10 Destinasi Pantai Banten Selatan Nan Sangat Indah Yang Wajib Anda Kunjungi

Muhammad Iqbal Basri - Pantai Banten Selatan merupakan pilihan yang paling cocok dipilih saat musim liburan tiba sebagai destinasi terbaik karena banyak memiliki beragam tempat dan keindahan pantainya. Utamanya pantai-pantai ini berada di wilayah Selatan Kabupaten Lebak Banten.

Pantai ini umumnya masih sangat sepih, alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Sayangnya, pantai-pantai yang indah dan alami itu belum banyak diketahui karena kurangnya informasi. Oleh karena itu, ada 10 destinasi pantai yang ada di Banten Selatan yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi.

1. Bagedur

10 Destinasi Pantai Banten Selatan Nan Sangat Indah Yang Wajib Anda Kunjungi

Pantai Bagedur terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Daya tarik pantai ini adalah pasir putih tanpa karang yang luas sepanjang 15 KM dan pantai yang landai.

Suasana pantai ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan Pantai Anyer atau Pantai Tanjung Lesung karena tidak terdapat penyewaan arena permainan air seperti Banana Boat, Jet Ski, Snorkling dan aktivitas air lainnya. Sehingga pantai ini sangat tenang dan santai.

Pantai Bagedur berjarak sekitar 115 KM dari kota Rangkasbitung atau 83 KM dari Kabupaten Pandeglang. Pantai Bagedur juga masih sangat alami dan indah, belum banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar. Biasanya pantai Bagedur hanya akan ramai dikunjungi pada saat musim liburan seperti libur Idul Fitri, libur akhir tahun, dan liburan sekolah.

2. Bayah


Bagi para wisatawan tentunya sangat cocok, jika berkunjung ke Pantai ini. Mulai dari keindahan, suasana tempatnya yang masih sangat indah. Hamparan begitu luas sepanjang mata memandang

Dengan deburan ombak, serta desiran angin yang tentunya membuat liburan kita semakin tenang dan damai. Warna biru laut yang sangat indah, tidak hanya itu. Pantai ini juga dikelilingi dengan beberapa penduduk di sekitar pantai, namun sayangnya. Di pantai ini tidak terdapat akomodasi bagi wisatawan yang ingin beristirahat di penginapan atau hotel setelah bermain dan menikmati keindahan pantai ini.

Hal ini bisa diatasi dengan menginap di salah satu rumah penduduk akan tetapi kita tidak bisa mendapatkan privasi dan kenyamanan seperti saat menyewa penginapan.

3. Binuangeun


Pantai Binuangeun merupakan termasuk salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak Banten. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Cikeusik di Kabupaten Pandeglang, Binuangeun merupakan pantai yang termasuk sudah dilewati banyak angkot dan elp untuk bisa ke pantai tersebut.

Selain memiliki keindahan pantainya, Binuangeun merupakan termasuk salah satu pantai penghasil ikan terbesar di Lebak Selatan atau bahkan mungkin di Banten. Selain itu juga, terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang sangat terkenal di tempat tersebut.


Di Binguangeun juga sangat cocok bertujuan untuk pemancing dari Jakarta dan Jawa Barat, yang pasti banyak disewakan perahu untuk bisa memancing hingga ke tengah lautnya. Namun sayangnya, di Binuangeun untuk penginapan tidak terlalu banyak. Dari Malingping sekitar 20 KM yang memakan waktu hingga 30 menit jika dari Pantai Bagedur.

4. Karang Malang


Destinasi berikutnya adalah Pantai Karang Malang yang berada di Muara Lebak Banten, pantai ini menjadi tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Untuk lokasi pantai ini berlokasi terletak di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten. Daya tarik wisata pantai ini adalah terdapat pesona keindahannya. Selain kondisi pantainya masih alami dan bagus.

Untuk fasilitas di tempat ini juga sudah sangat lengkap di antaranya ada mushola, MCK/toilet, area tempat parkir, tempat istirahat, rumah makan dan masih banyak lainnya.

5. Karang Songsong


Selanjutnya ada Pantai Karang Songsong atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Cibobos berada di Desa Cibobos, Kecamatan Panggarangan, berjarak sekitar 2 jam dari kota Rangkasbitung.

Salah satu pesona di pantai ini terdapat bebatuan karang yang memanjang dan besar hingga ke arah laut, dijadikan nama pantai ini disebut Songsong. Karena karang yang menyongsong ke arah laut langsung berhadapan dengan kencangnya ombak laut.

Pantai ini juga memiliki garis pantai yang melengkung. Pantai ini juga memiliki pasir yang terlihat putih kecoklatan, tentunya sangat cocok untuk melakukan aktivitas duduk-duduk dan sambil bersantai menikmati pemandangan ombaknya.

Pada sisi bagian belakang pantai, pantai ini dihiasi dengan pohon jati dan mahoni. Membuat pantai ini menjadi terasa begitu sejuk untuk dinikmati.

6. Karang Seke


Pantai Karang Seke merupakan salah satu tempat wisata pantai yang berada di Desa Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda.

Namun dibalik semua itu ternyata pantai ini menyimpan sebuah cerita yang cukup melegenda tentang asal muasal penamaan Karang Seke itu sendiri. Konon, pada jaman dahulu tinggalah sepasang kakek dan nenek yang hidup dan menatap di kampung Tanjung Panto, mereka hidup di sebuah gubuk di dekat pantai.


Masyarakat sekitar biasa memanggil sepasang kakek dan nenek ini dengan sebutan Aki Seke dan Nini Seke. Namun setelah beberapa tahun berlalu lamanya di pantai ini banyak meninggalkan sebuah kisah yang mendalam, hingga sampai saat ini beberapa masyarakat percaya bahwa batu karang peninggalan Aki dan Nini Seke merupakan batu bertuah yang memiliki banyak khasiat untuk pengobatan dan penyembuhan berbagai jenis penyakit.

maka dari itulah tempat ini dikenal dengan nama Pantai Karang Seke hingga sekarang, pantai juga termasuk tempat wisata populer untuk tempat berlibur bersama keluarga, atau teman-teman. Karena pantai ini tentunya menyimpan sejuta pesona keindahan pemandangan pantainya.

7. Karang Taraje


Tempat wisata Pantai Karang Taraje adalah sebuah objek wisata yang termasuk wisata Desa Sawarna yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Di sini hampir semua sisi pantainya dipenuhi batu karang berbagai ukuran, karang di bagian sebelah kiri pantai menyerupai teras yang luas dan sedikit berundak-undak menyerupai tangga. Oleh karena itu, penduduk setempat menamainya Karang Taraje, yang dalam bahasa Sunda Taraje berarti tangga.

Karena konturnya berkarang dan ombaknya yang besar, pengunjung jadi tidak bisa berenang di laut seperti biasa. Tetapi jangan kecewa, karena pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa memanjakan mata.

Jika Anda berniat mengabadikan keindahan ombak yang memecah di Karang Taraje supaya tetap waspada terhadap yang sewaktu-waktu bisa menjadi ganas.

8. Kembang Ranjang


Pantai Kembang Renjang merupakan pantai yang masih termasuk dalam deretan pantai yang berada di lokasi Desa Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak Banten. Pantai Kembang Ranjang ini memiliki pemandangan yang khas berbeda dan unik jika dibandingkan dengan pantai lain di sekitarnya.

Pantainya masih sangat alami dan sepih membuat pantai ini terasa begitu tenang dan sangat cocok untuk tempat liburan bersama teman-teman dan keluarga. Pantai ini dipenuhi karang-karang kecil dan menutupi pasirnya.


Di pantai ini juga kita bisa menyaksikan panorama alam matahari terbenam sehingga membuat momen liburan Anda semakin indah dan berkesan, serta menikmati deburan ombak sambil bermain dan bersantai di sepanjang pesisir pantainya bersama keluarga, teman-teman atau dengan kekasih yang pasti menambah momen romantis untuk Anda berdua.

9. Pasir Putih


Pantai ini oleh masyarakat sekitar disebut Pasput atau kepanjangan dari Pasir Putih. Pantai Pasir Putih ini berada di Kampung Sukahujan, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara. Pantainya yang mudah diakses yaitu terletak di jalan Bayah Malingping, hanya berjarak 10 KM dari Malingping. Walaupun namanya pasir putih, tetapi juga terdapat karangnya.

Dipantai ini terdapat sebuah cekungan yang berbentuk setengah lingkaran yang menjadi lokasi favorit untuk berenang. Pantai Pasput ini juga sangat indah dan sangat asik menikmati sunset bersama keluarga. Di pantai ini sudah terdapat banyak warung-warung di pinggir pantai dan sudah terdapat fasilitas seperti toilet dan mushola. Terdapat pula saung-saung untuk menikmati angin dan deburan ombak pantai sambil bersantai bersama keluarga.

10. Sawarna


Selanjutnya yaitu Pantai Sawarna merupakan pantai yang paling populer baik dari lokal maupun hingga mancanegara. Karena pantai ini memiliki keunikkan dan keindahan pantai serta memiliki objek wisata lengkap yang dapat membuat penasaran dan mengundang daya tarik pengunjung.

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Banten. Pemandangan pantai ini sangat indah yang memungkinkan kawasan Pantai Sawarna ini banyak dikunjungi dari lokal dan mancanegara.

Selain itu, keadaan Pantai Sawarna yang memiliki objek wisata lengkap karena memiliki pemandangan alam seperti pegunungan, goa-goa, sungai dan pantai pasir putih yang menawan.

Selain itu juga, pemandangan pantai ini juga disajikan dengan kokohnya batu karang berukuran besar, keberadaan batu karang tersebut terletak di pinggir laut maupun di tengah laut. Tentu saja hal ini sangat menarik perhatian semua wisatawan, sehingga cocok untuk pengambilan gambar dengan background batu karang.

Disamping itu, para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di pantai, mulai dari berenang, menjelajah sekitar pantai, berjemur, serta bermain pasir di pinggiran pantai.

Itulah tadi terdapat 10 tempat destinasi pantai yang ada di Banten Selatan nan sangat indah yang wajib Anda kunjungi, bagaimana menurut Anda pantai manakah yang paling indah dan paling cocok dipilih untuk waktu liburan Anda bersama teman atau keluarga. Perlu diingat kembali, tetap jaga kebersihan ya selama Anda berlibur, sehingga kebersihan tempat serta pantainya tetap terjaga dan terlindungi.

2 Responses to "10 Destinasi Pantai Banten Selatan Nan Sangat Indah Yang Wajib Anda Kunjungi"

  1. Replies
    1. pantainya juga sekarang udah sangat terkenal, cocok banget pantai ini dikunjungi di saat liburan tiba

      Delete