6 Tumbuhan Liar yang Sering Diolah Menjadi Masakan Paling Enak


Muhammad Iqbal Basri - Di Indonesia banyak sekali berbagai tumbuhan dan tanaman yang tumbuh liar dan sangat subur di sini, mulai dari tumbuhan yang ukurannya kecil dan bahkan ada yang tumbuh hingga besar. Semuanya itu banyak menghasilkan manfaat yang masih banyak orang yang belum tahu akan manfaat dan kepentingan tumbuhan ini.

Berikut ini adalah 6 tumbuhan liar yang banyak dijadikan sebagai olahan masakan, hampir di setiap semua masyarat banyak yang mengetahui beberapa jenis tumbuhan ini. Ada yang dijadikan sebagai pecel, sayur santan, ditumis, dan masih banyak lagi pokoknya setiap orang mengolahnya dengan berbagai cara.

1. Bunga Turi

Bunga yang berbentuk mirip dengan kupu-kupu ini banyak digemari oleh masyarakat Jawa sebagai bahan campuran pecel dan lalapan karena rasanya sangat enak. Bunga ini banyak mudah ditemui di pekarangan rumah dan tumbuh sekitar 12 meter, rasa dari bunga ini agak sedikit pahit tapi tidak sepahit jamu kok hehehe. Jika kamu suka beli pecel sayur yang keliling biasanya selalu ada bahan tambahannya yaitu Bunga Turi. Cobain deh...Biar kamu tahu seperti apa rasanya.

2. Daun Kelor

Daun kelor juga termasuk salah satu tumbuhan liar yang banyak kita jumpai di sekitar pekarangan rumah atau di kebun. Tumbuhan ini tumbuh besar hingga mencapai 12 meter lebih. Daunnya banyak dijadikan sebagai bahan tambahan masakan contohnya sangat banyak seperti dibuat menjadi telor dadar bisa pakai daun kelor, terus bisa juga dibuat sayur bening pakai daun kelor. Enak banget pokoknya!

3. Daun Mengkudu

Meskipun daun ini agak pahit, daun mengkudu sebenarnya banyak sekali menyimpan manfaat penting untuk kesehatan. Daun ini biasanya banyak dijadikan sebagai bahan tambahan nasi goreng atau juga bisa dijadikan sebagai lalapan dan buahnya juga banyak dijadikan sebagai obat tradisional baik itu diolah berupa obat pil, kapsul atau obat bubuk.

4. Daun Pakis

Daun Pakis atau disebut dengan tumbuhan paku ini banyak dijumpai di kebun kosong yang luas, daun  ini banyak dicari dan tumbuh liar di mana pun di tempat yang lembab. Untuk bisa diambil dan dikonsumsi daunnya yang masih muda atau masih kuncup/pucuk (belum begitu tua daunnya). Daun pakis paling enak dibuat sayur santan, atau juga paling enak ditumis. Nyatanya daun pakis kaya akan nutrisi yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

5. Daun Pucuk Labu

Daun ini tidak kalah enak dibandingkan dengan yang lainnya, daun labu kuning yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Bagian pucuknya atau daunnya yang masih muda yang paling enak dimasak tumis. Daun pucuk labu bisa kamu jadikan sebagai sayuran tambahan untuk dikonsumsi dalam keseharian kamu karena sangat baik untuk kesehatan. Daun pucuk labu sudah banyak dijual di supermarket atau di pasar tradisional.

6. Daun Cikra Cikri

Daun ini sebenarnya tidak banyak orang yang tahu, tumbuhan ini banyak tumbuh liar atau juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias karena daun ini menghasilkan aroma yang sangat khas. Masyarakat jawa daun ini banyak dijadikan sebagai bahan tambahan urab, pecel, atau bisa juga dijadikan pepes pakai oncom. Enak banget pakai daun ini.



Itulah tadi 6 tumbuhan liar yang sering diolah menjadi masakan yang enak. Mana dari keenam tumbuhan ini yang sering kamu masak atau mungkin ada tumbuhan liar lain di wilayah kamu, dibuat apa kasih tahu ya tulis di kolom komentar di bawah ini?

0 Response to "6 Tumbuhan Liar yang Sering Diolah Menjadi Masakan Paling Enak"

Post a Comment