Exitway Studio Mengadakan Outing Escape Game Bersama Bank BCA Techno Land di Gadog

Exitway Studio Mengadakan Outing Escape Game Bersama Bank BCA Techno Land Di Gadog

Muhammad Iqbal Basri - Pada hari Selasa tanggal 28 November 2017 lalu, saya bersama segenap rekan kerja Exitway Studio mengadakan outing escape game bersama Bank BCA. Yang diadakan di Gadog, Bogor, Jawa Barat. Sekitar jam 12 siang kami berangkat menuju ke tempat lokasi.

Outing Escape Game di Gadog


Untuk lokasinya yang kami adakan bertepat di 3G Resort Gadog Bogor, Jawa Barat. Sebelumnya memang kami mempersiapkan terlebih dahulu mulai dari perlengkapan yang diperlukan dibawa untuk acara outing escape game nantinya, kurang lebih hampir 3 minggu kami sudah mempersiapkannya.


Berawal dari salah satu pihak Bank BCA mencoba untuk mensurvey ke tempat escape game kami, yang di mana saya bekerja. Mereka mencoba salah satu tema game yang kami miliki yaitu tema File Z yang mereka pilih untuk sekedar mensurvey. Bagaimana dan seperti apa proses game ini berlangsung. Mereka bertujuan datang ke tempat kami untuk mencari beberapa ide untuk mengadakan acara game yang bakal diberikan nantinya oleh para pesertanya.


Akhirnya pihak Bank BCA tersebut setelah menunggu persetujuan proposal disetujui. Setelah itulah, kami mulai menyicil persiapan tema yang harus dipersiapkan untuk acara game nantinya.

Untuk ide dan semua propertinya, serta perlengkapannya semua itu berasal dari atasan saya yang telah mengatur itu semua, saya dan rekan kerja saya turut membantu untuk menyusun rangkaian yang telah diberikan oleh atasan kami.

Setelah semua itu dipersiapkan, mulai dari pelatihan, breafing, hingga dijelaskan untuk proses penggambaran berlangsung gamenya nanti. Guna bertujuan agar game yang dijalaninya dapat berjalan dengan lancar.

Kurang lebih sekitar jam 15:30 WIB kami tiba di lokasi, setelah itu langsung menurunkan beberapa perlengkapan yang diperlukan semua dalam mobil. Hampir seharian penuh saya dan rekan kerja kami hanya untuk mendekor. Setelah itu break makan malam lalu melanjutkan kembali mendekor yang belum diselesaikan tadi.

Konsep baru dari Exitway Studio khusus untuk Outing Escape Game


Keesokkan harinya sekitar jam 10:30 pihak EO (Event Organizer) dari Bank BCA langsung bisa memulai tema game Escape yang telah kami berikan. Untuk peserta pemain berjumlah 86 orang dari seluruh kelompok tersebut dapat dibagi beberapa batch, mulai dari batch satu sampai dengan batch empat, satu batch terdiri dari empat kelompok hingga ke batch empat yang terakhir dibagi tiga kelompok. Dalam setiap batch hanya diberikan waktu 50 menit.

Pembukaan game dimulai


Tentunya konsep game ini saya rasa dalam waktu 50 menit itu tidak cukup waktunya, untuk bisa sampai lolos dalam semua tantangan yang diberikan, untuk tema game ini setiap kelompok nantinya akan menjalani di dua tempat yaitu dimulai dari outdoor dan hingga misi terakhirnya di indoor. Bayangkan di tempat outdoor saja bisa memakan waktu bisa sampai 20 bahkan bisa sampai 30 menit, besar kemungkinan sangat kecil untuk berkesempatan lolos. Walaupun ada beberapa kelompok yang sudah lolos hingga ke ruangan indoornya.

Dalam masing-masing kelompok akan diberikan petunjuk dan alur game yang berbeda. Tetapi misinya itu sama, perbedaannya hanya mencari kode dan tantangan yang diberikan dari kami. Misalkan mencari kode dengan sistem QR Code, menyelesaikan suatu tantangan dalam tiap kelompok kami berikan QR code berbeda-beda yang harus diselesaikan secara kelompok. Tentunya tema escape game ini sangat menantang, seru dan sangat sulit.

My Next Experience Outing Escape Game Bersama Bank BCA Techno Land Di Gadog Bogor Jawa Barat

Dimulai dari batch pertama selama 50 menit berlangsung, setelah itu lanjut ke batch kedua. Setelah itu kami break sebentar, kemudian melanjutkan kembali ke batch ketiga hingga berakhir ke batch keempat. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar.

Dalam masing-masing kelompok jika berhasil setelah itu ditanyakan apakah menggunakan kartu help sebelumnya saat permainan itu berlangsung? Untuk kartu help kami berikan 2 kartu dalam setiap kelompoknya. Satu kartu help bernilai 5 point, Lalu dapat bonus berikutnya jika berhasil membuka box yang dikunci dan diberikan kode rahasia selama waktu game tersebut masih berlangsung akan diberikan 100 point (setara seharga 500 Royal), point tersebut merupakan juara pertama bagi kelompok siapa yang tercepat dan lebih dulu membukanya, setelah itu ada juara kedua hingga ada juara keempatnya.

Namun sayangnya setelah game selesai dalam tiap batch hanya ada beberapa yang berhasil mendapatkan point tertinggi berkisar 110 point. Kurang lebih hanya ada sekitar 4 grup saja yang berhasil, selain itu hanya mendapatkan grup terendah dan ada juga yang gagal misinya.


Point tersebut merupakan nilai yang sangat berharga bagi mereka karena akan dapat penilain nantinya oleh pihak pelaksana. Dan point tersebut tentunya dapat ditukarkan dan dibelanjakan di salah satu belanja online. Game ini sebenarnya merupakan suatu kompetisi yang berlomba semuanya mengumpulkan point terbanyak, dan ternyata dalam kompetisi ini pesertanya berasal dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Malang, Medan, Jakarta serta dari kota lainnya

Penutup


Walaupun banyak yang tidak berhasil, mereka semuanya senang sudah bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan dari kami, sekaligus memberikan hiburan juga bersama mereka. Setelah game selesai kami melanjutkan untuk beristirahat dan setelah itu kami berkemas untuk bersiap-siap pulang ke Jakarta.

Demikian cerita singkatnya dariku saat kami (Exitway Studio Team) mengadakan outing Escape Game bersama BCA Techno.

0 Response to "Exitway Studio Mengadakan Outing Escape Game Bersama Bank BCA Techno Land di Gadog"

Post a Comment