Cara Top Up Kartu JakLingko di Vending Machine JakLingko

Cara Top Up Kartu JakLingko di Vending Machine JakLingko

Muhammad Iqbal Basri - Beberapa hari yang lalu naik angkutan umum Jak14 jurusan Meruya - Tanah Abang, hingga ke tempat pemberhentian terakhir di Stasiun Tanah Abang. Di tempat tersebut ada sarana baru yang merupakan suatu alat untuk Top up kartu JakLingko.

Alat yang dimaksud ini adalah Vending Machine JakLingko, menurut informasi yang telah aku dapat dari email naektije@transjakarta.co.id yang merupakan email resmi PT Transportasi Jakarta. Alat tersebut saat ini baru uji coba melayani Top up Jakcard DKI dan Tapcash BNI.

Awalnya mengetahui alat ini di saat mau beli kartu JakLingko di Stasiun Tanah Abang, kata bapak supir JakLingkonya bilang bisa beli di sana. Di tempat pemberhentian terakhir di sana terdapat loket yang menjual kartu JakLingko. Jika kamu ingin membelinya bisa datang langsung di setiap Halte bus Transjakarta, Stasiun Tanah Abang, dan juga terminal Grogol.


Saat mau beli ke loket bilang "mau beli kartu jaklingko", harganya IDR 30.000 (tiga puluh ribu rupiah) harga kartu IDR 20.000, dan saldo kartu seharga IDR 10.000, kemudian petugas loket memanduku ke sebuah alat vending machine. Setelah itu, petugas loket tersebut langsung memberikanku sebuah kartu JakLingko.

Cara kerja alat Vending Machine JakLingko


Cara kerja alat ini bisa untuk cek saldo, Top up saldo, dan beli kartu. Berikut ini terdapat 3 langkah mudah:

  1. Pilih layanan yang Anda inginkan, kemudian ikuti langkah yang diminta
  2. Pilih tipe pembayaran tunai/debit card
  3. Lakukan pembayaran dengan pilihan tipe pembayaran

Cara Top up kartu JakLingko di Vending Machine


Cara Top up kartu JakLingko:

  1. Letakkan (Tap in) kartu JakLingko di bagian Tempel Disini
  2. Sentuh layar, kemudian pilih menu Top up saldo
  3. Jika pembayaran tunai masukkan uang tunai pecahan Rp 10.000 sampai dengan Rp 100.000 (Untuk Top up di alat ini dikenakan biaya sebesar IDR 1.500)
  4. Top up selesai, silahkan ambil kartu JakLingko dan kertas struk bukti Top up

Perbedaan dan kesamaan Top up di Vending Machine dan di Loket


Perbedaan Top up di vending machine dengan di loket adalah untuk Top up di vending machine minimal bisa sebesar Rp 10.000, sedangkan untuk Top up di loket minimal sebesar Rp 20.000. Kesamaan Top up di kedua tempat ini adalah sama-sama dikenakan biaya admin sebesar IDR 1.500, jadi. Ada baiknya jika kamu ingin Top up sebesar kartu misalnya sebesar Rp 20.000 disarankan isi saldonya sebesar Rp 21.500 (anggap saja sejumlah IDR 1.500 ini sebagai biaya adminnya) agar saldo Top up tidak terpotong dengan biaya admin.

Loket JakLingko Stasiun Tanah Abang

Beberapa halte Transjakarta yang menyediakan alat Vending Machine


Apakah hanya ada di Stasiun Tanah Abang untuk alat itu, lalu bagaimana kalau jauh apa harus ke Stasiun Tanah Abang? Tidak perlu, menurut informasi alat ini tersedia di beberapa halte bus Transjakarta seperti:

  1. Halte Blok M
  2. Halte Bunsen (Bundaran Senayan)
  3. Halte Dukuh Atas
  4. Halte Bundaran HI
  5. Halte Harmoni
  6. Halte Kota, dan
  7. Halte Stasiun Tanah Abang

Sekian dan terima kasih ulasan singkat cara top up kartu jak lingko di Vending Machine. Semoga ulasan ini dapat membantu dan menambah wawasan untuk kalian semuanya.

1 Response to "Cara Top Up Kartu JakLingko di Vending Machine JakLingko"

  1. permainan poker yang gampang menangnya hanya di IONQQ
    ayo segera di coba permainan kami :D
    WA: +855 1537 3217

    ReplyDelete