Sambal Dengkek Khas Betawi

Sambal Dengkek Khas Betawi
Sambal Dengkek


Muhammad Iqbal Basri - Di Indonesia sudah sangat beragam cita rasa kuliner khasnya, salah satunya adalah makanan pedas dan sambalnya yang selalu tidak pernah dilupakan dalam setiap hidangan masakan. Lidah orang indonesia lebih cenderung menyukai rasa pedas karena mereka beranggap kalau tidak pedas kurang begitu berasa di lidah. Oleh karena itu. Pentingnya cabai untuk orang Indonesia karena menyukai makanan pedas.


Ada banyak jenis sambal yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari rasa, pengolahan, serta bahan yang digunakan. Rekomendasi bagi kalian yang menyukai makanan pedas pokoknya wajib coba jenis sambal ini, namanya adalah Sambal Dengkek.

Sambal Dengkek merupakan salah satu jenis sambal khas yang berasal dari Betawi (Jakarta), sambal ini dihidangkan dengan proses uleknya secara kasar agar lebih berasa sambalnya. Berikut di bawah ini untuk bahan yang diperlukan.



Bahan-bahannya:

1. Cabai merah
2. Cabai rawit hijau
3. Bawang merah
4. Terasi
5. Garam
6. Cuka

Cara membuatnya:

Cabai merah, cabai rawit dan bawang merah dibakar terlebih dulu, jangan sampai hangus. Kemudian terasinya juga digoreng dulu. setelah semua bahan dibakar (no.1-2-3) dan terasi. Kemudian diulek secara bersamaan dan ditambah garam secukupnya.
Semua bahan-bahan tadi diulek secara kasar, jangan terlalu halus. Kemudian tambahkan cuka. Done, simple kan!

Sambal Dengkek Khas Betawi siap dihidangkan, paling enak jika dihidangkan dengan tempe goreng, sayur asam, atau juga ikan asin, serta tambahan masakan lainnya sesuai selera masing-masing.

2 Responses to "Sambal Dengkek Khas Betawi"

  1. Beberapa tahun aku kerja di Jakarta baru tau ada sambal khas Betawi ini.., atau sebetulnya aku pernah nyicipin tapi ngga tau nama sambalnya ya ?

    Coba resepnya kupraktekkan, barangkali setelah kucicipin jadi teringat rasanya.

    Terimakasih resep sambal Dengkeknya, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kebanyakan orang menyebutnya bukan sambal dengkek, namanya juga saya baru tau dari nenek saya yg buat kata dia ini sambalnya udah langka jarang ada yg buat sambal ini. Mungkin hanya orang sesepuh yg tau rahasia bumbu dan bahan bahannya. Untuk orang jakarta modern sekarang saya rasa gak ada yg tau jenis sambal ini

      Delete