#2YearsWithGoogleAdSense, Pengalaman Gajian Pertama dari Google AdSense

#2YearsWithGoogleAdSense, Pengalaman Gajian Pertama dari Google AdSense

Muhammad Iqbal Basri - Alhamdulillah. akhirnya setelah sekian lama berjuang buat mempertahankan blog supaya membuahkan hasil itu tidak mudah dibayangkan.

Banyak aturan yang harus dipatuhi agar blog tetap aman dalam mendapatkan penghasilan dari Google AdSense. Apalagi sekarang ini lebih baik cari aman yang penting penghasilan tetap lancar meskipun hasilnya tidak begitu banyak dan harus tetap bersyukur hasil yang didapat.

Mendapatkan penghasilan dari Google AdSense adalah impian semua orang, banyak keuntungan jika akun blog atau youtube kamu diterima oleh Google AdSense sehingga kamu bisa memasangkan iklan di blog atau youtube dan kamu sudah berhak sepenuhnya mendapatkan penghasilan dari Google AdSense.

#2yearswithGoogleAdSense, perjuangan yang sangat berat


Mau berbagi cerita dan pengalamanku selama 2 tahun ini blogku bergabung dalam Google AdSense, tentunya banyak banget pengalaman dan trouble yang dijalani selama aku terjun di dunia blogger. Dan yang pasti perjuangan ini alhamdulillah dapat membuahkan hasil dan itu membuatku semakin terus bersemangat untuk terus berkarya dan terus memajukan blogku ini.

#2YearsWithGoogleAdSense, Pengalaman Gajian Pertama dari Google AdSense

Mulai memasuki di dunia blog pada akhir Maret 2017, dan kemudian mencoba untuk mengajukan ke Google AdSense sekitar bulan Juni hingga sampai dengan Juli selalu ditolak hingga 8 kali. Usahaku tidak hanya sampai di situ saja, hingga akhirnya pengajuanku yang ke 9 kali pada tanggal 22 Agustus 2017 Google Adsense memberikanku email bahwa blogku diapprove dan sudah 100% bisa ditayangkan.


Berjuta kebahagiaan yang telah kudapatkan pada saat itu, setelah itu mulailah untuk terus meningkatkan blogku agar lebih baik lagi. Memperbagus template, menyusun tata letak, navigasi hingga peletakkan iklan.

Kemudian proses pengiriman verifikasi pin, waktu itu aku mengajukan 2 kali yang pertama seingat aku terima pada tanggal 28 November 2017, dan kemudian surat yang kedua diterima lagi sekitar awal Desember 2017 pokoknya selang berapa lama gitu tidak jauh dari surat yang pertama dikirim.


Setelah verifikasi pin berhasil, di situ masih ada satu tahap proses lagi yang belum yaitu tahap verifikasi bank. Ini yang paling penting untuk bisa menerima transferan masuk dari Google harus punya rekening bank. Awalnya masih sempat kurang begitu paham caranya bagaimana sih cara menerima kode verifikasi bank? karena banyak di Google yang memberikan cara mengetahui kode verifikasi bank terus pelajarin pelan-pelan.

Dari situ alhamdulillah mulai paham ternyata verifikasi bank buat Google AdSense gampang banget prosesnya, karena waktu itu beberapa minggu sebelumnya belum melakukan proses verifikasi bank  karena sempat gagal juga. Pas tahu coba cek e-banking ternyata dari situ kode verifikasi banknya kode verifikasi itu berupa sebuah kode angka sejumlah uang di bawah Rp 1k (seribu rupiah) prosesnya tidak begitu lama pengirimannya hanya membutuhkan sekitar 2-3 hari kerja saja Google langsung mengirimkan kode verifikasi bank ke rekening kamu (asalkan rajin cek mutasi rekening).


Waktu itu sempat punya kepikiran seperti ini, ada punya ambisi ingin segera cepat gajian dari Google, tapi kenyataannya setelah aku pikir-pikir dampaknya sangat berbahaya dan ditambah lagi kondisi bloggerku posisinya sedang ada kemajuan. Kan sayang kalau terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Banyak yang bilang coba saja pakai safelink, main bw (blog walking) yuk biar penghasilannya banyak semua perkataan itu aku abaikan saja. Lebih baik jalani dengan cara baik-baik dan jujur, perlahan tapi pasti! Tidak mau lagi yang ribet-ribet, harus begini, harus begitu. Bodo amat ahh...yang penting sih tetap patuhi aturan dari Google selama itu aman insya Allah semua akan berjalan baik-baik saja.

Pernah terjadi hal yang tidak mengenakkan


Dalam satu bulan setelah diterimanya dari Google AdSense nampaknya baik-baik saja, ada satu kejadian yang tidak kurang baik yaitu ternyata Google AdSenseku dulu pernah terjadi suspend hampir selama satu bulan itu aku sangat kecewa banget karena yang biasanya di blogku nampak muncul iklan dan ini terlihat blank semua karena masih dalam proses masalah suspend.



Ada pertanyaan, itu kenapa blog kamu bisa di suspend?

Gara-garanya gini waktu itu iseng-iseng visit blog di hp terus tiba-tiba lemot terus itu hp tiba-tiba tidak respon buat scroll up dan scroll down entah itu ke klik atau apa, ehh tiba-tiba langsung masuk ke iklan otomatis auto panik dong..!! campur aduk sampai keringat dingin, bahkan sampai mau nangis. Kesel!! ya sudah mau gimana lagi besoknya dapat email bahwa email tersebut berisi

"akun kamu untuk sementara ditangguhkan selama sebulan".

Setelah sekian lama menunggu hingga sebulan di suspend. Pada waktu yang tentukan oleh Google AdSense akhirnya iklan bisa kembali tayang dengan semula.

Perjuangan yang dinantikan! Payout pertama dari Google AdSense


Mulai pada saat itulah aku mulai untuk terus sabar dan terus rajin update dalam memposting artikel, hari demi hari, bulan demi bulan hingga sampai waktunya sekitar 2 tahun 4 bulan akhirnya perjuanganku membuahkan hasil pada tanggal 21 Desember 2019 Google AdSense telah memberitahukan bahwa payment telah dikirim sejumlah pendapatanku yang selama ini telah aku kumpulkan selama berbulan-bulan.


Karena pada tanggal 21 Desember kemarin jatuh hari Sabtu, menutup kemungkinan uang akan masuk sekitar tanggal 23 Desember (tanggal 22 hari minggu) sebab biasanya Google AdSense akan menjadwalkan untuk tanggal transfer ke semua publisher pada hari kerja, jadi Google tidak pernah melakukan pembayaran di hari libur.

#2YearsWithGoogleAdSense, Pengalaman Gajian Pertama dari Google AdSense

Pada tanggal 23 Desember di pagi harinya masih belum juga menerima kiriman uang dari Google, pada pukul 10.00 kurang lebih aku coba cek D-Bank (e-banking Danamon) dan ternyata uang dari Google AdSense akhirnya masuk, ternyata inikah perjuanganku selama ini akhirnya bisa merasakan ternyata gajian pertama kali dari Google AdSense rasanya seperti ini. Meskipun hasilnya pas banget itu membuatku sudah merasa bangga banget, bayangkan bagaimana kalau penghasilannya puluhan juta ya...? Doakan saja, mungkin suatu saat nanti bisa merasakan hal yang seperti itu, amin...

Harapan untuk kedepannya


Harapanku untuk kedepannya semoga semakin terus maju dan tentunya buat payout berikutnya lebih meningkatkan lagi penghasilan yang didapat buat kedepannya. Semoga dari penghasilan Google AdSense ini bisa berguna buat kebutuhan lainnya dan tentunya ini akan aku bagikan juga penghasilan ini ke mamahku sebagai tanda bukti aku bisa sukses dari blogger!

Semoga keberhasilan ini sebagai bukti dan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk para blogger semuanya agar lebih rajin lagi bersemangat dalam ngeblog dan tentunya supaya lebih konsisten lagi dalam menulis artikel karena perjuangan yang telah kita kerjakan yakin semua itu akan ada hasil yang didapat. Intinya harus sabar dan konsisten. Semangat ya buat semuanya.

Terima kasih banyak berkat kalian semua akhirnya aku bisa merasakan pertama kali gajian dari Google AdSense, tanpa kalian mungkin aku tidak pernah mengalami hal yang seperti ini dalam hidup.

6 Responses to "#2YearsWithGoogleAdSense, Pengalaman Gajian Pertama dari Google AdSense"

  1. Saya juga pernah mas ditolak adsense sampe 3 kali, dan yg ke empat baru diterima. Gk lama setelah itu jg pernah di suspend gara gara sekali gk sengaja ke klik iklan sendiri. Nah sekarang blog saya lg lg a masalah mas..😭 suruh upload file ads.txt. udah ku pasang file ads.txt nya tp gk ilang ilang peringatan itu hampir sebulan ini.
    Mohon pencerahannya mas, apaoah ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita senasib gan, kayanya kasusnya ini sama seperti pada masalah blog saya nih heheh...menurut dari salah satu suhu blogger mengatakan "untuk bisa mengatasi masalah file ads.txt itu bukan dari apa yang telah kita lakukan selama ini juga hasilnya tidak ada perubahan (masih tetap muncul). Solusi yang dikatakan adalah mesti "menaikan trafic pengunjung", jika visitor meningkat pasti masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya. Lalu kira-kira kapan ya ilangnya? itu tidak ada yang tahu, hanya keputusan Google yg bisa menentukan masalah semua ini, yang penting kita di sini terus tingkatin kualitas untuk blog kita masing-masing mas. Semangat terus mas!

      Delete
  2. Sekarang PO tiap berapa bulan gan? kalo promosi blog kemana aja? terimakasih suhu.. Semoga tambah rame blognya.. Amin ya Rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aja PO pertama kali banget gan, itu 2 taun gan perjuangannya buat pertahanin sampe PO. Banyak segala rintangan udah dihadapin

      Kalo promosi paling di sosmed (fb) aja kadang di WA jga share ke temen-temen,minta tolong temen bantu share biar rameh gitu aja saya gan klo soal pendapatan untuk rejeki udah diatur sama Allah...amin ya Allah...agan juga ya semoga rameh

      Delete
  3. Permisi kang, saya punya blog, kebetulan salah satu artikel saya mengenai Google AdSense

    https://www.ferisp.com/2020/03/mengulas-persyaratan-untuk-mendaftar.html

    Kira2 gimana kang?

    ReplyDelete