[Pengalaman] - Beli HP di Tokopedia, Alhamdulillah Sejauh ini Aman-Aman Saja!


Muhammad Iqbal Basri - Sebenarnya ini bukan pertama kalinya membeli hp melalui online, sebelumnya memang sudah pernah beli hp online tapi itupun juga belinya secara kredit di Akulaku.

Banyak terkadang masih ada orang yang takut membeli hp lewat online, alasannya karena banyak sekali modus penipuan yang menjual barang melalui online. Baik itu mereka jual dengan kualitas barang KW, dan bahkan sudah rusak mereka bisa menjualnya oleh oknum penjual nakal lainnya pasti ada. Jadi kamu tetaplah harus berhati-hati ya..

Tips aman belanja lewat online


Jangan pernah berpikir kalau belanja melalui online itu kebanyakan penipu, kebanyakan bohongnya. Padahal itu semua kita bisa hindari masalah itu mulai dari diri kita masing-masing. Dalam hati kamu harus yakin insya Allah semuanya akan baik-baik saja, jadi janganlah berpikiran negatif dulu.


Selalu berpikiran negatif kapan bisa maju, setidaknya harus hilangkan perasaan negatif seperti itu. Harus berani mencoba apapun resikonya yang dihadapi. Di tengah era digital sekarang ini sudah banyak sekali memberikan kemudahan bagi setiap user.


Jadi. Intinya membeli barang lewat online atau offline sebenarnya sama-sama saja. Bedanya kalau beli offline kita bisa lihat secara langsung seperti apa barang dan kualitasnya, serta kamu juga bisa melihat toko dan penjualnya sekaligus kamu bisa ngobrol dengan mereka.

Terus gimana kalau belinya lewat online? yang penting kamu harus sering banyak tanya kepada penjualnya, jangan malu untuk bertanya. Tanyakan secara detail sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu barang secara online.

Satu lagi, sebelum itu coba kamu lihat review dari customer yang pernah membeli barang di toko tersebut. Seperti apa pelayanannya?

Pengalaman beli online di Tokopedia


Alhamdulillah sejauh ini sudah 3x belanja lewat online. Selama ini alhamdulillah tidak pernah kecewa, intinya selama membeli lewat online itu yang terpenting lihat dulu soal harga yang mereka jual di sana.

Coba bandingkan juga antara harga dari toko mereka jual. Karena di setiap toko itu beda-beda harga yang mereka jual, setidaknya kamu bisa beli harga yang murah tapi terpercaya itu pasti ada yang menjualnya di sana.


Selama ini, aku lebih mempercayai beli apapun lewat Tokopedia karena memang pengalaman aku seringnya belanja di Tokopedia.

Kalau di platform online shop lainnya belum pernah coba sih...mungkin next time bakalan coba belanja di online shop lainnya.

Jika kamu biasa belanja di Tokopedia, pasti kamu tahu dengan jenis produk toko Power Merchant dan Official Store. Ada baikya kamu memilih kedua produk toko tersebut, dijamin sangat aman dan terpercaya.


Tapi di samping itu semua, kamu harus tetap banyak tanya dan teliti dalam membeli. Meskipun produk tersebut sudah dinilai baik namun itu semua yang kendalikan tetaplah manusia pasti akan  ada kesalahannya meskipun hanya sekecil apapun yang diterimanya.

Satu lagi, jika ingin membeli hp di Tokopedia yang penting kamu harus lihat jenis garansi barangnya. Itu juga kamu harus tanyakan. Apa jenis garansi dan berapa lama garansi yang diberikan?


Jika semuanya sudah merasa yakin, kamu bisa langsung melakukan prosesnya berikut yaitu payment dan masukkan alamat pengiriman. Pastikan alamat kamu yang akan dikirim dengan lengkap dan jelas ya...

Pilihlah ekspedisi pengiriman yang aman dan terpercaya, dan memiliki layanan asuransinya agar diberikan tanggung jawab jika terjadi suatu kendala di tengah perjalanan dalam pengiriman.

Apalagi di Tokopedia bulan ini sedang ada gratis ongkir, jadi ini kesempatan buat kamu ambil gratis ongkir ini. Untuk ekspedisi yang gratisnya adalah untuk jenis ekspedisi SiCepat.

Alhamdulillah di Tokopedia ini, aku sudah 2 kali belanja di sana yang pertama beli Samsung Galaxy A7 2018 (Blue Edition), dan yang kedua Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Sampai sejauh ini baik-baik saja hp yang telah saya beli di sana.

Jadi sisanya yang pertama kali aku beli lewat online waktu itu aku membeli hp iPhone lewat kredit Akulaku. Alhamdulillah iPhone yang pernah aku beli sejauh itu baik-baik saja, tapi sayangnya sudah lama juga aku jualnya meskipun harga yang dijualnya anjlok banget, memang sih harga iPhonenya yang dijual garansinya Distributor coba kalau garansi iBox pasti tidak begitu terlalu anjlok.

Penutup


Setelah itu, kamu bisa melacak perkembangan dalam proses pengiriman yang sudah kamu order. Proses pengirimannya dilakukan secara rinci dan tertulis agar kamu bisa mengetahui kira-kira sudah  sampai di bagian mana proses ini berjalan.

Jika barangnya telah kamu terima dengan baik, kamu jangan langsung membawanya ke dalam pastikan terlebih dulu kamu periksa isi paket yang telah kamu order sebelumnya. Karena jika kurir sudah pulang banyak yang tidak mau tanggung jawab.


Jadi ada baiknya coba kamu periksa, takutnya ada yang tidak sesuai. Kerusakan juga misalkan pasti ada saja jika kamu sudah terima paketnya.

Belanja aman, belanja puas jadi semakin sering pastinya kamu belanja lewat online. Jadi kamu tidak perlu takut dan kecewa lagi.

Sebenarnya lebih enak belanja lewat online, kamu tidak perlu capek dan panas-panasan keluar rumah cuman buat belanja. Kamu tinggal duduk manis dan lihat-lihat etalase toko di sana.

3 Responses to "[Pengalaman] - Beli HP di Tokopedia, Alhamdulillah Sejauh ini Aman-Aman Saja!"

  1. Apa apa aja yang biasa nya di tanyain saat belanja di online shop?
    Mohon bantuan nya👏

    ReplyDelete
  2. Ya benar di tokopedia itu lebih aman dan nyaman maka saya merintis mencoba disana, meskipun toko masih sangat kecil, ijin ikut promo ya mas, terimakasih.

    ReplyDelete