Punya Dua Rekening Demi Semangat Menabung

Punya Dua Rekening Demi Semangat Menabung

Muhammad Iqbal Basri - Semangat menabung sebenarnya sudah kumiliki sejak dari usia dini, namun untuk yang sekarang ini aku lebih cermat dalam mengatur keuangan, terutama dalam hal menabung.

Sadar akan pentingnya rupiah, oleh karena itu. Aku lebih fokus dalam mengatur soal keuangan mulai dari pengeluaran selama sebulan, dari catatan pengeluaran tersebut aku catat biaya apa saja yang telah aku keluarkan selama sebulan.

Perhitungan keuanganku dihitung tiap bulan, yang dicatat dalam buku catatan dan data pembukuan keuangan di Microsoft Excel agar terlihat lebih proporsional. Agar aku bisa mengetahui berapa uang telah aku keluarkan selama sebulan itu. Sehingga aku menjadi tahu dan lebih cermat lagi dalam menggunakan uang dengan baik.

Apa Alasannya Memilih Dua Rekening


Untuk alasannya adalah rekening pertama aku pakai Tahapan BCA, atas perintah dari tempat kerjaku diminta untuk membuat rekeningnya lebih baik BCA saja agar lebih mudah menerima transfer gaji tiap bulannya. Namun setelah mengetahui kekurangan dari tahapan BCA adalah biaya administrasi tiap bulannya akan dipotong sebesar Rp 15.000 (Untuk Silver).


Dari potongan biaya admin tersebut membuatku harus mikir dua kali, sebab nantinya setiap bulannya aku akan terus menerima potongan biaya admin. Nah..itulah yang menjadi beratnya meskipun banyak yang meremahkan akan tetapi terasa berat rasanya sebesar tersebut jika dipotong dalam tiap bulannya.

Buat nabung aku sisihkan hanya 2 sampai 3% dari penghasilan gaji, sehingga aku harus bisa membagi kedua rekening agar sama rata antara uang kebutuhan sehari-hari dan untuk menabung di rekening yang kedua.

Kemudian, untuk alasan yang kedua adalah karena rekening yang pertama dikenakan potongan biaya admin, oleh karena itu. Aku harus punya rekening yang kedua untuk simpanan pribadi (tabungan), dan bebas biaya admin tentunya.


Nah...aku memutuskan untuk memilih Danamon Lebih untuk rekening keduaku, karena sebelumnya aku sudah mengetahui keunggulan dari Danamon Lebih, sehingga aku sudah punya tekad bulat untuk memilih Bank tersebut untuk simpanan masa depanku nantinya.


Khusus yang rekening kedua aku sisihkan yang paling besar untuk menabung sekitar 25% dari gaji, sebab aku memberikan persentase yang terbesar di rekening yang kedua ini karena bebas dari potongan biaya admin buat kedepannya aku jadi semangat nabung.

Lalu, dari Danamon Lebih tersebut aku berhak mendapatkan gratis biaya asuransi juga, primajaga 100 dari Manulife untuk jenis asuransi yang aku dapat. Setiap bulannya aku akan terdebit sebesar Rp 200,000 selama 8 tahun (aku berharap agar lebih bersemangat lagi untuk menabungnya).

Tujuannya Menabung, Apakah Sudah Lama Berkeinginan Untuk Menabung?


Tujuanku menabung adalah punya ambisi ingin memiliki rumah sendiri, karena selama hidup aku tak pernah punya atap rumah sendiri bersama keluarga, sejak kecil aku masih tinggal di rumah nenek (ibu dari ayah). Sebenarnya dulu almarhum ayah punya surat tanah di Ciledug yang nantinya untuk warisan anak anaknya (termasuk aku) karena surat tanah tersebut dijual oleh paman (adiknya ayah) untuk kebutuhan sesuatu dan bayar hutang pinjaman bank setelah ayah meninggal.


Sampai sekarang juga masih numpang menetap di rumah orang, pernah tinggal di kontrakan, dan sekarang ini tinggal di rumah nenek (ibunya ibu/mamah).

Hanya aku harapan mamah satu-satunya, oleh karena itu aku harus buktikan bahwa aku bisa membelikan rumah impianku. Terutama untuk mamahku tercinta, doakan aku mah...insya Allah Iqbal (nama panggilanku) bisa buktikan bahwa Iqbal bisa!! Iqbal ingin mamah BAHAGIA.

Bismillah...dari harapanku yang terbaik semoga Allah mengabulkan keinginanku dari hasil kerja kerasku sendiri. Amin...

0 Response to "Punya Dua Rekening Demi Semangat Menabung"

Post a Comment