Betonnya. Terlihat jelas buah pare dan biji betonnya beserta dengan kuahnya yang terlihat begitu sedap.


Apalagi banyak masak Sayur Pindang mencampurnya dengan berbagai bahan. Terutama yang paling terkenal enak yakni Pindang Bandeng dan juga Pindang Ikan Patin. Memang paling enak masak sayur pindang pakai ikan karena ikan itu rasanya lebih gurih dan sedap.

Selain enak, makanan ini sebenarnya sudah sangat jarang banget dijumpai. Apalagi di berbagai restoran yang mau menyajikan masakan ini karena masyarakat sekarang lebih banyak memilih masakan western ketimbang masakan tradisional jauh lebih sehat dan fresh. Mungkin kalau di rumah makan kaki lima masih ada yang menyajikan masakan sayur pindang.

1 Response to "Unik, Langka dan Enak - Pindang Pare Biji Beton"