Mengetahui Makna Arti Nama Orang Islandia Akhiran 'son' dan 'dóttir'


Muhammad Iqbal Basri - Dalam setiap negara di dunia memiliki nama akhiran yang sangat unik dan mengandung makna setiap pemberian nama yang diberikannya.

Ada salah satu negara, yang memberikan nama akhiran 'son' dan 'dóttir'. Hal ini terkait pola penamaan yang berlaku di Islandia sebagai nama akhiran di negara Islandia.

Di negara tersebut, setiap wilayah memiliki ciri khas masing-masing dalam penamaan seseorang anak. Yaitu ditentukan berdasarkan latar belakang budaya, atau faktor lainnya.

Pola tersebut menggunakan hukum patriarki, yang artinya dengan menjadikan nama depan ayahnya sebagai nama belakang bagi sang anak.


Untuk anak laki-laki, nama depan ayah akan diberikan tambahan "son" yang berasal dari kata son berarti (anak laki-laki).

Sebagai contoh:
Misalnya nama Presiden Islandia sekarang ini, Ólafur Ragnar Grímsson.

Ólafur Ragnar merupakan nama yang diberikan, sementara Grímsson berasal dari nama depan ayahnya yakni Grimur yang diberikan akhiran 'son'.


Sementara, untuk anak perempuan. Nama depan ayah akan disambung dengan nama akhiran "dóttir" yang berarti anak perempuan.

Sebagai contoh:
Misalnya nama pemenang Miss World 1988, yakni Linda Pétursdóttir.

Linda merupakan nama yang diberikannya, sementara Pétursdóttir berasal dari nama depan ayahnya yakni Péturs yang diberikan akhiran 'dóttir'.

Jadi, nama belakang yang digunakan oleh orang Islandia bukanlah dari nama keluarga, melainkan berasal dari nama ayah (patronomik).

Sekian terima kasih ulasan singkat berikut ini, semoga ulasan tadi dapat memberikan wawasan untuk kalian semua.

1 Response to "Mengetahui Makna Arti Nama Orang Islandia Akhiran 'son' dan 'dóttir'"

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete